img_title
Foto : Berbagai Sumber

IntipSeleb – Ada beberapa momen ikonik ketika para aktor Korea Selatan memamerkan tubuh bak pahatan patung mereka di layar, dan salah satu contoh yang terpatri dalam pikiran para pecinta drakor adalah penampilan Gong Yoo di The Suspect.

Pemandangan perutnya yang indah membuat para penggemar ngiler! Nah, untuk memamerkan otot-ototnya yang indah, Gong Yoo bekerja keras di gym selama berjam-jam setiap hari. Bahkan, di usia 40-an, aktor Guardian: The Lonely and Great God dapat dengan mudah membuat banyak anak muda merasa malu jika bicara soal kebugaran.

Kamu akan sering melihat Gong Yoo melakukan pukulan di gym setiap hari, dan terlebih lagi jika dia sedang mempersiapkan sebuah peran. Meskipun banyak dari kalian menganggap olahraga sebagai cara untuk mendapatkan otot perut atau otot yang kencang, olahraga juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan mental. Berolahraga secara teratur adalah penangkal kecemasan dan memburuknya kesehatan mental, sesuatu yang bahkan dialami oleh Gong Yoo di usia dua puluhan dan tiga puluhan.

Muncul di episode spesial Chuseok Piggyego pada tahun 2023, aktor tersebut menceritakan bahwa dia berjuang melawan kecemasan di usia dua puluhan dan tiga puluhan, sedemikian rupa sehingga dia bahkan tidak dapat menikmati kesuksesan dan sorotan setelah Guardian: The Lonely and Great God melakukannya dengan sangat baik. Setelah melewati masa sulit, Gong Yoo menjadi lebih kuat.

Jadi, apakah kamu ingin mengalihkan perhatian dari pola pikir negatif atau hanya ingin memulai gaya hidup yang lebih sehat – olahraga teratur adalah pilihan terbaikmu. Maka dari itu, yuk simak sederet tips olahraga dan diet Gong Yoo berikut ini.

Tips Olahraga Gong Yoo

Kbs2 tv
Foto : Kbs2 tv

Menurut Apple Daily Hong Kong (via Women's Weekly) dilansir dari Lifestyleasia, pelatih Gong Yoo mengungkapkan bahwa dia pergi ke gym setiap hari selama dua setengah hingga tiga jam. Pelatih menjelaskan bahwa Gong Yoo tidak hanya menargetkan kelompok otot tetapi berfokus pada latihan seluruh tubuh, yang membantu mendapatkan bentuk tubuh yang seimbang.

Bagi yang belum tahu, olah raga seluruh tubuh lebih banyak bertumpu pada latihan kardiovaskular seperti lari, ski lintas alam, bersepeda, dan latihan kekuatan. Dengan melatih semua kelompok otot di tubuh, latihan ini meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, mencegah cedera, dan meningkatkan kekuatan dan daya tahan.

Pelatih Gong Yoo, Tae Sik, yang juga pernah melatih selebriti seperti Hyun Bin dan Bae Suzy, menyindir bahwa terkadang ia menghabiskan lebih banyak waktu dengan aktor tersebut dibandingkan dengan ibunya sendiri. Secara keseluruhan, Yoo menghabiskan hampir tiga jam di gym, yang bisa menjadi lebih intens jika dia mempersiapkan tubuhnya untuk karakter tertentu. Berikut rincian latihan utamanya:

1. Pemanasan (10 hingga 15 menit)

Jika kamu langsung melakukan olahraga intensif, risiko cedera dan pemulihan yang menyakitkan lebih tinggi. Hal ini karena otot yang dingin tidak mampu meredam guncangan atau benturan, sehingga membuatmu lebih rentan mengalami ketegangan otot. Dalam beberapa kasus, melewatkan pemanasan bahkan dapat menyebabkan robekan ligamen, robekan tendon, dan cedera tendon. Gong Yoo biasanya menghabiskan 10 hingga 15 menit untuk melakukan pemanasan, yang merupakan waktu yang cukup untuk mengaktifkan ototmu.

Apa tujuan pemanasan?

Sederhananya, pemanasan mempersiapkan tubuhmu secara fisik dan mental untuk aktivitas yang dipilih. Dengan meningkatkan detak jantung, aliran darah, dan aliran oksigen, latihan pemanasan akan membantumu bekerja pada tingkat yang lebih tinggi dan menghindari cedera. Selain itu, persendianmu mengendur dan otakmu mulai berinteraksi dengan tubuhmu – yang semuanya membuat sesi latihanmu tidak terlalu membuat stres.

Contoh pemanasan:

  1. Bersepeda atau jogging
  2. Walking up dan down stairs
  3. Side stepping dengan pace cepat
  4. Jogging di tempat
  5. Lunges
  6. Squat
  7. Arm swings

2. Tailored exercise atau latihan yang disesuaikan (satu jam)

Tae Sik menyatakan bahwa aktor Korea tersebut memiliki 'garis dada hingga perut' yang sangat bagus. Dia fokus pada latihan dada bagian atas, tengah dan bawah agar terlihat bugar dan hebat, tambah pelatih. Beberapa latihan penting lainnya yang merupakan bagian dari rutinitas latihannya termasuk chest press, bench press (baik tanjakan maupun penurunan), dan dip machine.

Meskipun tidak diketahui detail pasti dari latihannya, mari kenali beberapa latihan paling populer yang harus kamu sertakan dalam rutinitas latihan seluruh tubuhmu. Ini adalah latihan gabungan (latihan yang melibatkan banyak kelompok otot) yang menghasilkan pembakaran kalori lebih tinggi dan stimulasi otot lebih banyak.

Berikut adalah beberapa latihan seluruh tubuh terbaik untuk dimasukkan ke dalam latihanmu:

  1. Deadlift
  2. Squat
  3. Devil’s Press
  4. Kettlebell swings
  5. Bent Over Barbell Row
  6. Bench Press
  7. Overhead Press

3. Latihan kardio (satu jam)

Langkah terakhir dari rutinitas latihan Gong Yoo adalah kardio. Aktivitas kardiovaskular atau aerobik apa pun ditujukan untuk membuat darah terpompa dan kelompok otot besar bekerja.

Tapi mengapa kardio begitu penting? Berikut beberapa alasannya:

  1. Memperkuat jantung dan menurunkan tekanan darah
  2. Meningkatkan kekebalan dan kesehatan mental
  3. Mengatur gula darah dan berat badan
  4. Meningkatkan kekuatan otak
  5. Mengurangi risiko cedera
  6. Mengurangi tanda-tanda penuaan dan membantu mencegah kondisi kulit kronis

Berapa lama sesi kardio harus berlangsung?

Menurut American Heart Association, kamu harus berusaha melakukan setidaknya 150 menit latihan memompa jantung dengan intensitas sedang atau 75 menit latihan intensitas kuat yang tersebar di tujuh hari dalam seminggu. Jika kamu baru memulai perjalanan kebugaran, menderita penyakit kronis, atau sudah lama tidak berolahraga, disarankan agar memilih tingkat intensitas sedang agar perlahan-lahan mengikuti ritmenya.

Tips Diet Gong Yoo

Twitter/gongyoosimp
Foto : Twitter/gongyoosimp

Mengenai tips diet Gong Yoo, pelatihnya menyebutkan bahwa dia sangat teliti tentang apa yang dia masukkan ke dalam tubuhnya, memilih makanannya seperti yang dilakukan seorang atlet. Tae Sik teringat saat Yoo melakukan diet yang sangat ketat, terutama terdiri dari dada ayam, ubi, dan sayuran. Dia juga terkadang memasak sendiri, memastikan (sangat) sedikit minyak dan (hampir) tidak ada bumbu dalam makanannya.

Sebelum melakukan cheat day, dia memanggil pelatihnya untuk meminta persetujuan. Sik mengingat kejadian di mana Yoo meneleponnya untuk menanyakan apakah dia boleh minum bir karena dia sedang makan daging sapi. Meskipun pelatih mengizinkannya melakukan hal yang sama, Yoo membatasi dirinya hingga maksimal 500ml bir untuk malam itu. Itulah pengendalian diri nyata yang sebaiknya dimiliki jika ingin memiliki tubuh seindah Gong Yoo.

Secara keseluruhan, Gong Yoo makan dengan bersih dan secara alami tidak menyukai makanan tidak sehat yang menghambat perjalanan kebugarannya.

Nah, itulah sederet tips olahraga Gong Yoo dan tips diet Gong Yoo yang ia lakukan sehari-hari untuk mendapatkan bentuk tubuh indah bak pahatan sempurna. Gimana, tertarik nggak buat coba tips diet Gong Yoo?

Topik Terkait