img_title
Foto : Instagram

IntipSeleb – Solo menjadi destinasi baru terfavorit untuk wisata dan jelajah kuliner. Jika kamu sedang atau hendak berkunjung ke kota budaya tersebut, rugi jika kamu tidak mencicipi kulinernya yang kaya, termasuk kopi-kopian. Maka dari itu, kami menyediakan rekomendasi cafe hidden gems di Solo yang bisa kamu coba.

Disebut sebagai cafe hidden gems karena biasanya letaknya tersembunyi dan jika kita hendak menikmati sajiannya, kita harus rela masuk gang alias blusukan atau mencarinya gingga tempat-tempat terpencil. Menarik sekali kan?

Banyak cafe di Solo yang lokasinya berada di dalam gang dan tersembunyi, tapi mungkin tidak semuanya menyajikan makanan yang lezat dan bikin nagih. Karena itu, kami akan merekomendasikan cafe yang letaknya cukup tersembunyi namun punya citra yang baik dan menjual kopi dan makanan pendampingnya yang menggugah selera.

Penasaran? Yuk simak sederet rekomendasi cafe hidden gems di Solo yang wajib banget kamu coba jika berkunjung ke kota budaya ini!

Kaledupa Solo

Saking hidden gems-nya, kamu mungkin tidak akan menyadari plang di jalan masuk gang Kaledupa. Ya, rekomendasi cafe hidden gems di Solo yang pertama ini memang berlokasi di dalam gang kecil.

Ketika memasuki gang, kamu akan melihat deretan meja dan kursi tertata rapi di sepanjang gang kecil yang hanya bisa dilewati satu motor. Kaledupa memang menempati sepanjang gang dan sebuah bangunan bekas gudang yang disulap dengan apik.

Bangunan Kaledupa dulunya merupakan gudang tempat menyimpan cap batik dan perlengkapan konveksi batik selama dua tahun. Tanah di gang tersebut termasuk bangunan Kaledupa merupakan milik keluarga pemilik Kaledupa.

Kaledupa resmi berdiri pada April 2022 dan buka setiap hari pukul 15.00 hingga 00.00 WIB. Tidak ada parkir tersedia saat pagi hingga siang hari, sehingga lahan parkir yang biasa digunakan adalah halaman pabrik percetakan.

Nah, jika kamu mencari cafe di Solo untuk nongkring cantik bersama dengan teman, Kaledupa cocok banget untuk dijadikan sebagai tujuan. Kamu bisa langsung mengunjungi kafe ini di Jalan Parang Klitik III, Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Kafe ini berjarak sekitar 1,5 kilometer dari Stasiun Purwosari. Harga makanan dan minuman di Kaledupa mulai dari Rp10 ribu hingga Rp25 ribu saja.

Saudagar Laweyan

Jika kamu mencari rekomendasi cafe hidden gems di Solo yang memberikan suasana yang tidak biasa, maka Saudagar Laweyan adalah jawabannya. Layak disebut hidden gems, cafe di Solo ini terletak di pertengahan pemukiman warga di Laweyan, Solo.

Cafe Saudagar Laweyan ini mempunyai konsep bangunan yang unik. Dengan konsep kolonial art deco, kafe ini didominasi dengan warna putih lengkap dengan tegel yang makin bikin suasana bangunannya yang vintage.

Jika kamu memilih indoor, maka kamu akan dibuat sedang wisata masa lalu ke zaman kolonial. Sedangkan jika kamu memilih outdoor atau di area taman, kamu akan disuguhi pemandangan lampu-lampu kecil yang menerangi. Di bagian taman ada panggung kecil yang biasa digunakan untuk live music. Jadi nggak bakal boring deh kalau nongkrong di sini.

Ada beragam menu yang dijual di Saudagar Laweyan, mulai dari menu-menu lokal hingga menu internasional lainnya. Nggak cuma kopi-kopian, kamu juga bisa menyantap gelato, lho.

Jika kamu penasaran dan ingin mengunjungi cafe ini, langsung saja datang ke tempatnya yang berlokasi di Jalan Gondosuli Nomor 125, Kecamatan Laweyan, Solo.

Hippusuta

Rekomendasi cafe hidden gems di Solo selanjutnya adalah Hippusuta. Kafe yang mengusung konsep Japanese bohemian style ini cocok banget buat kaum milenial yang menyukai gaya hipster dengan gaya Jepang. Kafe ini banyak menggunakan instrumen kayu sebagai aksesoris dan dekorasinya.

Ada berbagai macam minuman yang tersedia di kafe ini, seperti kopi, matcha, teh hingga minuman susu. Tapi, salah satu daya tarik dan ciri khas dari Hippusuta adalah nuansa kafe Jepang yang cukup simpel dan minimalis ditambah dengan pencahayaan alami yang bisa menambah suasana semakin artistik dan estetik.

Nah, kalau kamu tertarik untuk mengunjungi kafe ini, langsung saja kunjungi tempatnya di Jalan S. Parman No. 2, Madegondo, Solo Baru. Kafe ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 20.15 WIB dan harga yang dipatok mulai dari Rp10 ribu saja.

Tenda Daun

Rekomendasi cafe hidden gems di Solo selanjutnya adalah Tenda Daun. Cafe hidden gems yang satu ini sangat unik karena mengusung konsep pepohonan asri. Lokasi cafe ini terletak di tengah perkotaan yang padat penduduk. Jika kamu datang ke sini, mungkin kamu akan agak kesulitan karena letaknya yang berada di pemukiman warga.

Kafe ini menyuguhkan suasana yang asri dan memiliki spot foto yang estetik sehingga menjadi favorit anak muda yang berkunjung. Ada banyak tanaman hias dan pepohonan yang menjadi dekorasi dan ciri khas dari kafe ini.

Jika penasaran, lebih baik kamu langsung mendatangi kafe ini yang berlokasi di Jalan Kahuripan Timur 3 No.19, Sumber, Kec. Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Kafe ini buka mulai pukul 11.00 – 00.00 WIB.

Kopine Tjap Nyah Lemu

Jika kamu ingin merasakan pengalaman ngopi dengan suasana Jawa yang kental, maka Kopine Tjap Nyah Lemu adalah jawabannya. Suasana yang ditawarkan oleh kafe ini akan membuat kamu terbayang-bayang dengan rumah atau orang tua yang jauh di kampung halaman.

Setiap sudut Kopine Tjap Nyah Lemu akan mengingatkan kamu pada kehangatan keluarga. Selain itu, minuman dan makanan di kafe ini juga akan bikin pengunjung gagal move on. Dijamin kamu bakal pengen datang lagi dan lagi!

Nah, itulah sederet rekomendasi cafe hidden gems di Solo yang mengusung konsep menarik dengan menu yang beragam yang wajib banget kamu kunjungi ketika berada di kota Solo.

Topik Terkait