img_title
Foto : Freepik/ rawpixel.com

IntipSeleb – Menu makanan lebaran yang sehat bisa menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang tetap ingin menjaga kesehatan di momen hari raya sekalipun. Sebab, lebaran biasanya menjadi momen kumpul keluarga yang dimeriahkan dengan menu makanan khas lebaran yang banyak ragamnya.

Di hari lebaran, biasanya orang-orang cenderung makan seenaknya dan berlebihan. Padahal, makanan yang disantap kebanyakan berminyak dan bersantan. Tak heran bila kemudian muncul istilah lebaran bikin ‘lebaran’, yang artinya lebaran berujung kegemukan karena terlalu banyak makan makanan sembarangan.

Bahkan, tak jarang penumpukan lemak di hari lebaran yang tidak disikapi dengan bijak dapat memicu beragam penyakit yang mengganggu kesehatan, seperti kolesterol dan penyakit-penyakit lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga pola makan yang sehat dan seimbang di hari raya Idul Fitri sekalipun. Nah, untuk meraih itu, kamu perlu mengupayakannya dengan menyantap makanan lebaran yang sehat.

Tips Sehat Menikmati Makanan Lebaran

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Untuk mengontrol asupan makanan lebaran agar tidak memicu penyakit seperti kolesterol, asam urat, gula darah dan tekanan darah tinggi, kamu bisa mengikuti tips sehat menikmati makanan lebaran berikut ini.

1. Awali dengan makanan berserat tinggi

Untuk mengontrol nafsu makan yang berlebih, kamu dapat mengonsumsi makanan pembuka, pilihlah makanan berserat tinggi seperti aneka buah-buahan lokal yang terdapat disekitarmu. Makan makanan berserat tinggi dapat memperlambat pencernaan makanan. Efeknya, Anda merasa kenyang lebih lama dan tidak ingin makan lebih banyak.

Cobalah makan buah-buahan ini sebelum menyantap makanan berat sehingga perut sudah lebih terisi. Dengan begitu, kamu tidak “kalap” saat mencicipi kue kering, ketupat, atau hidangan lainnya.

2. Kurangi makanan berlemak dan bersantan

Satu hal yang penting dalam mencoba tips makan sehat saat Lebaran adalah menghindari terlalu banyak konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, seperti kuah opor, semur, dan rendang.

Makanan yang digoreng dan penuh santan dapat menaikkan kadar kolesterolmu. Selain itu, mengonsumsi makanan ini secara berlebihan bisa menimbulkan mual, pusing, nyeri tukak lambung, atau nyeri perut.

Jadi, saat makan daging, pilihlah bagian daging yang tidak terlalu banyak mengandung lemak. Kombinasikan isi piring dengan sayuran sebagai asupan serat yang bisa membantu mengendalikan nafsu makan.

Buah dengan vitamin C seperti jeruk juga bisa dijadikan sebagai pencuci mulut karena membantu mampu menetralisir lemak. Pastikan tidak menambah asupan makanan berlemak saat kamu sudah merasa cukup kenyang.

Ketika sudah makan makanan tinggi lemak, hindari makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam karena akan memicu kenaikan asam lambung.

3. Batasi porsi makan

Tips Lebaran sehat berikutnya adalah memastikan jumlah makanan yang dimakan sudah diperhitungkan. Jika kesulitan makan teratur sesuai jam makan, kamu bisa makan dalam porsi sedikit tapi lebih sering.

Ide Menu Makanan Lebaran yang Sehat

Penasaran nggak sih menu apa yang bisa kamu nikmati di hari raya Idul Fitri tanpa harus mengkhawatirkan soal dampaknya bagi kesehatan? Yuk intips ide menu makanan lebaran yang sehat berikut ini!

1. Opor Ayam Tanpa Santan

Pinterest/Sajian Lezat
Foto : Pinterest/Sajian Lezat

Opor ayam merupakan makanan tradisional yang biasa disajikan selama lebaran sebagai teman makan ketupat atau lontong. Tapi, untuk mengurangi kadar lemak dan kalorinya, kamu bisa membuat opor ayam tanpa santan sebagai ide menu makanan lebaran yang sehat.

Kamu bisa menggunakan susu kedelai atau santan jagung sebagai pengganti santan kelapa, sehingga kuah opor tetap bisa creamy layaknya opor pada umumnya. Opor ayam sehat ini bisa kamu santap dengan nasi merah dan sayuran hijau untuk menyeimbangkan nutrisinya.

2. Rendang Tanpa Santan

Reseppedia.com
Foto : Reseppedia.com

Rendang merupakan salah satu makanan khas lebaran yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Menggunakan santan sebagai salah satu bahannya, rendang mempunyai rasa yang gurih dan bumbu rempah yang khas.

Tapi, jika kamu khawatir dengan konsumsi santan yang berlebihan saat lebaran, kamu bisa lho membuat rendang tanpa santan sebagai salah satu ide makanan lebaran yang sehat. Ada banyak pengganti santan yang bisa membuat rendangmu tetap gurih dan creamy.

Membuat rendang tanpa santan juga susah-susah gampang. Jika salah dalam pengolahannya maka hasil akhirnya tidak akan memuaskan dan tidak senikmat rendang biasanya. Kamu juga perlu memperhatikan faktor lainnya seperti jenis dan kualitas bahannya.

3. Sate Sayuran

Pinterest
Foto : Pinterest

Sate biasanya terbuat dari daging. Tapi kamu juga bisa lho membuat sate dengan bahan sayuran serta sumber protein nabati lainnya, seperti tempe, tahu dan jamur. Tidak hanya sehat, sate sayuran juga mengandung banyak protein dan serat yang baik untuk tubuh.

4. Tumis Sayuran

Pinterest
Foto : Pinterest

Tumis sayuran merupakan menu makanan sehat yang dapat dihidangkan selama lebaran. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis sayuran seperti wortel, kubis, brokoli, jamur, dan sebagainya. Tumis sayuran ini dapat dihidangkan dengan nasi merah atau quinoa untuk menambah kandungan serat dan protein dalam porsi makanmu.

5. Sup Bening

CookforYourLife
Foto : CookforYourLife

Sup bening juga bisa lho jadi salah satu ide menu makanan lebaran yang sehat. Kamu bisa membuat sup bening dengan menggunakan berbagai jenis sayuran, seperti wortel, kentang, tomat, kacang polong, bunga kol, dan sebagainya. Kamu juga bisa menambahkan dada ayam sebagai sumber protein rendah lemak. Selain rendah kalori dan tinggi nutrisi, sup bening juga cocok disantap sebagai menu sehat saat hari raya.

6. Buah-buahan Segar

Freepik/lifeforstock
Foto : Freepik/lifeforstock

Buah-buahan segar merupakan pilihan yang baik untuk menjadi menu sehat selama lebaran. Buah-buahan seperti apel, pisang, jeruk, dan anggur mengandung banyak serat dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah-buahan segar ini dapat dihidangkan sebagai makanan penutup atau sebagai camilan yang sehat selama lebaran.

Untuk memberikan kesan dan pengalaman makan buah yang lebih spesial, kamu bisa memotong buah-buahan tersebut dan menusuknya menjadi sate buah yang warna-warni.

Selain itu, kamu juga bisa mengolah buah-buahan segar ini menjadi menu es buah sehat yang dibuat tanpa menggunakan susu kental manis dan sirup. Sebagai pemanis, kamu bisa menggunakan gula diet yang rendah kalori.

Nah, itulah sederet informasi tentang tips sehat menikmati makanan lebaran dan ide menu makanan lebaran sehat yang dapat kamu siapkan untuk hari raya Idul Fitri nanti. Semoga bermanfaat, ya!

Topik Terkait