img_title
Foto : Parentingfirstcry.com

IntipSeleb – Mengkonsumsi buah-buahan tentu dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin serta serat, terlebih ketika sedang menjalani puasa.

Namun ternyata ada deretan buah-buahan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa karena berpotensi menimbulkan efek samping. Apa saja ya? Cari tahu yuk lewat ulasan di bawah ini.

1. Nangka

Pinterest/Resep Manisan
Foto : Pinterest/Resep Manisan

Siapa sangka jika nangka masuk ke dalam jajaran buah yang baiknya dihindari saat berbuka puasa. Nangka biasanya turut hadir dalam sajian menu berbuka puasa sebagai campuran cendol mau pun kolak.

Ternyata kandungan gas dalam nangka bisa berbahaya bagi pencernaan yaitu perut kembung disertai dengan buang gas secara terus menerus jika dikonsumsi berlebihan.

2. Mangga

parentingfirstcry.com
Foto : parentingfirstcry.com

Mengga merupakan buah yang kaya akan serat sehingga bagus untuk membantu proses pencernaan, terlebih ketika sedang berpuasa.

Namun perlu dicatat untuk menghindari mangga bercita rasa asam karena akan membuat perut tidak nyaman ketika dikonsumsi saat kondisi perut sedang kosong.

3. Jeruk

Healthline
Foto : Healthline

Jeruk mengandung vitamin C yang bagus untuk kulit, terutama ketika sedang berpuasa yang mana kondisi kulit biasanya mudah kering.

Kendati begitu hindari jeruk asam ketika berbuka puasa karena cita rasa yang terkandung bisa membuat asam lambung naik, dan perut menjadi kurang nyaman.

4. Durian

freepik.com
Foto : freepik.com

Durian memiliki ruang tersendiri di hati para pecintanya karena baunya yang khas serta cita rasanya yang manis dan tekstur lembutnya.

Namun ada baiknya hindari mengkonsumsi durian saat berbuka puasa dalam keadaan perut kosong karena buah ini mengandung gas yang bisa memicu asam lambung naik.

Itu tadi deretan buah-buahan yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa karena kondisi perut sedang kosong. Semua jenis buah tentu memiliki banyak manfaat tersendiri dan baik untuk kesehatan, kendati demikian perlu diperhatikan jumlahnya agar tidak menjadi boomerang untuk tubuh.

Topik Terkait