img_title
Foto : Pinterest/Women's Health

IntipSelebAsam urat adalah sebuah kondisi di mana kadar dalam darah tinggi purin diakibatkan oleh beberapa hal, seperti produksi purin yang tinggi dalam darah dan sekresi atau ekskresinya yang menurun dalam darah.

Di antara gejala asam urat yang biasa dialami oleh setiap orang, di antaranya adalah penderita merasakan nyeri dari dalam persendian, bisa disertai dengan bengkak di bagian persendian yang terkena, atau bahkan bisa tanpa gejala sama sekali.

Di momen lebaran seperti saat ini, banyak orang yang kehilangan kontrol atas apa yang ia makan. Terlebih, ada banyak sekali menu lebaran yang lezat dan sayang untuk dilewatkan.

Maka dari itu, dr. Dewi Widyastuti, Sp.PD dalam kanal YouTube Kata Dokter memaparkan seluk-beluk penyakit asam urat dan cara cegah asam urat pasca lebaran. Penasaran? Yuk langsung aja baca selengkapnya berikut ini!

Asam Urat

Ilustrasi - Pixabay
Foto : Ilustrasi - Pixabay

Beberapa penyebab asam urat yang bisa diketahui di antaranya adalah faktor genetik. Faktor genetik biasanya diturunkan oleh kedua orang tua dan terjadi karena mutasi gen, salah satunya mutasi gen APOB. Yang kedua adalah akibat dari tinggi purin dalam makanan. Beberapa makanan yang mungkin bisa dihindari untuk mencegah tingginya purin adalah sayuran bayam, kacang-kacangan, tempe dan tahu, kecap serta makanan yang berbahan baku melinjo, emping, daun melinjo atau kulit melinjo, serta kol-kolan, baik itu kol merah, kol putih atau brokoli.

Topik Terkait