img_title
Foto : Freepik/ freepik

IntipSeleb – Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam. Salah satu keistimewaannya adalah karena terdapat peristiwa bersejarah yang dikenal sebagai Nuzulul Quran atau malam diturunkannya Al-Quran.

Malam Nuzulul Quran merupakan peristiwa penting di mana Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril di Gua Hira. Menurut tasfir Al-Quran, peristiwa ini terjadi pada tanggal 17 Ramadan 610 Masehi. Pada Ramadan tahun ini, malam Nuzulul Quran jatuh pada hari ini, Kamis, 28 Maret 2024.

Nuzulul Quran secara bahasa terdiri dari dua kata, yaitu ‘Nuzulul’ dan ‘Quran’. Nuzulul artinya menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, dan Quran diambil dari kitab suci umat Islam yaitu Al-Quran.

Maka, dapat disimpulkan bahwa Nuzulul Quran merupakan peristiwa turunnya Al-Quran dari tempat yang tinggi, yaitu Lauhul Mahfuz, ke bumi melalui perantara malaikat Jibril.

Pada hari itu, 17 Ramadan 610 M, Rasulullah SAW yang berusia 40 tahun tengah sendirian di Gua Hira. Seketika ia dihampiri oleh sesosok asing dan berukuran besar yang ternyata adalah Malaikat Jibril.

Tubuh Nabi pun bergetar hebat karena kaget dan takut akan kedatangan Malaikat Jibril. Malaikat Jibril lantas mengucapkan kata ‘Iqra’ sebanyak tiga kali. Nabi pun menjawab ‘saya tidak bisa membaca’. Setelah itu, Malaikat Jibril melanjutkan perkataannya dengan QS. Al-Alaq ayat 1-5.

Surat Al-Alaq ini juga merupakan wahyu pertama sekaligus pesan pertama dalam Al-Quran yang diberitahukan kepada Nabi SAW. Al-Quran setelah itu diturunkan secara bertahap ke bumi selama 22 tahun, 2 bulan, dan 22 hari serta menjadi pedoman hidup umat Islam hingga akhir zaman nanti.

Keutamaan Nuzulul Quran

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Sebagai salah satu peristiwa penting dan bersejarah dalam agama Islam, Nuzulul Quran memiliki sederet keutamaan dibandingkan dengan malam-malam lainnya. Berikut ini keutamaan Nuzulul Quran yang perlu kamu ketahui.

1. Malam penuh berkah

Nuzulul Quran atau malam diturunkannya wahyu ke bumi terjadi pada tanggal 17 Ramadan dan disebu sebagai malam yang penuh berkah. Hal ini bersumber dari firman Allah SWT dalam Al-Quran Surat Ad-Dukhan ayat 3 yang artinya: “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang penuh berkah. Sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan.”

2. Lebih baik dari malam 1000 bulan

Malam Nuzulul Quran dikatakan lebih baik daripada malam seribu bulan. Artinya, ibadah pada malam Nuzulul Quran lebih baik nilainya dibandingkan dengan ibadah seribu malam. Hal ini disebutkan dalam Al-Quran surat Al-Qadr ayat 3 yang berbunyi: “Malam kemuliaan lebih baik dari seribu bulan.”

3. Malaikat turun ke bumi

Malam Nuzulul Quran disebut sebagai malam yang istimewa karena para malaikat turun ke bumi, termasuk malaikat Jibril. Hal ini bersumber dari firman Allah dalam QS. Al-Qadr ayat 4 yang artinya: “Malam itu turunlah malaikat dan Ruh (Ziril) dengan izin Allah untuk mengatur segala urusan.”

4. Pengampunan dosa

Bagi orang yang memanfaatkan momen Nuzulul Quran dengan memperbanyak doa dan ibadah, maka dosanya akan diampuni Allah SWT.

5. Takdir tahunan dicatat

Keistimewaan malam Nuzulul Quran adalah pencatatan takdir tahunan kita. Takdir yang dimaksud antara lain rezeki, keuntungan, dan lain sebagainya, dengan memperbanyak amalan dan ibadah di malam Nuzulul Quran, diharapkan kita mendapatkan takdir tahunan yang penuh keberkahan.

Doa Nuzulul Quran

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Mengingat Nuzulul Quran adalah malam yang istimewa, tidak sah rasanya jika umat Islam tidak memanfaatkan momen ini dengan memperbanyak doa. Berikut doa Nuzulul Quran yang bisa dibaca:

1. Doa Memohon Ampunan

“Allahumma innaka ‘afuwwun karim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan Engkau menyukai ampunan, maka ampunilah aku.”

2. Doa Memohon Kemuliaan Al-Quran

“Allahumma nawwir quluubana bi tilaawatil qur’aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur’aan, wa hassin a’maalanaa bidzikril qur’an wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur’aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’atil qur’aan.”

Artinya: “Ya Allah sinari hati kami dengan membaca Al-Quran, hiasi akhlak kamu dengan kemuliaan Al-Quran, baguskanlah amalan kami karena berzikir lewat Al-Quran, selamatkanlah kami dari apa neraka karena kemuliaan Al-Quran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafaat Al-Quran.”

3. Doa Setelah Khatam Al-Quran

“Allahumarhamni bil qur'an. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimni minhu maa jahiltu. Warzuqnii tilawatahu aana allaili wa athrofannahar waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin.”

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajari aku apa yang belum aku ketahui darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan siang, jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai Tuhan semesta alam.”

Amalan Nuzulul Quran

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Umat Islam dianjurkan untuk mengisi malam Nuzulul Quran dengan beribadah dan berdoa. Berikut ini amalan Nuzulul Quran yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Membaca Al-Quran

Cara terbaik mengisi malam Nuzulul Quran yaitu dengan membaca Al-Quran. Pada bulan Ramadan sendiri, dianjurkan untuk mengkhatamkan Al-Quran karena akan memperoleh pahala yang berlipat ganda.

2. Memperbanyak i’tikaf

Untuk mendapatkan keutamaan malam Nuzulul Quran, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak i’tikaf di masjid. Selama i’tikaf, umat Islam dianjurkan untuk membaca Al-Quran dan zikir-zikir lainnya.

I’tikaf termasuk amalan sunnah yang bisa dilakukan kapan saja, namun i’tikaf di bulan Ramadan lebih dianjurkan karena banyak memiliki keistimewaan.

3. Salat malam dan banyak berdoa

Amalan Nuzulul Quran lain yang dapat dikerjakan di malam Nuzulul Quran adalah memperbanyak salat malam dan berdoa. Banyak sekali keutamaan yang dapat diraih bila mengerjakan salat malam, karena salat malam merupakan salat yang paling utama setelah salat wajib. Salat malam memiliki keutamaan layaknya sedekah yang dilakukan secara sirr.

Nah, demikianlah sekilas tentang sejarah, keutamaan, doa dan amalan Nuzulul Quran yang perlu kamu ketahui agar mendapatkan pengampunan dan berkah dari Allah SWT.

Topik Terkait