img_title
Foto : Pexels/Anna Nekrashevich

IntipSeleb – Sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tentu tidak baik, termasuk berlebihan mengkonsumsi kue nastar karena bisa menimbulkan jerawat hingga memancing penyakit berbahaya.

Dengan itu IntipSeleb akan memberikan tips mengkonsumsi kue nastar demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Simak yuk selengkapnya.

Kue Nastar Bikin Jerawatan

Instagram/@1001resepmasaklezat
Foto : Instagram/@1001resepmasaklezat

Kue nastar identik dengan perayaan lebaran dan sering kali disajikan suguhan ketika datang bertamu ke rumah saudara. Namun ternyata kue nastar yang lembut dan manis itu bisa menimbulkan masalah pada kulit yakni memicu timbulnya jerawat.

Kue nastar biasanya mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi sehingga mengasilkan lemak jahat yang tidak baik untuk tubuh.

"Karena tipikalnya semuanya itu rendah serat, karbohidratnya kan sederhana artinya cepat sekali menaikan kadar gula darah kita," ujar Dokter Putri Sakti selaku Spesialis Gizi Klinis, melansir dari YouTube Kata Dokter, 5 April 2024.

Jika kue nastar dikonsumsi secara terus menerus dalam jumlah banyak, maka akan menumbulkan jerawat karena kandungan lemaknya.

"Penyebab jerawat itu sebenarnya ada 2, lemak jenuh dan karbohidrat sederhana. Kadang orang lupa bahwa yang diingat cuma lemak aja, artinya di sini lemak sudah ada ya dari segi butter, kuning telur dan lain-lain," tutur Dokter Putri Sakti.

"Ditambah dengan adanya tepung dan gula, itu adalah gulanya sederhana, gula sederhana itu akan memicu peningkatan dari hormon insulin, growth hormon, pertumbuhan yang bisa memicu acne atau jerawat, jadi lebih berlebihan munculnya," lanjutnya.

Selain memicu timbulnya jerawat, mengkonsumsi kue nastar secara berlebih juga akan memancing datangnya penyakit berbahaya seperti diabetes, gangguan jantung, hingga stroke.

Tips Konsumsi Kue Nastar

Pixabay
Foto : Pixabay

Dokter Putri Sakti memberikan tips sebelum mengkonsumsi kue nastar agar tidak berlebihan, yaitu minum air putih terlebih dulu dan cukupi kebutuhan serat dengan mengkonsumsi buah atau sayuran.

Serat yang terkandung dalam sayur dan buah bisa menyerap gula dan lemak di lambung sehingga lebih terkontrol, dan juga menjadi tidak kalab saat mengkonsumsi kue nastar karena perut sudah kenyang.

Topik Terkait