img_title
Foto : Freepik.com

IntipSeleb – Ketika mendengar kata kafein, tentu yang pertama kali terlintas di benak banyak orang adalah kopi. Saat ini ada banyak sekali coffee shop atau kedai kopi yang lucu yang bikin FOMO kalau kita nggak ke sana.

Sesuai namanya, Coffee shop tentu menyediakan berbagai macam menu kopi. Biasanya, coffee shop menghidangkan kopi yang dicampur dengan berbagai bahan lain, seperti susu cair, karamel, saus coklat dan lain-lain.

Kopi bukan sekadar minuman sekarang, tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Karena banyaknya kafe-kafe lucu yang hits otomatis yang berkunjung sebagian besar adalah anak muda.

Pertumbuhan konsumsi kopi di Indonesia lumayan pesat dan menurut dataindonesia.id, Indonesia menduduki urutan kelima sebagai negara yang paling sering mengonsumsi kopi dengan total sekitar 5 juta kantong kopi berukuran masing-masing 60 kg.

Kafein merupakan senyawa stimulan yang dapat dijumpai pada beberapa makanan dan minuman. Kandungan ini memiliki nama lain trimethylxanthine. Tidak jarang kafein disebut setara dengan amfetamin, kokain, hingga heroin.

Hal ini dikarenakan kafein dan jenis obat-obatan tersebut bekerja dengan cara yang sama, yaitu menstimulasi kerja otak. Karena ini lah kopi menjadi minuman yang populer di Indonesia di pagi hari atau sore hari.

Normalnya, kafein akan mulai bekerja dan efektif 45-60 menit setelah dikonsumsi. Efek ini biasanya akan bertahan selama 2 – 5 jam. Tapi, hal ini juga dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi bersama dengan kopi. Makanan yang mengandung serat bisa memperlambat efek kafein di dalam tubuh.

Topik Terkait