img_title
Foto : Freepik/ DC Studio

IntipSelebLibur lebaran hampir usai. Setelah menghabiskan waktu liburan lebaran bersama dengan keluarga di kampung halaman, kini saatnya kita kembali bersiap untuk kembali menjalankan aktivitas harian kita di daerah masing-masing.

Akan tetapi, untuk beberapa orang, back to work atau kembali beraktivitas normal setelah libur panjang bukanlah hal yang mudah. Beberapa orang merasakan Post-Holiday Blues atau perasaan sedih yang muncul setelah liburan usai, ada juga membutuhkan motivasi lebih untuk kembali produktif.

Post-Holiday Blues

Freepik/racoolstudio
Foto : Freepik/racoolstudio

Post-Holiday Blues merupakan jenis suasana hati yang mungkin dialami oleh orang yang pulang dari perjalanan jauh atau liburan dan hendak kembali beraktivitas normal.

Seseorang mungkin menderita post-holiday blues setelah kembali ke rumah atau menjalani rutinitas normal setelah liburan panjang, terutama jika liburan itu menyenangkan.

Semakin lama perjalanan berlangsung, perasaan sdih pasca liburan akan semakin intens. Pasalnya, setelah sebagian orang pulang ke rumah, mereka menyadari betapa membosankan dan tidak memuaskannya gaya hidup normal mereka jika dibandingkan dengan aktivitas yang mereka lkukan saat berlibur. Semakin pendek perjalanan, semakin mudah untuk menyesuaikan kembali ke rutinitas normal.

Perasaa sedih pasca liburan dapat menyebabkan kelelahan, kehilangan nafsu makan, perasaan nostalgia yang kuat, dan dalam beberapa kasus bisa memicu depresi.

Secara umum, post-holiday blues akan hilang seiring berjalannya waktu. Biasanya diperlukan waktu beberapa hari, namun dalam kasus ekstrem, suasana hati bisa bertahan selama beberapa minggu sebelum hilang.

Cara yang lebih cepat untuk mengatasi kesedihan pasca liburan adalah dengan berbagi pengalaman dengan keluarga dan teman atau melihat foto dan souvenir. Beberapa orang mungkin merasa nyaman dengan menghidupkan kembali pengalaman liburan mereka.

Mengatasi kesedihan pasca liburan melatih untuk menjaga konsistensi dalam rutinitas sehari-hari dan melatih kesadaran. Jadwal teratur dengan aktivitas perawatan diri, seperti olahraga dan meditasi, dapat memperpanjang dampak positif liburan. Selain itu, perhatian penuh yang fokus pada waktu saat ini dapat mengurangi stres.

Tips Back to Work Setelah Libur Panjang

freepik/tirachardz
Foto : freepik/tirachardz

Berikut ini adalah beberapa tips back to work setelah libur panjang yang cocok untuk dicoba agar kita terhindar dari post-holiday blues yang mengintai dan dapat menjalankan aktivitas seahri-hari dengan normal tanpa rasa stres.

1. Pertahankan rutinitas

Seperti dikutip dari artikel Health News, usahakan sebisa mungkin tetap pada jadwal tidur dan olahraga yang biasa kamu lakukan. Hal ini dapat membantu membangun rasa stabilitas dan keadaan normal pada saat seseorang mungkin merasa bingung. Ini juga dapat meningkatkan tingkat energi dan suasana hati.

2. Tetap aktif

Lakukan aktivitas fisik, baik berolahraga di gym, berjalan-jalan di taman, atau aktivitas rekreasi yang menyenangkan.

3. Terhubung dengan teman dan keluarga

Menjalin ikatan dengan teman dan keluarga hanya dengan bertemu langsung atau melalui panggilan telepon atau video dapat memberikan kenyamanan dan dukungan, serta membantu meningkatkan suasana hatimu. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan hobi bersama mereka juga dapat memberikan tujuan dan membantu memecahkan kehidupan sehari-hari yang monoton.

4. Jaga dirimu

Meluangkan waktu untuk bersantai dan melakukan hal-hal yang membuatmu bahagia dapat membantumu merasa lebih baik, seperti membaca buku, mandi busa, atau melakukan hobi favorit. Melatih mindfulness dan meditasi juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan perasaan tenang dan kedamaian batin.

5. Kurangi makanan yang tidak sehat

Mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan makanan cepat saji dapat menyebabkan perasaan lelah, bersalah, dan kesehatan yang buruk. Sebaliknya, fokuslah pada makan makanan yang sehat, seimbang, dan tetap terhidrasi.

6. Bersikap baik kepada diri sendiri

Merasa sedih setelah liburan adalah hal yang wajar, namun penting untuk diingat untuk bersikap baik dan penuh kasih sayang kepada diri sendiri selama masa liburan. Jangan menyalahkan diri sendiri karena merasa sedih setelah liburan.

7. Merapikan meja kerja

Meski terdengar sepele, merapikan meja kerja dan ruang kerja berdampak pada mood kita dalam bekerja. Jika ruangan dan meja rapi, secara otomatis motivasi bekerja akan kembali meningkat.

8. Menyiapkan outfit yang disukai

Kembali menjalankan rutinitas setelah libur panjang memang tidak mudah. Kita perlu menyesuaikan diri dengan pace kehidupan kita yang santai untuk kembali back on track. Penggunaan outfit yang kamu suka bisa menambah motivasimu dalam bekerja dan menjalankan aktivitas seperti sedia kala.

Sulitnya meningkatkan motivasi setelah libur panjang adalah hal yang wajar. Tapi, kita tetap harus berkewajiban kembali menumbuhkan semangat untuk bekerja dan melakukan hal produktif lainnya agar tidak terlalu larut dalam perasaan sedih. Demikianlah tips back to work setelah libur panjang. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait