img_title
Foto : Instagram @coachella

IntipSeleb – Coachella pekan pertama telah berakhir dan pekan kedua akan segera dimulai. Seperti biasanya, Festival musik dan seni Coachella Valley akan menampilkan musik yang menggelegar.

Coachella bisa dibilang telah menjadi festival musik tahunan paling ikonik di Amerika Utara, mengambil contoh dari Lollapalooza pada awal abad ini.

Peristiwa tersebut seolah-olah telah melewati beberapa tahapan masa remaja hanya dalam waktu beberapa tahun saja. Dari kebisingan yang merobek-robek gitar hingga benteng indie cool, melalui fase clubbing sepanjang hari, hingga mencapai titik puncak kedewasaan yang berdiri saat ini. kini mereka membayarnya dengan melakukan hal-hal yang mungkin membuat Coachella muda terguncang.

Selain menjadi tempat nongkrong musik nomor satu untuk kencan artis, Coachella kini telah menjadi pertunjukan terbesar di kota. Artis besar mana pun yang sedang melakukan tur pasti akan melirik lembah California yang terpanggang matahari ini, dan bertanya-tanya apakah masih ada berita utama yang tersisa.

Masih banyak pertanyaan yang harus dijawab tentang Coachella 2024. Tanpa basa-basi lagi, berikut ini sederet fakta Coachella 2024 yang perlu kamu ketahui dirangkum dari Farout Magazine.

Apa Itu Coachella?

Festival Musik dan Seni Coachella Valley resmi berusia 25 tahun pada tahun ini. Hal ini membuat iterasinya pada tahun 2024 menjadi sangat istimewa.

Festival ini terinspirasi oleh pertunjukan yang dimainkan Pearl Jam di situsnya pada tahun 1993. Promotor band pada saat itu, Goldenvoice, telah memesan tempat tersebut dan menyadari bahwa tempat tersebut mungkin berfungsi sebagai tempat yang relatif murah untuk mengadakan festival musik baru.

Pada bulan Oktober 1999, festival ini memulai debutnya dengan barisan indie yang dipimpin oleh Rage Against the Machine, Tool dan Beck. Festival ini terus dipandang sebagai festival musik “alternatif” bahkan setelah penampilan Coldplay dan Madonna di pertengahan tahun sembilan puluhan. Coachella juga menjadi tempat pertunjukan “hologram” Tupac yang terkenal selama pertunjukan bersama oleh Snoop Dogg dan Dr Dre.

Namun, sejak tahun 2017, seperti banyak festival musik populer di seluruh dunia, Coachella telah menyaksikan slot headline-nya diambil alih oleh beberapa artis pop terbesar di dunia hampir setiap tahunnya. Formasi tahun 2023 menampilkan bintang reggaeton Bad Bunny dan girl grup K-pop Blackpink menjadi headline bersama Blink-182 yang baru direformasi.

Di Mana Lokasi Coachella?

Coachella berlangsung di tempat yang sama, di dalam lembah tempat asal nama Coachella. Lebih spesifiknya, venue tersebut adalah Empire Polo Club di Indio, California. Indio, sebuah kota di Lembah Coachella, terletak di wilayah Kekaisaran Pedalaman di Golden State, di pinggiran Gurun Colorado.

Iklim ini menyebabkan suhu di festival bisa mencapai di atas 40 derajat celcius pada siang hari. Namun suhunya juga turun hingga enam derajat celcius di malam hari. Jadi yang terbaik adalah membawa pakaian untuk cuaca panas dan dingin ke festival dan memeriksa ramalan cuaca sebelum pergi ke sana.

Kapan Coachella 2024?

Coachella sekarang berlangsung setiap tahun selama dua akhir pekan di bulan April. Pada saat-saat seperti ini, panas Gurun Colorado tidak terlalu menyengat di siang hari, sedangkan suhu tetap di atas nol pada malam hari. Dengan cara ini, festival ini juga telah mengukir posisinya dalam kalender festival sebelum sebagian besar festival besar Amerika Utara dan Eropa lainnya berlangsung di musim panas.

Coachella 2024 berlangsung dari Jumat, 12 April hingga Minggu, 14 April dan Jumat, 19 April hingga Minggu, 21 April.

Setiap babak dipesan untuk tampil dua kali selama dua akhir pekan berturut-turut, pada hari yang sama dalam seminggu setiap kali. Jadi semua aksi yang dilakukan pada hari Jumat tanggal 12 juga dilakukan pada hari Jumat tanggal 19, dan seterusnya.

Siapa yang Ada di Lineup Coachella 2024?

Nama-nama besar yang menduduki puncak perhatian di Coachella tahun ini adalah headliner Lana Del Rey – untuk mengantisipasi album mendatangnya Lasso – Tyler, The Creator dan Doja Cat. Dan jangan lupakan perintis Britpop Blur atau sesama legenda tahun sembilan puluhan No Doubt – yang melakukan reformasi khusus untuk pertunjukan tersebut.

Di bagian bawah daftar, ada pemain revivalis disko Jungle, rapper Ice Spice, bintang alt-metal Deftones, bintang grime Skepta, duo electro-house asal Prancis Justice, dan indie-popper New York The Drums, dan masih banyak lagi.

Jam Berapa Coachella Dimulai?

Situs festival Coachella dibuka sekitar pukul 11.00 waktu setempat pada setiap hari festival, dengan musik dimulai satu jam kemudian pada pukul 12.00.

Penampil yang lebih tinggi akan tampil di kemudian hari, sebelum headliner naik ke panggung di malam hari, biasanya pada pukul 22.00 atau 23.00. Festival kemudian berakhir pada pukul 01.00.

Berapa Lama Festival Coachella?

Tiga hari, kira-kira 14 jam sehari, termasuk lebih dari 12 jam musik, datang dan pergi kapan saja. Dilarang keluar masuk (kecuali tamu camping).

Coachella berlangsung selama total enam hari, mencakup dua minggu dalam kalender. Namun setiap pengunjung festival hadir maksimal tiga hari, memilih akhir pekan pertama atau kedua untuk hadir.

Situs festival utama buka sekitar 14 jam sehari, dengan lebih dari 12 jam pertunjukan musik dan pameran seni. Namun ada juga area berkemah di mana kamu bisa membeli tempat jika ingin menginap di festival.

Catatan: Hanya peserta perkemahan yang diizinkan kembali ke festival untuk kedua kalinya pada hari yang sama setelah mereka keluar.

Berapa Harga Tiket Coachella?

Tiket masuk ke festival musik itu sendiri dipisahkan menjadi tiga tingkatan harga yang memungkinkan kamu mengakses ruang dalam jarak yang berbeda-beda dengan panggung pertunjukan.

Tiket masuk akhir pekan minggu ke-2 berkisar dari $619 hingga $719, tergantung pada tingkatannya. Kamu juga bisa mendapatkan tiket VIP hingga $1.269. Biaya pemrosesan tiket tidak termasuk dalam semua daftar harga.

Ada juga berbagai jenis tiket berkemah, bundel, dan tambahan yang dapat Anda beli, mulai dari loker seharga $79 hingga pengalaman berkemah safari untuk dua orang seharga lebih dari $11,000.

Jika kamu masih benar-benar ingin mencoba dan mendapatkan tiket Minggu 1, kamu dapat membayar $20 untuk bergabung dengan Daftar Tunggu resmi festival Coachella dengan harapan mendapatkan satu atau dua tiket pengembalian.

Nah, itulah sederet fakta-fakta Coachella 2024 yang perlu kamu ketahui. Sebagai informasi pekan kedua Coachella 2024 akan dimulai pada 19 April 2024 mendatang.

Topik Terkait