img_title
Foto : Rumah123.com

IntipSeleb – Tak terasa, Ramadan terus bergulir dan nyaris mendekati penghujungnya. Di momen ini, banyak orang mulai mencari ide hampers lebaran untuk dibagikan kepada sanak saudara, kerabat dan teman-teman terdekat.

Hampers lebaran sendiri memiliki beragam model dan isi, mulai dari kue hingga barang-barang tertentu yang berkaitan dengan hari raya. Alih-alih membelinya dengan harga yang mahal, kamu bisa membuat hampers lebaran sendiri di rumah.

Dengan budget yang bisa disesuaikan dengan kemampuanmu, membuat hampers sendiri juga sekaligus mengasah kreativitasmu dalam hal menyusun dan mengemas barang. Bahkan, kamu bisa menggunakan barang-barang unik sebagai packaging dan hiasan hampers lebaran.

Jika kamu berencana membuat hampers lebaran sendiri di rumah, kamu bisa menyimak cara bikin hampers murah dari bahan yang unik sebagai packagingnya. Penasaran? Yuk langsung scroll selanjutnya!

Hal yang Perlu Diperhatian Untuk Membuat Hampers

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Membuat hampers lebaran tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan di momen penghujung bulan Ramadan. Apalagi kamu bisa menyesuaikan hampers yang kamu buat dengan kepribadian si penerima, sehingga hampersmu akan terasa lebih personal.

Akan tetapi, sebelum membuat hampers sendiri di rumah, kamu perlu menyimak sederet hal yang perlu diperhatikan untuk membuat hampers berikut ini:

1. Budget

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk membuat hampers adalah terkait budget. Budget ini cukup penting untuk menentukan isi dari hampers hingga jumlah hampers yang akan dibuat. Budget ini memegang peranan penting dalam pembuatan hampers sehingga harus diperhitungkan dengan baik.

2. Jumlah hampers yang dibuat

Yang kedua, kamu perlu mengetahui jumlah hampers yang dibuat sehingga tidak akan kekurangan ataupun kelebihan. Jumlah ini bisa diketahui dengan cara membuat list nama penerima hampers jadi kamu tidak akan bingung ketika hendak mengirimkannya.

3. Isi hampers

Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan adalah isi hampers. Isi hampers cukup penting untuk diperhatikan agar bisa menentukan jumlah barang yang harus dibeli dan menyesuaikan dengan desain atau tema hampers yang akan dibuat.

4. Desain hampers

Saat ini, desain hampers unik nan kekinian sudha banyak bertebaran. Desain hampers sendiri penting untuk diperhatikan agar hantaran yang diberikan lebih tertata, rapi dan tampak menyenangkan bagi penerima. Desain hampers lebaran sendiri bisa kamu sesuaikan dengan isi atau tema yang diinginkan.

Perlengkapan untuk Membuat Hampers

Twitter @syopisyopii
Foto : Twitter @syopisyopii

Berbicara soal cara bikin hampers, tentu tidak luput dari pembahasan soal perlengkapan untuk membuat hampers. Hal pertama yang dibutuhkan untuk membuat hampers adalah isi hampers, baik itu kue kering, pakaian atau benda-benda lainnya. Yang kedua, yang diperlukan adalah kemasan atau packaging hampers, mulai dari box, keranjang, goodie bag dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan kartu ucapan lebaran yang didesain dengan semenarik mungkin. Sisanya, kamu perlu mempersiapkan hiasan hampers seperti pita, plastik, gunting, selotip dan kebutuhan lainnya yang disesuaikan dengan desain hampers yang kamu buat.

Berikut ini sederet bahan kemasan hampers unik yang bisa kamu gunakan untuk hantaran kepada orang-orang tersayangmu:

1. Kardus Box

Kemasan hampers unik yang pertama adalah kardus atau box karton. Kelebihan dari kemasan ini adalah memiliki ukuran dan ketebalan yang bervariasi dan bisa disesuaikan dengan ukuran serta berat isi hampers.

Selain harganya yang terjangkau, kemasan kardus atau karton yang tebal juga bisa menjamin isi hampersmu tetap dalam keadaan aman dan tidak akan rusak.

Agar kemasan hampers berbahan kardus tampak unik, kamu bisa menambahkan hiasan seperti tali rami yang estetik, pita, dan aksesoris lainnya.

2. Goodie Bag Kain

Bahan hampers unik lainnya yang dapat digunakan adalah goodie bag kain atau tas daur ulang. Selain sederhana, kemasan ini juga bisa memudahkanmu atau kurir ketika mengirimkan hampers kepada penerima.

Walau dengan tas jenis ini isi hampersmu tidak terlihat, kamu tetap bisa menghiasnya dengan berbagai macam aksesoris agar terlihat lebih menarik.

3. Paper Bag

Selanjutnya, bahan hampers unik yang bisa digunakan adalah paper bag. Akan tetapi, perlu diperhatikan isi hampers yang bisa ditampung dalam paper bag cukup terbatas. Jika barang terlalu berat, paper bag bisa rusak ketika dikirimkan.

4. Besek Anyaman Bambu

Anyaman sebagai bahan hampers memiliki kelebihan dari segi kekuatan dan kekokohannya untuk menahan berat barang. Selain itu, anyaman juga memberikan kesan estetik pada hampers. Kemasan anyaman ini bisa kamu hias dengan aneka pita yang cantik untuk menambah kesan estetik.

5. Kertas

Untuk barang-barang yang tidak perlu hiasan atau kemasan yang berlebihan, kertas bisa menjadi opsi bahan hampers. Kamu bisa memilih kertas yang estetik dan menghiasnya dengan pita dan aksesoris yang lucu.

6. Kain Tile

Untuk beberapa barang yang tidak mudah rusak atau pecah, kamu bisa menggunakan kain tile sebagai bahan hampersnya. Sebab, kain tile dengan serat dan kilaunya yang unik akan memberikan kesan mewah pada hampers yang kamu kirimkan. Jangan lupa tambahkan aneka pita dan kartu ucapan untuk membuatnya semakin cantik.

7. Plastik Kado Bening

Sama halnya dengan kain tile, plastik kado bening bisa digunakan sebagai bahan hampers untuk barang-barang yang tidak mudah rusak atau pecah. Kamu bisa menambahkan pita kado warna-warni di bagian atasnya untuk menambahkan kesan cantik pada hampersmu.

Tutorial Cara Bikin Hampers

Confettigifts
Foto : Confettigifts

Setelah mempersiapkan perlengkapan untuk membuat hampers lebaran, kamu bisa menyimak tutorial membuat hampers berikut ini:

1. Menentukan desain dan isi hampers

Langkah pertama, kamu perlu menentukan desain dan isi hampers. Hal ini akan memudahkan untuk memilih isi hampers dan kebutuhan hampers lainnya ketika berbelanja. Desain dan list isi hampers bisa dibuat sebelum kamu pergi berbelanja semua kebutuhan hampersmu.

2. Menyiapkan peralatan

Peralatan untuk membuat hampers antara lain, gunting, selotip, pita, kemasan atau packaging hampers dan kartu ucapan. Jika semua peralatan dan bahan untuk membuat hampers sudah siap, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adan menyiapkan isi hampers yang akan dibagikan dan pastikan tidak ada yang terlewat.

3. Menata hampers

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menata hampers yang akan dibagikan ke dalam kemasan atau packaging hampers. Hampers perlu ditata semenarik mungkin dan disesuaikan dengan ukuran masing-masing kemasan. Pastikan isian tertata dengan baik agar tidak menyulitkan ketika dihias dan dikirim.

4. Hias hampers

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan menghias hampers yang telah ditata dengan rapi. Hampers bisa dihias dengan pita atau sejumlah aksesoris lain agar tampilan hampersmu semakin menarik. Kamu perlu menyesuaikan hiasan ini dengan tema hampers yang telah kamu konsepkan.

Nah, demikianlah tutorial cara bikin hampers murah dengan bahan yang unik yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Kamu bisa menyesuaikan budget dengan anggaran yang kamu miliki dan bisa menghiasnya sedemikian rupa sesuai dengan seleramu. Semoga bermanfaat dan tunggu artikel-artikel InTips berikutnya, ya!

Topik Terkait