img_title
Foto : Freepik/ freepik

IntipSelebArab Saudi baru-baru ini tengah menjadi sorotan lantaran untuk pertama kalinya turut serta dalam ajang kontes kecantikan Miss Universe. Mengutus Rumy Al-Qahtani sebagai perwakilannya, Arab Saudi resmi maju di kontes kecantikan Miss Universe 2024.

Sebagai perwakilan pertama Arab Saudi di ajang kecantikan Miss Universe, sosok Rumy Al-Qahtani tentu menjadi sorotan publik. Perempuan berusia 27 tahun tersebut menganggap perannya sebagai duta budaya atas negaranya untuk meningkatkan kesadaran tentang Arab Saudi di mata dunia.

Di luar kontroversi soal keikutsertaan Arab Saudi dalam Miss Universe, mengingat negara tersebut merupakan salah satu negara Islam terbesar, kecantikan sosok Rumy Al-Qahtani tetap saja mencuri perhatian.

Rumy Al-Qahtani sendiri memang memiliki tatapan mata yang tajam, kulit bercahaya dan rambut tebal berkilau khas perempuan Timur Tengah. Untuk tampil segar dan menawan, perempuan Arab memiliki rahasia kecantikan khusus yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Penasaran apa saja sih rahasia kecantikan perempuan Arab yang membuat mereka tampil cantik memesona? Yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini dilansir dari Brightside.

Rahasia Kecantikan Perempuan Arab

Instagram/rumy_alqahtani
Foto : Instagram/rumy_alqahtani

Kecantikan perempuan Timur Tengah memang memiliki kekhasan tersendiri. Sebagai salah satu negara yang menjadi sorotan, rahasia kecantikan perempuan Arab juga kerap memicu rasa penasaran banyak orang. Berikut ini rahasia kecantikan perempuan Arab:

1. Menggunakan henna untuk cat rambut dan kuku

Henna merupakan pewarna alami yang dibuat dari tanaman Lawsonia inermis yang sering digunakan untuk melukis tubuh. Namun, perempuan Arab juga menggunakan henna untuk mewarnai rambut mereka karena skeptis terhadap pewarna kimia.

Beberapa perempuan Arab juga mempercayai bahwa henna membuat rambut lebih sehat dan kuat. Dan jika ingin menggunakan henna untuk mewarnai rambut menjadi hitam, mereka biasanya menambahkan basma pada henna.

Henna umumnya juga digunakan sebagai cat kuku. Akan tetapi, henna hanya bisa mewarnai kuku dengan warna merah dan oranye saja.

2. Masker madu

Perempuan Arab telah menggunakan madu untuk membuat kulit mereka lembut dan bersinar sejak zaman kuno. Caranya, mereka mengoleskan masker yang terbuat dari madu dan susu ke wajah mereka.

Kamu juga bisa membuat pembersih dan pelembab dari madu dengan mencampurkannya dengan mentimun. Dan untuk mengencangkan kulit, wanita Timur Tengah menambahkan buah ara yang dihaluskan ke dalam madu.

3. Menggunakan mint untuk menyembuhkan jerawat

Menurut orang Arab, mint tidak hanya membuat nafas menjadi segar, tapi juga bisa menyembuhkan jerawat. Hal ini dikarenakan daun mint mengandung asam salisilat. Kamu bisa menggiling daun mint dan mengoleskannya ke area yang berjerawat dan meradang, atau menambahkannya ke masker wajah dan membiarkannya semalaman.

4. Menggunakan eyeliner kohl tebal

Sebagai eyeliner, perempuan Arab mengunakan bahan khusus yang disebut kohl. Dahulu, area gelap di sekitar mata dipercaya dapat melindungi mata dari sinar matahari yang berbahaya. Namun, perempuan Arab juga menggunakannya untuk menonjolkan kecantikannya. Kohl modern seringkali dibuat dari bahan alami, yaitu resin kayu.

5. Memoleskan eyeshadow beberapa warna

Perempuan Arab menggunakan lebih dari sekedar eyeliner untuk membuat pandangan mereka menarik. Mereka juga mengaplikasikan eye shadow setidaknya dalam 2 warna. Namun mereka memastikan warna yang dipilih serasi dan menambahkan sentuhan smoky pada sudut luar mata.

6. Menggunakan kefir untuk membuat rambut halus dan berkilau

Rahasia kecantikan perampuan Arab selanjutnya adalah menggunakan kefir atau susu asam. Perempuan Arab terkenal dengan rambutnya yang tebal dan berkilau. Dan rahasianya hanya menggunakan bahan-bahan alami.

Sebelum keramas, mereka mengoleskan susu asam atau kefir ke kulit kepala. Produk susu fermentasi ini akan menutrisi rambut dan mengembalikan strukturnya.

7. Minyak zaitun untuk kulit, rambut dan kuku

Di Timur Tengah, minyak zaitun yang tidak dimurnikan telah lama digunakan sebagai produk kosmetik. Pertama-tama, digunakan dalam pijat wajah karena melembutkan dan meremajakan kulit. Minyak ini sangat bagus untuk melembutkan kutikula dan membuat kuku yang tipis dan rapuh menjadi lebih kuat.

Minyak zaitun juga ditambahkan ke lulur dan masker rambut. Jika kamu memiliki rambut kusam dan rusak, oleskan beberapa sendok makan minyak ke rambutmu, bungkus kepalamu dengan handuk, dan biarkan selama 30 menit sebelum dicuci. Beberapa wanita bahkan membiarkan minyak zaitun semalaman agar bersinar maksimal.

8. Menggunakan sea salt untuk eksfoliasi kulit

Wanita Arab telah menggunakan garam laut untuk pengelupasan kulit sejak zaman kuno. Mereka menggunakannya untuk menghilangkan kulit kering dan kusam. Pijat dengan garam laut juga meningkatkan sirkulasi. Selain itu, produk ini dikenal dengan sifat anti-inflamasinya.

9. Menggunakan masker kentang

Beberapa wanita Timur Tengah percaya bahwa kentang membantu kulit mereka terlihat lebih baik. Inilah sebabnya mengapa mereka menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan tersebut. Kamu bisa menggunakan kentang tumbuk atau jus kentang. Terkadang wanita cantik Timur Tengah juga menambahkan yogurt ke dalam masker ini.

10.Melakukan pola makan sehat

Wanita Timur Tengah percaya bahwa kecantikan berasal dari dalam. Inilah sebabnya mengapa mereka melakukan diet dengan serius dan menghindari buah dan sayuran yang sebelumnya dibekukan atau dimasak. Mereka juga minum banyak air.

Mereka memulai hari mereka dengan minum air panas dengan lemon dan cuka sari apel. Mereka percaya bahwa ini membantu detoksifikasi tubuh dan meningkatkan metabolisme.

11. Menggunakan aroma oil sebagai parfum

Perempuan Arab tidak suka menggunakan parfum dan lebih menyukai aroma alami dari minyak aroma tradisional. Meskipun demikian, semua parfum Timur Tengah tidak mengandung alkohol — melainkan murni berbahan dasar minyak. Wewangian favorit wanita Timur Tengah adalah musk, cendana, vanilla, melati, dan mawar.

Nah, itulah sederet rahasia kecantikan perempuan Arab yang telah diturunkan secara terumun dari generasi ke generasi. Kamu juga bisa lho menirunya dalam rutinitas kecantikanmu. Semoga bermanfaat, ya!

Topik Terkait