img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb – Usai lama tidak muncul di hadapan publik hingga menimbulkan berbagai spekulasi, Kate Middleton kembali menyapa dengan membawaka kabar kurang mengenakan terkait dirinya yang mengidap penyakit kanker.

Istri dari Pangeran William itu menjelaskan bahwa setelah menjalani operasi besar pada 14 Januari 2024 untuk masalah perut yang sebelumnya diduga bukan kanker, tes lanjutan mengungkap keberadaan kanker di dalam tubuhnya.

Ternyata, gejala penderita kanker cukup umum terjadi dan harus segera diperiksa agar tidak semakin parah. Kenali yuk deretan gejala penyakit kanker lewat ulasan di bawah ini.

Gejala Penyakit Kanker

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Kanker merupakan sel tidak normal yang tumbuh secara tidak terkontrol di dalam tubuh manusia. Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Di Indonesia sendiri, kanker menduduki posisi ke-3 sebagai penyakit pembunuh setelah stroke dan jantung.

Kanker juga bisa diartikan sebagai tumor ganas yang harus segera dimusnahkan keberadaannya karena bisa membesar dengan sangat cepat.

Melansir dari YouTube Kata Dokter, dr. Endang Nuryadi, Sp. Onk.Rad(K), Ph.D menkelaskan deretan gejala yang umum terjadi oleh penderita kanker, diantaranya:

  • Perubahaan kebiasaan saat buang air kecil dan besar
  • Alat pencernaan terganggu
  • Sulit menelan
  • Suara serak disertai batuk yang tidak kunjung sembuh
  • Timbul benjolan di area payudara
  • Ada tahi lalat yang membesar dan gatal
  • Ada darah atau lendir tidak normal yang keluar dari tubuh
  • Luka yang tidak kunjung sembuh

Jika ada deretan gejala tersebut, segera konsultasikan diri ke dokter untuk kemudian dilakukan pemeriksaan apakah ada sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh.

Kanker Bisa Disembuhkan

freepik
Foto : freepik

Penyakit kanker bisa disembuhkan dengan menjalani berbagai pengobatan medis. Hal ini harus segera dilakukan agar menghindari menyebaran sel kanker.

"Apa yang membuat susah disembuhkan? Karena apa bila seseorang itu menunda datang berobat dengan berbagai alasan atau mencoba pengobatan alterlatif sendiri, sehingga pada saat berobat ke rumah sakit stadiumnya sudah tinggi sehingga keberhasilannya akan jauh lebih sulit," tutur dr. Endang Nuryadi, Sp. Onk.Rad(K), Ph.D.

Semoga informasi tentang kanker di atas membantu ya.

Topik Terkait