img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb – Saat sedang puasa yang mengharuskan menahan lapar dan dahaga selama belasan jam, tubuh tentu kekurangan cairan sehingga tidak semua jenis olahgara dianjurkan untuk dilakukan.

Olahraga ketika tengah menjalani berpuasa bisa dilakukan sebelum sahur, sebelum berbuka, atau sesudah berbuka. Kendati begitu, jika niatnya untuk menurunkan berat badan maka olahraga bisa dijalani saat kondisi perut kosong.

Hal ini karena lemak yang terdapat di dalam tubuh akan diubah menjadi energi karena tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan puasa kita bisa membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Pada saat puasa juga tubuh menghasilkan energi tidak hanya metabolisme, karbohidrat, atau gula, tapi juga dari lemak yang terdeposit dalam tubuh,” jelas dr. Gammarida Magfirah, melansir dari YouTube Kata Dokter, 15 Maret 2024.

Lemak-lemak yang tertimbun dalam tubuh kta bisa dimetabolisme dan dipecah menjadi energi, otomatis lemak akan berkurang dan menurunkan berat badan,” sambung dr. Gammarida Magfirah.

Namun perlu dicatat bahwa olahraga baru bisa dilakukan ketika tubuh mendapatkan istirahat tidur yang cukup agar terhindar dari penyakit jantung.

Berikut IntipSeleb rangkum jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan saat sedang puasa, scroll yuk!

1. Jalan Santai

Freepik/ Drazen Zigic
Foto : Freepik/ Drazen Zigic

Jalan santai termasuk olahraga yang sederhana dan mudah dilakukan di mana saja. Jika rutin melakukannya dan dibarengi dengan pola makan sehat, maka berat badan bisa turun dan tentunya tubuh menjadi sehat.

2. Jogging

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Jogging membuat efek badan menjadi lebih segar. Saat puasa, kegiatan jogging bisa dilakukan 2 jam sebelum berbuka puasa.

3. Olahraga Permainan

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Jenis olahraga permainan seperti bulu tangkis, voli, tenis, futsal, hingga sepak bola bisa menjadi pilihan kegiatan untuk mengisi waktu ngabuburit menyenangkan sekaligus membakar kalori.

4. Yoga

Freepik
Foto : Freepik

Yoga bisa menjadi pilihan olahraga yang tidak hanya menyehatkan badan namun juga membantu untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks.

5. Bersepeda

Freepik/gpointstudio
Foto : Freepik/gpointstudio

Ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa bisa dilakukan dengan kegiatan olahraga gowes atau bersepeda. Olahraga jenis ini membakar banyak kalori dan bisa membantu menjernihkan pikiran.

Itu tadi deretan jenis olahraga yang direkomendasikan dilakukan saat sedang puasa.

Topik Terkait