img_title
Foto : Freepik/jcomp

IntipSeleb – Kita sudah tahu banyaknya manfaat kesehatan dari menjalani puasa Ramadan. Namun, faktanya puasa juga memiliki efek samping tertentu bagi kesehatan seseorang.

Dari dehidrasi hingga gangguan pencernaan, berikut ini efek samping puasa yang perlu diperhatikan agar kita dapat menjalani ibadah dengan lebih sehat dan nyaman. Jangan lupa di-scroll ya!

Efek Samping Saat Berpuasa

www.freepik.com/cookie_studio
Foto : www.freepik.com/cookie_studio

Inselicious, kesehatan kita adalah prioritas utama, jadi penting untuk memahami potensi risiko yang terkait dengan berpuasa.

Hal ini disampaikan oleh dr. Gammarida Magfirah alias Dokter Gama. Ia menyampaikan bagaimana selama berpuasa tubuh kita mengalami banyak hal, seperti penurunan gula darah, penurunan fungsi atau kerja pencernaan. Ini karena saat berpuasa tubuh beristirahat untuk sementara dalam mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Dilansir dari YouTube Kata Dokter pada Rabu, 20 Maret 2024, dr. Gamma menyampaikan bahwa efek samping puasa yang paling sering dialami adalah hipoglikemia, suatu kondisi di mana gula darah turun di bawah batas normal.

Topik Terkait