img_title
Foto : Lifestyleasia

IntipSeleb – Perut yang ramping, pinggul yang lincah dan gerakan tari yang tidak mudah, adalah hal yang melekat ketika nama Shakira disebutkan. Musisi Columbia yang nyaris kepala 5 ini agaknya sukses menjaga tubuhnya tetap in shape dan powerfull bak anak muda 20 tahunan.

Baru saja merilis album barunya yang sudah lama ditunggu-tunggu berjudul “Women Don’t Cry Anymore”, yuk kita intip rutinitas olahraga dan diet Shakira, sang musisi wanita yang terkenal dengan suara khas dan imej sensual tersebut yang dibocorkan langsung oleh sang pelatih.

Pelatih Shakira sekaligus teman baiknya, Anna Kaiser, yang telah bekerja dengan sang musisi selama lebih dari 13 tahun, membocorkan rahasia rutinitas olahraga dan diet Shakira yang cukup intensif berlangsung hingga lima hingga enam hari dalam seminggu.

Kaiser menyesuaikan latihannya tergantung pada tuntutan fisik hari kerja yang akan datang, beralih dari sesi olahraga dan menari ke HIIT atau kelas sirkuit. Anna Kaiser ingin memastikan bahwa penyanyi tersebut mendapatkan segalanya untuk menjalani pertunjukan dua jam atau tur lima bulan.

Rutinitas Olahraga Shakira

Seperti dilansir dari Lifestyleasia, menjelang penampilan ikonik Shakira di Super Bowl bersama Jennifer Lopez pada tahun 2020, Anna Kaiser berbagi rutinitas kebugaran ketat sang bintang dengan berbagai media.

“Setiap hari berbeda karena saya ingin memastikan saya mempersiapkannya tidak hanya untuk Super Bowl, tetapi untuk setiap hari yang akan datang,” kata Kaiser.

Menyebutkan bagaimana latihannya dimodifikasi tergantung pada jadwalnya hari itu, Kaiser menambahkan, “Suatu hari dia melakukan latihan tari yang sangat panjang di sore hari, jadi kami hanya fokus pada satu jam kekuatan murni di pagi hari. (Beberapa hari) dia memiliki hari latihan tari fisik yang lebih lama, jadi dia memulai dengan sesuatu yang sangat singkat: 20 menit.”

“Pelatih Shakira menekankan pentingnya mengganti latihan secara konsisten untuk menyehatkan pikiran dan tubuh kita. Dengan terlibat dalam berbagai latihan, kamu bisa tetap fokus, tidak bosan, dan kamu memiliki latihan yang akan berhasil untukmu hari itu untuk apa yang perlu kamu capai hari itu,” tegas Kaiser.

Pelatih Shakira menyampaikan bahwa penyanyi tersebut berkomitmen terhadap kebugaran dan kesehatan tidak hanya agar tetap bugar untuk acara tertentu, tetapi juga karena dia dapat tampil bebas tanpa cedera di usia 40-an dan tetap sehat.

Penasaran nggak sih apa saja olahraga yang dilakukan oleh Shakira selama ini? Yuk simak lebih lanjut!

1. Bergantian antara latihan strength dan kardio

Rutinitas olahraga Shakira adalah perpaduan sempurna antara sesi kekuatan dan kardio. Meskipun pada hari-hari tertentu dimulai dengan kardio dan dilanjutkan dengan latihan kekuatan, pada hari-hari lain justru sebaliknya. “Kami suka mencampuradukkannya,” kata Kaiser kepada E! Berita dalam wawancara sebelumnya.

Pelatih sang bintang berfokus pada 'sesi kardio berkelanjutan dengan intensitas rendah'. Ini bisa berupa berjalan di atas treadmill, berlari, bersepeda, berenang, dan banyak lagi. Sesi latihannya bervariasi dari hari ke hari, tetapi sebagian besar menggabungkan angkat beban dan latihan kardio singkat. Latihannya dilengkapi dengan dumbel, resistance band, dan gerakan berat badan lainnya.

Meskipun latihan kardio meningkatkan daya tahanmu, latihan kekuatan seperti Pilates dan angkat beban meningkatkan kekuatan dan keseimbanganmu. Jika digabungkan, keduanya memberikan manfaat yang luar biasa bagi kebugaranmu secara keseluruhan.

Kaiser berfokus pada gerakan gabungan yang melibatkan banyak kelompok otot pada waktu tertentu. Misalnya, squat adalah latihan gabungan yang menggabungkan otot paha depan, bokong, dan betis. Manfaat terbesar dari gerakan gabungan adalah efisiensi penggunaan waktumu. Selain itu, mereka juga membantu membakar lebih banyak kalori, meningkatkan detak jantung, meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan serta membantu mempertahankan lebih banyak massa otot.

2. Dance workout yang berfokus pada cardio

Mulai dari Hips Don't Lie yang menggetarkan pinggul hingga Waka Waka yang ikonik – Shakira telah memberi kita beberapa gerakan khas yang luar biasa selama bertahun-tahun. Dengan latihan menari, kamu dapat meningkatkan kebugaran, fleksibilitas, dan koordinasi sambil mendengarkan lagumu sendiri. Baik saat kamu berkeringat di studio hip-hop atau mengikuti irama dalam kenyamanan ruang tamu, menari mempercepat detak jantung dan membuatmu bersemangat.

Kaiser mengganti sesi latihan kekuatannya dengan sesi tarian yang memompa jantung. Tahukah kamu bahwa kamu bisa membakar 90 hingga 252 kalori dalam 30 menit menari, menurut laporan Harvard Medical School? Selain penurunan berat badan, menari menghasilkan peningkatan kekuatan otak, jantung yang lebih kuat, bugar, serta peningkatan kepadatan tulang.

3. Latihan fisik

Dalam wawancara pada Januari 2023 dengan Shape, Kaiser berbagi detail tentang rutinitas latihan otot perut favorit Shakira. Penyanyi ini bersumpah dengan rutinitas latihan otot perut enam gerakan yang dirancang untuk melatih setiap otot core.

Kaiser menyatakan bahwa latihan ini akan menantang setiap otot di core. Latihan ini mencakup gerakan seluruh tubuh dan tidak hanya mengisolasi otot perut karena tubuh bekerja sebagai satu kesatuan, bukan kombinasi bagian-bagian.

Semua latihan pertama-tama dilakukan di satu sisi, kemudian seluruh rangkaian diulangi di sisi lainnya juga. Setiap gerakan harus dilakukan secara perlahan dan dalam bentuk yang benar, hembuskan napas saat mengeluarkan tenaga. Ini bisa diulang tiga sampai empat kali seminggu.

Berikut ini latihan fisik Shakira:

  1. Side clincher (20 repetisi)
  2. Standing weighted march
  3. Lateral teaser
  4. Twisted crunches
  5. Seated c-curve (15 repetisi)
  6. 3-count crunch (15 repetisi)

Diet Shakira

Berbicara tentang diet Shakira sebelum Super Bowl, Kaiser berbagi berbagai pilihan makanan yang tersedia. Semuanya adalah makanan kecil dan kaya nutrisi untuk menjaga agar bintang tetap bersemangat sepanjang hari. Penyanyi ini biasanya makan dalam jumlah sedang, tetapi ketika harus mempersiapkan penampilan besar, gula dan produk susu tidak boleh dikonsumsi.

Menyebutkan bahwa Shakira tidak segan-segan merawat dirinya sendiri sesekali, Kaiser menyatakan, “Keseimbangan itu sangat penting. Memiliki momen di mana Anda diperbolehkan berbuat curang sesekali juga sangat penting.”

Kaiser bekerja sama dengan koki Shakira untuk menyesuaikan rencana makan dan camilan untuk hari kerja. Karena penyanyinya tidak suka suplemen, semuanya harus segar.

Berikut ini menu diet Shakira:

Sarapan: Sarapan bisa berupa telur atau alpukat dengan minyak zaitun, tomat, garam laut, lalu smoothie, beri, protein nabati, terkadang sayuran hijau atau bubuk hijau

Makan siang: ikan dan sayuran segar atau salad dengan banyak warna, sup artichoke, atau bisa juga sup daun bawang dan terong, wortel jahe, dan terkadang dengan tambahan mentimun dengan lemon dan garam

Makan malam: ikan dan sayuran

Nah, itulah sederet rutinitas olahraga Shakira dan diet Shakira, sang musisi kelas dunia yang memiliki body yang aduhai di usianya yang tak lagi muda, yaitu nyaris 50 tahun. Semoga menginspirasi, ya!

Topik Terkait