img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSelebTipes menjadi penyakit yang cukup umum di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, ini menjadikan banyak informasi yang kurang akurat tentang penyakit satu ini.

Bersama dr. Gammarida Magfirah dari Kata Dokter, Intip Seleb akan mengajak kamu belajar bersama tentang penyakit tipes agar kamu bisa lebih siap dan waspada terhadap ancaman kesehatan ini. Yuk di-scroll untuk informasi selengkapnya!

Apa Itu Penyakit Tipes?

Freepik/prostooleh
Foto : Freepik/prostooleh

Penyakit tipes atau typhoid fever adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh salmonella typhi. Penyebah penyakit tipes adalah karena fekal oral atau penularannya melalui makanan yang dihinggapi mungkin lalat atau vektor yang bawa penyakit salmonella typhi atau bakteri salmonella itu sendiri.

Lalu, dari mana asalnya bakteri tersebut? Bakteri ini berasal dari tinja atau feses seseorang yang sebelumnya sudah terinfeksi. Selain itu, ada faktor lain yang berkaitan dengan kebersihan.

Nah karena tadi paparan dari lalat, vektor yang hinggap di makanan atau mungkin langsung dari peralatan makan yang tercemar air yang tidak baik, tidak sehat,” ungkap dr. Gamma, dilansir dari YouTube Kata Dokter pada Rabu, 17 April 2024.

Topik Terkait