img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSeleb – Saipul Jamil klarifikasi soal candaanya soal kasus pencabulan dengan Ivan Gunawan. Mantan suami Dewi Perssik ini mengaku tidak sampai melakukan pelecehan seksual, tetapi hanya menghisap.

"Saya klarifikasi kenapa saya bilang penghisapan karena saya ingin menjelaskan bahwa saya tidak melakukan mohon maaf pencabulan yang sodomi atau apa. Saya cuman bilang 'heh saya itu cuman menghisap loh' begitu doang," ungkap Saipul Jamil dalam sebuah kesempatan.

Berbicara soal pelecehan, ternyata pelecehan memiliki banyak jenisnya. Melansir getimpactly, berikut ini jenis-jenis pelecehan:

1. Physical Harassment

pelecehan
Source: freepik

Ini yang paling gampang dikenali. Pelecehan fisik melibatkan serangan fisik, ancaman, atau kekerasan di tempat kerja. Contohnya kayak memukul, menendang, atau merusak barang dengan tujuan untuk mengintimidasi seseorang. Duh, serem banget!

2. Personal Harassment

pelecehan
source: freepik/storyset

Pernah dengar istilah bullying? Nah, kalau pelecehan yang ini sering disebut juga dengan bullying. Pelaku pelecehan jenis ini biasanya melancarkan komentar atau kritik yang menyinggung, mengintimidasi, dan berperilaku seenaknya sendiri yang bikin kamu down. Memang sih nggak ilegal, tapi efeknya bisa bikin kamu jadi susah kerja dan bete.

3. Discriminatory Harassment

pelecehan

source: freepik/storyset

Pelecehan ini biasanya menyerang orang-orang berdasarkan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, disabilitas, atau hal lainnya yang dilindungi undang-undang. Contohnya kayak hinaan ras, stereotip gender, intoleransi agama, dan diskriminasi terhadap disabilitas. Nggak banget, kan?

4. Psychological Harassment

pelecehan
source: freepik

Pernah nggak sih merasa direndahin terus, ide dianggap remeh, atau malah kerjaan kamu diambil seenaknya sama orang lain? Nah, itu namanya pelecehan psikologis. Ini bisa bikin kamu stres, mental terganggu, dan jadi nggak semangat kerja.

5. Verbal Abuse

pelecehan
source: freepik/syarifahbrit

Pelecehan verbal meliputi bentakan, makian, dan gestur yang kasar. Memang biasanya nggak ilegal, tapi kalau dibiarin dan nggak diselesaikan bisa bikin kamu tertekan.

6. Power Harassment

pelecehan
Source: freepik

Ini yang kudu hati-hati banget! Pelecehan ini terjadi kalau atasan kamu menyalahgunakan jabatannya untuk melecehkan kamu. Bisa dalam bentuk pelecehan seksual, psikologis, atau bahkan diskriminasi. Wah, bahaya banget!

7. Cyberbullying

pelecehan

Source: freepik

Sekarang jamannya teknologi, bully pun bisa dilakukan lewat dunia maya. Pelecehan online ini bisa berupa penyebaran rumor, ancaman, dan hal-hal nggak menyenangkan lainnya lewat email atau media sosial.

8. Retaliation Harassment

pelecehan
Source: freepik/krakenimages

Nggak disangka, melapor pelecehan malah bisa jadi bumerang. Pelecehan pembalasan terjadi kalau kamu malah dilecehin balik setelah kamu melapor. Ini bisa berupa pelecehan verbal, diskriminasi, atau bahkan fisik.

9. Sexual Harassment

pelecehan
source: freepik/pikisuperstar

Ini termasuk pelecehan yang paling sensitif. Pelecehan seksual melibatkan rayuan seksual yang nggak diinginkan, permintaan bantuan seksual, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan seks. Bisa berupa ucapan atau tindakan, dan termasuk juga ke dalam diskriminasi seksual.

10. Age-Based Harassment

pelecehan
Source: freepik/storyset

Pernah diejek karena tua atau dikerjain kayak anak kecil? Nah, itu namanya pelecehan berdasarkan umur. Biasanya sih dilecehin kayak gitu becandaan, tapi lama-lama bisa nyakitin juga lho.

11. Online Harassment

pelecehan
Source: freepik/8photo

Ini mirip kayak cyberbullying, tapi cakupan pelecehan online lebih luas. Selain bully, pelecehan online juga bisa berupa trolling (mengganggu orang lain di internet) atau hal negatif lainnya di dunia maya.

Perlu diingat, lingkungan yang aman dan nyaman itu penting banget. Walau begitu, belajar untuk saling menghargai juga sangat berarti demi mencegah adanya pelecehan. Kalau kamu mengalami pelecehan, jangan sungkan untuk meminta pertolongan atau bantuan, ya.

Topik Terkait