img_title
Foto : Freepik/ stockking

IntipSelebLebaran Idul Fitri dirayakan dengan penuh kemeriahan dan semarak kekeluargaan, oleh karena itu penting untuk memastikan makeup awet agar dapat menjalani sepanjang hari lebaran dengan nyaman tanpa khawatir penampilan.

Seperti diketahui, Idul Fitri adalah hari raya keagamaan terbesar yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia untuk menandai berakhirnya puasa yang dilaksanakan selama bulan Ramadan. Perayaan Idul Fitri merupakan momen yang penuh kegembiraan, doa, kebersamaan antar keluarga.

Pada hari raya Idul Fitri, umat Islam akan memulai hari mereka dengan melaksanakan salat ied di masjid atau tanah lapang secara berjamaah, yang dilanjutkan dengan menyantap makanan khas lebaran dan bermaaf-maafan.

Lebaran juga menjadi waktu yang tepat untuk merefleksikan nilai-nilai Islam dan mengingatkan akan pentingnya persatuan, cinta dan kasih sayang. Selain itu, momen lebaran juga sangat dinanti-nantikan oleh umat Islam karena diisi dengan pertemuan keluarga hingga makan-makan.

Lantaran kesibukan yang akan berjalan sepanjang hari lebaran, seperti berkeliling mengunjungi sanak saudara, penting untuk memastikan agar makeup awet tanpa perlu touch up berkali-kali. Berikut ini tips agar makeup awet untuk lebaran yang perlu kamu ketahui.

Tips Makeup Awet untuk Lebaran

freepik.com
Foto : freepik.com

Di hari lebaran, biasanya orang akan disibukkan dengan berkumpul bersama keluarga, bepergian mengunjungi sanak saudara, dan makan-makan tanpa henti lantaran banyak makanan khas lebaran yang akan tersaji.

Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan diri dengan makeup yang tahan lama agar kamu tak perlu lagi mengkhawatirkan soal bedak yang luntur, lipstick yang pudar, atau riasan yang cemong terkena keringat. Yuk intips tips makeup awet untuk lebaran berikut ini.

1. Jangan lupakan skin prep

Sebelum mengaplikasikan makeup di wajah, pastikan kulitmu bersih dan lembap. Ini akan membantu riasanmu terlihat mulus dan bertahan lama. Jika perlu, lakukan eksfoliasi wajah di h-1 Idul Fitri agar sel-sel kulit mati di wajah terangkat. Setelah itu, jangan lupa lembabkan wajah kembali dengan moisturizer dan masker yang menutrisi kulit.

Skin prep berfungsi untuk menjaga ketahanan makeup dalam waktu yang lama. Selain itu, produk skincare yang diaplikasikan sebelum makeup berperan sebagai pelindung kulit dari permasalahan yang bisa timbul akibat penggunaan makeup.

2. Gunakan primer

Tips makeup awet untuk lebaran selanjutnya adalah dengan menggunakan primer. Primer yang baik dapat membantu riasanmu menempel lebih baik pada kulit, mencegahnya cakey atau luntur, dan membuatnya bertahan lebih lama.

Kamu perlu memilih produk primer yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Sebab, setiap jeni primer memiliki fungsi yang berbeda-beda. Selain itu, pastikan juga menggunakan primer sesuai dengan aturan agar primer bisa lebih menyatu dengan kulit dan menjadi fondasi yang kuat untuk riasanmu nanti.

Umumnya, primer mampu membantu menetralkan noda di kulit wajah, menyamarkan pori-pori, hingga membuat produk makeup lebih melekat di kulit dan tidak mudah geser ketika digunakan seharian.

3. Pilih produk yang tahan lama

Carilah produk makeup yang didesain khusus agar tahan lebih lama, seperti foundation yang tahan lama, maskara tahan air, dan eyeliner anti noda, hingga lipstick yang tahan lama dan anti luntur. Mengapa demikian? Sebab, produk-produk semacam ini telah diformulasikan secara khusus agar bisa lebih kuat dan menempel di permukaan kulit wajah.

4. Set makeup dengan bedak

Tips makeup awet untuk lebaran selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan bedak untuk menge-set makeup. Setelah mengaplikasikan foundation dan concealer, gunakan bedak untuk mengatur riasanmu dan mencegahnya luntur.

Tapi, penting untuk memperhatikan bedak yang kamu gunakan. Sebaiknya, pilih bedak yang bersifat mattifying karena bedak ini telah diformulasikan khusus agar tidak mudah luntur dan tahan minyak serta keringat yang menetes di wajah.

5. Bawalah kertas blotting

Kertas penyerap minyak adalah cara terbaik untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit dengan cepat tanpa mengganggu riasanmu. Bawalah blotting paper ke mana pun kamu pergi agar bisa digunakan setiap kali wajah mulai berkeringat. Hal ini penting dilakukan dengan segera agar riasan wajah tidak rusak akibat minyak dan keringat yang muncul. Perhatikan pula penggunaan kertas blotting dengan tepat agar tidak merusak riasan makeupmu.

6. Gunakan setting spray

Setting spray dapat membantu mengunci riasan pada tempatnya dan mencegahnya memudar atau luntur sepanjang hari, khususnya di hari lebaran yang hectic. Setting spray juga ampuh untuk memberikan kekuatan ekstra dalam menjaga tampilan makeup agar tidak berubah wujud dan warna makeup.

Tapi, penting diperhatikan untuk memilih produk setting spray yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Jangan gunakan sembarang produk dan pilihlah setting spray yang multifungsi, tidak sekadar membuat makeup awet tapi juga membantu menutrisi kulit wajah agar lebih lembap dan sehat.

7. Hindari menyentuh wajah

Menyentuh wajah dapat memindahkan minyak dan bakteri ke kulit sehingga menyebabkan riasan lebih cepat rusak. Usahakan sebisa mungkin untuk tidak menyentuh wajah agar riasanmu tetap terlihat segar sepanjang hari.

Nah, itulah sederet tips makeup awet untuk lebaran yang dapat kamu terapkan di hari lebaran Idul Fitri nanti agar kamu nggak perlu touch up lagi seharian. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait