img_title
Foto : Freepik/jigsawstocker

IntipSeleb – Dewasa ini, kesehatan mental menjadi isu di dunia kesehatan yang menuai banyak sorotan. Apalagi anak-anak muda banyak yang mengalami depresi. Publik pun semakin terbuka dengan pembicaraan terkait isu kesehatan mental, baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Sebetulnya, kita bisa menjaga kesehatan mental kita termasuk membantu mengurangi atau mengatasi depresi atau mencegah depresi selain mengolah psikologi kita agar tetap sehat, kita bisa dibantu dengan konsumsi herbal, lho. Penasaran? Yuk simak penjelasan soal manfaat kunyit untuk atasi depresi berikut ini!

Manfaat Kunyit

Ilustrasi - Pixabay
Foto : Ilustrasi - Pixabay

Nah melansir dari kanal YouTube Kata Dokter, terdapat jenis herbal yang bisa membantu mengatasi atau mengurangi depresi adalah herbal atau empon-empon dari genus curcuma, yakni kunyit, baik kunyit yang biasa ataupun kunyit putih.

“Penelitian dan hasil sistematik review terhadap penelitian-penelitian zat curcumin yang terkandung di dalam genus curcuma atau kunyit-kunyitan ternyata memang membantu untuk mengatasi depresi,” kata dr. Inggrid Tania, M.Si (Dokter Herbal) dikutip dari kanal YouTube Kata Dokter.

Melansir dari Lifestyle Asia, kunyit, yang secara ilmiah dikenal sebagai Curcuma longa, merupakan tanaman berbunga dari famili jahe. Selama berabad-abad, kunyit telah menjadi bahan pokok pengobatan Ayurveda, karena memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antimikroba.

Dengan sederet manfaat kunyit untuk kesehatan, tak dapat disangkal bahwa kunyit efektif atasi depresi. Tapi, perlu dicatat untuk tetap mengkonsultasikan kondisi kesehatan pada psikolog dan psikiater, ya.

Manfaat Susu Kunyit

Medical News Today
Foto : Medical News Today

Menurut dr. Inggrid, kita bisa menginkorporasikan kunyit dalam makanan atau minuman kita, misalnya dengan mengolahnya menjadi susu kunyit, di mana susu segar bisa dicampurkan dengan bubuk kunyit kering ataupun bisa kita tambahkan dengan kunyit segar yang diparut sebanyak satu sendok teh, kemudian diaduk dan diminum. Ramuan kunyit tersebut baik dikonsumsi pada malam hari sebelum tidur.

Ramuan susu kunyit telah diwariskan dari generasi ke generasi, bukan sekadar minuman yang menenangkan tetapi juga obat yang manjur. Berasal dari kebijaksanaan kuno Ayurveda, susu kunyit telah melampaui batas-batas budaya dan menjadi obat yang digunakan di seluruh dunia.

Selain mengatasi depresi, kunyit juga menyimpan sejumlah manfaat yang tak dapat dianggap remeh bagi kesehatan tubuh seperti:

1. Sifat anti-inflamasi

Salah satu senyawa bioaktif utama dalam kunyit adalah kurkumin, yang menunjukkan efek anti-inflamasi yang kuat. Konsumsi susu kunyit secara teratur dapat membantu meringankan penyakit terkait peradangan seperti radang sendi, nyeri sendi, dan penyakit radang usus.

2. Meningkatkan kekebalan

Susu kunyit kaya akan antioksidan yang meningkatkan pertahanan kekebalan tubuh. Ini membantu menangkal infeksi, mengurangi keparahan pilek dan flu, dan meningkatkan ketahanan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

3. Mendukung kesehatan pencernaan

Kombinasi kunyit dan susu hangat menenangkan saluran pencernaan, menjadikan susu kunyit sebagai obat yang efektif untuk gangguan pencernaan, kembung , dan rasa tidak nyaman pada lambung. Ini juga membantu dalam pengelolaan kondisi seperti sindrom iritasi usus besar (IBS).

4. Mempromosikan kesehatan jantung

Kurkumin dalam susu kunyit dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menghambat pembentukan bekuan darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Meningkatkan fungsi otak

Sifat neuroprotektif kurkumin mendukung fungsi kognitif dan dapat menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Konsumsi susu kunyit secara teratur diyakini dapat meningkatkan kejernihan mental dan retensi memori.

6. Mengurangi masalah pernafasan

Sifat anti-inflamasi dan antimikroba pada susu kunyit dapat meredakan penyakit pernapasan seperti asma, bronkitis, dan batuk. Kehangatannya yang menenangkan juga membantu meredakan iritasi tenggorokan.

7. Meningkatkan kesehatan kulit

Susu kunyit terkenal dengan manfaatnya yang menutrisi kulit. Ini membantu melawan jerawat, eksim, dan psoriasis karena sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Selain itu, konsumsi secara teratur dapat memberikan kilau alami pada kulit.

Resep Susu Kunyit

Susu kunyit, juga dikenal sebagai “susu emas” atau “haldi doodh” dalam bahasa Hindi, adalah minuman tradisional India yang dibuat dengan merebus susu dengan kunyit dan rempah-rempah aromatik lainnya.

Ramuan minuman tradisional ini dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam rutinitas harianmu. Berikut ini resep susu kunyit yang dapat kamu coba.

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir susu (susu atau nabati)
  • 1/2 sendok teh kunyit bubuk (atau akar kunyit segar, parut)
  • 1/4 sendok teh kayu manis bubuk (opsional)
  • 1/4 sendok teh jahe bubuk (opsional)
  • Sejumput lada hitam (meningkatkan bioavailabilitas kurkumin)

Cara membuat susu kunyit:

  1. Dalam panci kecil, panaskan susu dengan api sedang hingga mendidih perlahan.
  2. Tambahkan kunyit bubuk, kayu manis, jahe, dan lada hitam ke dalam susu.
  3. Aduk campuran terus menerus selama 2-3 menit, pastikan bumbu tercampur rata.
  4. Angkat panci dari atas api dan biarkan susu kunyit dingin selama satu atau dua menit.
  5. Saring susu untuk menghilangkan sisa bumbu jika diinginkan.
  6. Pemanis dengan madu atau sirup maple sesuai selera.
  7. Nikmati secangkir susu kunyit yang hangat dan menenangkan!

Nah, demikianlah manfaat kunyit efektif atasi depresi serta resep susu kunyit yang dapat dikonsumsi lantaran baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan simak artikel Kata Dokter lainnya, ya!

Topik Terkait