img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb Demam Berdarah Dengue atau DBD menjadi penyakit berbahaya yang kerap menghampiri anak-anak, bahkan sampai menelan korban jiwa jika terlambat ditangani.

Meski DBD bisa menyerang siapa saja, namun ada deretan penyebab seseorang bisa lebih rentan terjangkit penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya.

Penyebab Seorang Rentan Kena DBD

Pinterest/organicfacts
Foto : Pinterest/organicfacts

Penyebab utama penyakit DBD sendiri adalah virus yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti. Meski pun semua orang dari berbagai usia bisa terkena DBD, namun ada penyebab yang membuat seseorang lebih rentan terkena DBD.

Melansir dari kanal YouTube Kata Dokter, dr. Gammarida Magfirah menjelaskan bahwa lingkungan sangat mempengaruhi penyebaran penyakit DBD.

Diantaranya dari segi geografis yang mana apa bila seseorang tinggal di lokasi yang memiliki tingkat perkembangbiakan nyamuk tinggi, tentunya akan menjadi lebih rentan terkena DBD. Selain itu pada daerah dengan intensitas hujan yang tinggi turut berpengaruh pertumbuhan nyamuk.

Anak-anak turut lebih rentan terkena DBD karena daya tahan tubuh atau imunitasnya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan remaja atau dewasa.

Kenali Gejala Penyakit DBD

Ilustrasi - Pixabay
Foto : Ilustrasi - Pixabay

Seseorang yang terjangkit penyakit DBD biasanya akan mengalami beberapa gejala pada tubuhnya, diantaranya:

  1. Peningkatan suhu tubuh yang tinggi
  2. Nyeri pada belakang area mata
  3. Nyeri retroorbital
  4. Nyeri kepala yang hebat
  5. Nyeri di daerah sendi yang khas.
  6. Pendarahan di bawah kulit (munculnya bercak kemerahan)
  7. Mimisan
  8. BAB berdarah
  9. Muntah darah

Jika sudah merasakan gejala-gejala DBD, segera konsultasikan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan intensif.

Topik Terkait