img_title
Foto : Freepik/stockking

IntipSelebInselicious, apa kamu pernah merasakan gejala yang tidak nyaman saat berpuasa, seperti mata sering menjadi kunang-kunang dan tubuh terasa lemas? Itu bisa saja tanda-tanda dari kondisi yang disebut darah rendah!

Bersama dr. Gammarida Maghfirah dari Kata Dokter, Intip Seleb akan membahas lebih dalam tentang kondisi darah rendah dan bagaimana cara mengatasinya selama menjalani ibadah puasa. Simak dan jangan lupa di-scroll ya!

Darah Rendah Saat Berpuasa

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Inselicious, darah rendah itu adalah suatu kondisi di mana tekanan darah, baik sistolik maupun diastolik, berada di bawah angka normal yaitu di bawah 90/60. Lalu, apa hubungannya berpuasa dengan tekanan darah rendah ini?

Menurut dr. Gamma, sebagian besar darah terdiri dari cairan dan saat berpuasa, ada pembatasan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh.

Normalnya dalam satu hari kita mengonsumsi minimal 1,8 sampai 2 liter air sehari. Namun, pada orang berpuasa biasanya konsumsi air putih atau cairan kurang dari batas normal tersebut sehingga bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi.

Topik Terkait