img_title
Foto : Freepik/ freepik

IntipSeleb – Seiring dengan berjalannya bulan suci Ramadan, umat Islam di seluruh dunia bersiap untuk periode satu bulan dengan ibadah puasa, doa, dan refleksi spiritual bagi semua umat Islam di seluruh dunia.

Di tengah pengabdian kepada Allah SWT dan disiplin diri sepanjang bulan Ramadan, penting untuk mengingat pentingnya perawatan diri, terutama dalam hal perawatan kulit.

Selama bulan Ramadan, menjaga kulit tetap terhidrasi dan kenyal mungkin agak sulit karena perubahan pola makan, tidur, dan kebiasaan makan. Namun, dengan beberapa strategi cerdas dan praktik yang cermat agar kamu bisa memastikan kulit tetap sehat dan bersinar sepanjang bulan ini.

Penasaran apa saja yang perlu kamu lakukan? Berikut ini 7 cara agar kulit tetap terhidrasi dan kenyal selama Ramadan yang penting untuk dipraktikkan dirangkum dari Mydailyvanity.

Cara Agar Kulit Tetap Terhidrasi dan Kenyal Selama Ramadan

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Kondisi tubuh yang kemungkinannya tinggi untuk mengalami dehidrasi lantaran menjalankan ibadah puasa Ramadan, kondisi kulit tentu akan terpengaruh. Untuk menjaga kulit wajahmu agar tetap sehat dan berkilau di hari raya nanti, yuk intip cara agar kulit tetap terhidrasi dan kenyal selama Ramadan berikut ini.

1. Jaga hidrasi

Selama bulan Ramadan, sangat penting untuk memprioritaskan hidrasi terutama selama jam-jam di luar puasa karena air membantu membuang racun dan menjaga kulitmu terlihat kenyal dan segar.

Meskipun kamu mungkin tidak dapat mengonsumsi air selama jam puasa, pastikan untuk minum dalam jumlah yang cukup saat sahur dan berbuka, dan pertimbangkan untuk mengonsumsi makanan yang menghidrasi seperti buah-buahan dan sayuran dengan kandungan air tinggi untuk menambah asupan cairan dan mendukung tingkat hidrasi secara keseluruhan. Hal ini dapat membantu mengisi kembali cairan yang hilang dan menjaga kulitmu tetap terhidrasi sepanjang hari.

2. Lembapkan kulit secara teratur

Menggunakan pelembab secara konsisten adalah kunci untuk melawan kekeringan dan menjaga elastisitas kulit. pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis dan permasalahan kulitmu, lalu aplikasikan secara merata sambil berfokus pada area yang rawan kekeringan seperti pipi, dahi, dan tangan.

Selain itu, kamu mungkin ingin menggunakan pelembab yang lebih berat sebelum tidur untuk membantu mengisi kembali semua kelembapan yang hilang sepanjang hari.

berinvestasilah pada pelembap berkualitas baik dan oleskan secukupnya pada kulitmu, terutama setelah dibersihkan. Carilah produk dengan bahan yang menghidrasi seperti asam hialuronat, gliserin, dan ceramide untuk mengunci kelembapan dan mencegah dehidrasi.

3. Jangan lewatkan sunscreen

Perlindungan terhadap sinar matahari sangat penting, bahkan selama bulan Ramadan. Pastikan untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dengan mengoleskan tabir surya setiap hari.

Pilihlah tabir surya berspektrum luas dengan SPF50 atau lebih tinggi, dan ingatlah untuk mengaplikasikannya kembali setiap dua jam jika kamu menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari.

karena berpuasa selama bulan Ramadan mungkin membuat kulitmu lebih sensitif terhadap kerusakan, sangatlah penting untuk melindunginya. Sebelum keluar rumah, pertimbangkan untuk memakai topi dan kacamata hitam untuk membatasi paparan sinar matahari, terutama saat matahari sedang terik.

4. Pilihlah pembersih yang lembut

Gunakan pembersih yang lembut dan tidak mengeringkan untuk mencuci muka sebelum menggunakan pelembab. hindari produk scrub atau eksfoliasi yang keras, karena dapat menghilangkan minyak alami kulit dan memperburuk kekeringan.

Membersihkan kulit dengan lembut sangat penting untuk menjaga keseimbangan kelembapan dan mencegah iritasi, terutama saat Ramadhan saat puasa dapat meningkatkan sensitivitas kulit.

Pilihlah pembersih yang diformulasikan untuk jenis kulitmu dan gunakan air hangat untuk mencuci muka, lalu tepuk-tepuk hingga kering dengan handuk lembut setelahnya.

Setelah kamu membersihkan wajah secara menyeluruh, lanjutkan dengan toner yang menghidrasi untuk mempersiapkan kulitmu menghadapi pelembab dan produk perawatan kulit lainnya.

5. Konsumsi makanan yang mengandung banyak air

Memiliki pola makan seimbang sangat penting untuk perawatan kulit, karena menyediakan nutrisi penting yang meningkatkan kesehatan dan hidrasi kulit. Konsumsi makanan yang kaya air, vitamin, dan antioksidan seperti semangka, mentimun, tomat, dan sayuran hijau dalam makanan sahur dan buka puasa untuk menutrisi kulitmu dari dalam ke luar.

Selain itu, menikmati salad, smoothie, dan sup menyegarkan yang dibuat dari bahan-bahan kaya air dapat membantu menjaga tingkat hidrasi dan energi sepanjang hari.

6. Gunakan masker wajah yang menghidrasi

Cara agar kulit tetap terhidrasi dan kenyal selama Ramadan selanjutnya adalah dengan menggunakan masker wajah yang menghidrasi setiap minggu untuk memberikan peningkatan kelembapan yang sangat dibutuhkan dan mengembalikan kilaunya.

Pilihlah masker yang mengandung bahan-bahan yang menghidrasi seperti asam hialuronat, lidah buaya, dan madu, yang terkenal karena kemampuannya untuk menyegarkan dan menenangkan kulit.

Luangkan waktu, setidaknya sekali atau dua kali seminggu untuk menikmati perawatan masker yang menyegarkan ini. oleskan secara merata pada kulit yang bersih dan kering, hindari area mata yang sensitif, dan biarkan bekerja sesuai durasi yang disarankan.

Bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan rutinitas perawatan kulit rutinmu untuk mendapatkan manfaat masker dan menjaga kulit tetap bercahaya.

7. Jangan skip bibir

Saat bulan puasa, bibir kering dan pecah-pecah merupakan hal yang lumrah. Untuk mencegahnya, ada baiknya kamu selalu membawa lip balm. Carilah produk yang mengandung bahan pelembab seperti shea butter, minyak kelapa, atau vitamin E untuk menjaga bibir tetap lembut dan kenyal.

Oleskan lip balm sebanyak-banyaknya kapan pun diperlukan dan pertimbangkan untuk menggunakan scrub bibir yang lembut sekali atau dua kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati.

Merawat bibir seperti ini akan memastikan bibirmu tetap lembab dan nyaman sepanjang bulan Ramadan, dan juga akan meningkatkan rutinitas perawatan kulitmu secara keseluruhan.

Dengan mengikuti cara agar kulit tetap terhidrasi dan kenyal selama Ramadan, kamu bisa memastikan kulitmu tetap terhidrasi, kenyal, dan bersinar sepanjang masa puasa. Semoga bermanfaat dan simak InTips selanjutnya, ya!

Topik Terkait