img_title
Foto : Freepik/ cookie_studio

IntipSeleb – Pernah nggak sih kamu merasakan sensari kulit tertarik atau kencang setelah mencuci muka? Mungkin kamu mengira bahwa sensasi kulit kencang setelah mencuci muka artinya wajah sudah bersih dari segala kotoran atau bekas riasan wajah.

Tapi apakah hal itu benar atau hanya mitos belaka? Yuk simak penjelasannya dalam fakta dan mitos tentang kecantikan yang sering disalahpahami bersama dr. Cynthia Jayanto, M.Biomed AAM dalam sesi Me Time By Kata Dokter berikut ini!

Fakta dan Mitos Tentang Kecantikan yang Sering Disalahpahami

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

1. Merokok membuat kulit cepat tua?

Fakta. Karena di dalam rokok itu terdapat nikotin. Nikotin menurut jurnal University of Birmingham bersifat fase konstruksi, yaitu mengecil, mengerut atau mengeriput. Jadi, apabila orang yang merokok pasti akan mempercepat penuaan pada kulit karena keriputnya akan lebih cepat terbentuk akibat nikotin yang bersifat fase konstruksi tersebut.

2. Steam uap rice cooker bermanfaat untuk kulit wajah?

Mitos. Karena steam uap tadi kan dari nasi atau beras itu tidak berfaedah secara langsung untuk kesehatan kulit. Karena uap itu terjadi dari airnya, tidak secara langsung itu bermanfaat untuk kulit karena tidak ada pembentukan apapun di situ.

3. Pasta gigi dapat menyembuhkan jerawat?

Mitos. Karena pasta gigi bukan obat. Fungsi pasta gigi adalah sebagai antiseptik. Biasanya di dalam pasta gigi terdapat kandungan triklosan, baking soda, alkol dan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida itu memang bisa menyembuhkan luka atau sebagai antiseptik luka. Tapi, bukan berarti pasta gigi dapat menyembuhkan jerawat, apalagi jerawat yang sangat aktif. Bahkan, pasta gigi bisa memberikan risiko iritasi pada kulit.

4. Menggunakan make up secara rutin membuat wajah lebih tua?

Fakta. Karena ketika menggunakan makeup setiap hari otomatis pori-pori akan tertutup. Pdahal pori-pori berfungsi untuk meregulasi oksigen secara normal. Ketika setiap hari kulit terkena bahan kimia yang terdapat di dalam make up otomatis akan mempercepat penuaan. Apalagi jika make up banyak mengandung oil. Sebab, oil atau minyak akan menutup lebih pekat di area pori-pori dan memberikan dampak penuaan yang lebih cepat.

5. Rasa kencang pada wajah setelah cuci muka artinya wajah sudah bersih?

Mitos. Karena dalam sabun ada namanya deterjen atau pembersih, jadi wajar jika terjadi rasa kencang. Rasa kencang yang dimaksud bukan efek antiaging melainkan reaksi kulit terhadap deterjen yang terkandung dalam sabun cuci muka.

Nah, itulah sederet fakta dan mitos tentang kulit wajah yang sering disalahpahami banyak orang menurut penjelasan di kanal YouTube Kata Dokter. Semoga bermanfaat, ya!

Topik Terkait