img_title
Foto : Freepik/jcomp

IntipSelebTips mudik aman menjadi topik yang penting untuk diperhatikan di penghujung bulan Ramadan seperti saat ini. Mengingat bulan puasa hampir berakhir, banyak orang yang telah merencanakan mudik ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri.

Untuk perjalanan mudik, sebagian orang enggan menggunakan kendaraan pribadi karena takut kelelahan dan malas menghadapi kemacetan di jalan. Sementara dengan kendaraan umum, kita tinggal duduk manis saja hingga tiba di kota tujuan.

Tapi, mudik dengan kendaraan umum artinya kamu akan melakukan perjalanan bersama dengan orang-orang asing yang tidak kamu kenali. Maka, kamu perlu lebih waspada dan berhati-hati dalam menjaga diri dan barang bawaanmu selama perjalanan.

Tips Mudik Aman dengan Kendaraan Umum

Tangkap layar YouTube
Foto : Tangkap layar YouTube

Jika kamu merencanakan mudik dengan kendaraan umum, berikut ini sederet tips mudik aman dengan kendaraan umum yang perlu kamu ketahui agar selamat sampai tujuan dan tidak mengalami kehilangan barang.

1. Atur jadwal dan pesan tiket jauh-jauh hari

Tips mudik aman dengan kendaraan umum yang pertama adalah dengan melakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari. Tentukan segera tanggal keberangkatanmu sesegera mungkin dan segera pesan tiket sesuai dengan tujuan.

Jangan pernah memesan tiket mudik di rentang waktu yang mepet sebab rawan kehabisan tiket dan biasanya tiket akan mengalami kenaikan harga yang sangat signifikan. Selain itu, sebaiknya jangan berangkat mudik mepet lebaran karena akan sangat rawan macet.

Pilihlah tanggal yang tepat dan sesuaikan dengan prediksi arus mudik. Hal ini penting untuk mengantisipasi kemacetan parah di jalanan. Selain itu, pilihlah kendaraan umum yang paling nyaman menurutmu, bisa kereta, bus atau pesawat.

2. Pesan tiket mudik di agen resmi

Selain menentukan tanggal tepat untuk berangkat mudik, penting juga untuk memperhatikan kepada siapa kamu memesan tiket. Pastikan kamu membeli tiket mudik di agen resmi yang terpercaya mengingat kerap terjadi penipuan oleh para calo tiket palsu di momen-momen mendekati lebaran seperti saat ini. Jangan sampai perjalanan mudikmu terganggu karena kamu membeli tiket palsu atau tiket yang bermasalah.

3. Bawa barang seperlunya

Tips mudik aman dengan kendaraan umum selanjutnya adalah dengan membawa barang secukupnya. Jangan terlalu banyak membawa barang pribadi, apalagi barang berharga. Sebab, mudik dengan kendaraan umum berbeda dengan kendaraan pribadi.

Mudik dengan kendaraan umum artinya kamu tidak memiliki ruang yang luas untuk menyimpan barang bawaan karena ada batas maksimum yang ditetapkan oleh pihak armada. Selain itu, membawa banyak barang juga akan menyulitkan mobilitasmu dan menarik perhatian orang yang berniat jahat.

Sebisa mungkin, jangan membawa barang-barang berharga seperti laptop, kamera atau perhiasan karena rawan pencurian. Akan tetapi, jika kamu terpaksa harus membawanya, kamu perlu mengakali agar barang-barangmu selalu berada dalam jangkauan penglihatan dan terkemas dengan aman.

4. Bawa uang tunai secukupnya

Tips mudik aman yang tak kalah penting adalah dengan membawa uang tunai secukupnya saja. Selain itu, kamu bisa menyimpannya di beberapa tempat yang berbeda, sehingga ketika ada yang hilang kamu tidak kehilangan seluruh uangmu. Selain itu, ada baiknya kamu berjaga-jaga dengan membawa kartu pembayaran non tunai untuk melakukan transaksi jual beli.

5. Siapkan obat-obatan pribadi

Melakukan perjalanan mudik ketika puasa biasanya memicu kemunculan masalah kesehatan. Maka dari itu, kamu harus selalu siap siaga membawa obat-obatan pribadi yang kamu butuhkan. Masukkan semua obat-obatanmu dalam satu wadah yang mudah dijangkau agar bisa langsung diambil ketika dibutuhkan tanpa perlu membongkar isi tasmu.

6. Bawa perbekalan yang cukup

Ketika melakukan perjalanan mudik, penting untuk membawa perbekalan yang cukup, mulai dari makanan, minuman, dan cemilan yang akan kamu butuhkan ketika waktu berbuka dan sahur tiba. Jangan sampai sahur dan bukamu tertunda karena kendaraan umum tidak berhenti atau layanan makannya tidak tersedia.

7. Gunakan pakaian yang nyaman dan sopan

Tips mudik aman dengan kendaraan umum selanjutnya adalah dengan menggunakan pakaian yang nyaman, sopan dan tidak mencolok. Perjalanan mudik ditempuh dalam waktu yang cukup lama, sehingga penting untuk mengenakan sesuatu yang nyaman agar tidak menyulitkanmu selama perjalanan.

Walaupun pelecehan seksual bisa terjadi pada orang dengan pakaian tertutup sekalipun, ketika berada di kendaraan umum sebisa mungkin gunakan pakaian yang tertutup untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, siapkan jaket yang nyaman agar kamu tidak kedinginan dan masuk angin karena AC kendaraan.

8. Waspadai kondisi sekitar

Tips mudik aman dengan kendaraan umum selanjutnya adalah dengan memperhatikan kondisi di sekitarmu. Terus awasi barang bawaanmu selama dalam perjalanan. Usahakan agar mudik bersama dengan orang yang kamu kenal agar bisa saling menjaga satu sama lain.

Tapi, jika kamu terpaksa harus mudik sendirian, kamu perlu memberikan perhatian yang ekstra pada diri dan barang bawaanmu. Aturlah posisi barang bawaanmu agar berada dalam jangkauan tangan dan penglihatanmu.

9. Bawa powerbank dan headset sendiri

Perjalanan mudik yang cukup lama tak jarang membuat kita bosan. Untuk mengatasi rasa bosan di perjalanan, kamu bisa membawa headset untuk mendengarkan musik. Akan tetapi, perlu diingat bahwa kamu tetap harus berjaga-jaga dengan kondisi sekitar. Jangan sampai momen santaimu ini memberi kesempatan bagi orang yang beniat jahat.

Selain itu, kamu perlu membawa powerbank sendiri agar daya baterai ponselmu tetap terjaga. Jadi, ketika tidak ada stop kontak yang tersedia kamu tetap bisa menge-charge handphone-mu. Akan tetapi, jika daya powerbankmu habis, jangan charge powerbank di kendaraan umum agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, itulah sederet tips mudik aman dengan kendaraan umum agar kamu selamat sampai tujuan dan tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait