img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSeleb – Ngaku deh kalau kamu sering ngerasa gampang lapar dan haus saat puasa di bulan Ramadan! Tapi, kenapa gampang banget lapar dan haus ya, padahal ikut sahur terus.

Nah, buat ngejawab pertanyaan itu, intip yuk penjelasan dr. Gammarida Magfirah di kanal YouTube Kata Dokter. Scroll terus!

Tips Agar Tidak Mudah Haus Saat Puasa

Freepik/benzoix
Foto : Freepik/benzoix

dr. Gammarida Magfirah menjelaskan seberapa banyak cairan yang dibutuhkan manusia setiap harinya. Kurang lebih 2 liter atau 8 gelas yang harus dikonsumsi oleh tiap manusia ya. Saat puasa, kamu bisa mengatur atau membagi asupan cairan untuk tubuh kamu.

“Berapa cairan yang dibutuhkan tubuh kita dalam sehari? Kurang lebih 2 liter atau setara dengan 8 gelas. Pada saat puasa kita bisa membaginya. Misalkan sahur 3 gelas, berbuka puasa 2-3 gelas, dan sisanya bisa dikonsumsi sebelum tidur,” jelas dr. Gammarida Magfirah di YouTube Kata Dokter.

Nah, biar nggak gampang haus saat puasa, kamu bisa minum cairan yang mengandung elektrolit atau ion. Kamu bisa mengonsumsi minuman yang ada isotoniknya atau air kelapa.

“Bisa juga ditambahkan cairan yang mengandung elektrolit dan ion karena akan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Seperti minuman dengan isotonik atau air kelapa. Namun, disarankan diminum saat berbuka puasa. Karena minuman dengan isotonik atau air kelapa agak sedikit asam sehingga jika dikonsumsi saat sahur khawatir meningkatkan asam lambung,” ujarnya.

Tips Tidak Mudah Lapar Saat Puasa

Freepik/ benzoix
Foto : Freepik/ benzoix

Bukan cuma haus, dr. Gammarida Magfirah juga punya tips biar nggak gampang lapar.

dr. Gammarida Magfirah menyarankan, sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Soalnya, karboidrat kompleks membuat rasakenyang jadi tahan lama.

“Makanan yang disarankan saat sahur adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Sehingga metabolismenya lebih lama, jadi kadar gula dalam darah atau dalam tubuh menjadi lebih stabil sehingga tubuh tidak mudah lemas dan mengantuk,” sarannya.

Yang tidak mengandung lemak berlebihan atau goreng-gorengan, makanan yang berkuah tentunya lebih baik. Tidak mengonsumsi makanan yang mengandung natrium terlalu tinggi atau MSG. karena akan merangsang rasa haus akan cepat muncul,” tandas dr. Gammarida Magfirah.

Nah, itulah tips biar nggak gampang lapar dan haus saat puasa di bulan Ramadan. Semangat puasanya, Inselicious!

Topik Terkait