img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb – Pada Idul Fitri, satu anjuran yang menjadi fokus utama adalah melaksanakan salat Idul Fitri atau biasa disebut juga salat Id. Shalat ini memiliki hukum sunnah muakkadah, yang artinya sangat dianjurkan untuk dilakukan. Rasulullah Muhammad SAW senantiasa melaksanakannya, dan tradisi ini tetap dipegang teguh oleh umat Muslim hingga kini.

Meskipun salat Idul Fitri memiliki sejumlah tambahan yang bersifat sunnah, syarat dan rukunnya umumnya sama dengan salat fardhu lima waktu. Namun, ada penekanan pada waktu pelaksanaannya. Shalat Idul Fitri dilakukan mulai dari terbitnya matahari hingga sebelum masuk waktu salat Dhuha.

Berbeda dengan salat Idul Adha yang dianjurkan dilakukan cepat setelah rangkaian salat Id, salat Idul Fitri justru disunnahkan untuk dilakukan dengan sedikit keterlambatan. Tujuannya adalah memberi kesempatan kepada mereka yang belum membayar zakat fitrah untuk melakukannya sebelum melaksanakan salat. Dilansir dari NU Online berikut langkah-langkahnya:

1. Niat dalam hati

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Niat salat Idul Fitri diucapkan bersamaan dengan takbiratul ihram. Meskipun niat dilakukan dalam hati, disunnahkan juga untuk melafalkannya sebelum memulai salat.

أُصَلِّي سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لِلّٰهِ تَعَــالَى

Topik Terkait