img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb – Menjelang Hari Raya Idul Fitri tiba, masyarakat Indonesia memiliki tradisi untuk mudik atau pulang ke kampung halaman untuk bertemu keluarga yang lama tidak jumpa.

Jika pergi mudik bersama orang tua lanjut usia tentu ada hal-hal yang harus dipersiapkan agar mempermudah perjalanan sehingga terasa aman dan nyaman.

Dengan itu berikut IntipSeleb rangkum 7 tips mudik bersama orang tua lanjut usia lewat ulasan di bawah ini, scroll yuk!

1. Periksa Kesehatan

Sebelum melakukan perjalanan mudik, periksakan kesehatan setiap anggota keluarga terutama bagi orang tua yang sudah berumur.

Melakukan pemeriksaan kesehatan berguna untuk mengetahui kondisi tubuh setiap anggota keluarga, sehingga bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan mudik.

2. Sedia Perlengkapan Obat-obatan

Obat-obatan tentunya tidak boleh ketinggalan untuk dibawa saat perjalanan mudik untuk memastikan agar kondisi tubuh tetap sehat.

3. Bawa Perlengkapan Darurat

Berjam-jam di jalan saat melakukan perjalanan menuju kampung halaman tentunya membuat pemudik harus menyiapkan tas khusus berisikan perlengkapan darurat seperti kotak p3k, handuk kecil, kantung muntah, dan lainnya.

4. Persiapkan Makanan

Meski tersedia rest area, namun ada baiknya selalu persiapkan makanan di tas khusus saat mudik karena akan melewati berjam-jam perjalanan. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa lapar terutama jika antrean restoran membeludak saat mudik, atau untuk camilan agar tidak bosan sampai tujuan.

5. Pertimbangkan Moda Transportasi

Bijaklah memilih mode transportasi untuk mudik jika melakukan perjalanan bersama orang tua lansia serta anak-anak.

Petimbangkan jarak dan waktu ke lokasi tujuan agar perjalanan mudik aman dan nyaman untuk seluruh anggota keluarga.

6. Sulap Kursi Menjadi Nyaman

Perhatikan posisi kursi yang ditempati oleh orang tua lansia agar perjalanan menjadi nyaman, seperti pengaturan kursi hingga penggunaan bantal serta selimut jika diperlukan.

7. Selingi dengan Istirahat

Jika melakukan perjalanan mudik selama berjam-jam menggunakan moda transportasi darat seperti mobil, ada baiknya mengatur waktu untuk istirahat di rest area.

Selain memberikan ruang untuk istirahat kepada orang tua lansia, hal ini juga bisa menjadi momen perenggangan otot sang sopir.

Itu tadi deretan tips mudik bersama orang tua lansia agar aman dan nyaman sampai kampung halaman.

Topik Terkait