img_title
Foto : Racool_studio/freepik

IntipSeleb – Jika sebelumnya sudah membahas tentang deretan makanan yang kurang baik untuk pencernaan saat sedang puasa, kali ini IntipSeleb akan memberikan informasi soal jenis-jenis makanan yang baiknya dihindari ketika tengah berpuasa demi menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Menjalani puasa selama belasan jam membuat produksi air liur dalam mulut terkurang, sehingga berpengaruh terhadap kondisi mulut dan gigi.

Dengan itu, perlu diperhatian jenis makanan yang masuk untuk menghindari timbulnya penyakit di area gigi dan mulut. Apa saja ya kira-kira? Intip selengkapnya yuk!

Penyakit Langganan Saat Sedang Puasa

Pinterest/ smileperfectors
Foto : Pinterest/ smileperfectors

1. Bau mulut

Salah satu permasalahan yang kerap timbul saat puasa adalah bau mulut. Jika mengutip dari kanal YouTube Kata Dokter, dr. Gammarida Magfirah menjelaskan bahwa bau mulut saat berpuasa dipengaruhi oleh oral hygiene atau kebersihan mulut.

Saat puasa ada beberapa perubahan pada mulut, salah satunya produksi air liur yang berkurang. Berkurangnya produksi air liur disebabkan oleh asupan makanan yang juga berkurang saat puasa, sehingga terjadi akumulasi bakteri baik dalam mulut lalu dapat berkembang biak lalu menimbulkan aroma tidak sedap.

2. Timbul Plak di Gigi

Timbunan plak di gigi menjadi lebih sulut hilang karena produksi air liur yang berfungsi membersihkan menurun.

3. Gigi Gampang Ngilu

Sensitifitas dari saraf gigi menjadi lebih peka, maka dari itu terkadang gigi merasa ngilu ketika mengkonsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin saat berbuka puasa.

4. Mudah Sariawan

Sariawan, peradangan, hingga bibir pecah-pecah turut menjadi permasalahan yang kerap menghampiri saat puasa. Salah satu penyebabnya karena kurangnya konsumsi cairan serta vitamin saat sahur dan berbuka puasa.

Hindari Deretan Jenis Makanan Berikut Ini

Instagram/dapurcokelat
Foto : Instagram/dapurcokelat

Demi mencegah terjadinya penyakit-penyakit mengganggu saat puasa, hindari jenis-jenis makanan berikut ini:

  • Makanan yang mengandung gula berlebih karena bisa merusak gigi
  • Makanan dengan suhu ekstrim (terlalu panas atau terlalu dingin) kerena bisa menurunkan fungsi saraf gigi sehingga bikin ngilu
  • Makanan yang terlalu pedas
  • Makanna yang terlaly asam
  • Makanan atau minuman yang mengandung kafein karena bisa merusak warna gigi dan mengganggu kesehatan lambung
  • Makanan yang terlalu keras karena mempengaruhi kekuatan akar gigi

Itu tadi deretan jenis makanan yang baiknya dihindari saat sahur atau buka puasa.

Topik Terkait