img_title
Foto : Berbagai Sumber

Magelang – Setelah sebelumnya membahas tentang 5 tempat wisata murah meriah di Magelang, kali ini IntipSeleb akan memberikan 5 rekomendasi kuliner khas Magelang yang wajib dicoba.

Selain kaya akan sejarah, Kota Magelang juga dikenal memiliki agrowisata dengan hamparan sayur dan buah yang tumbuh subur, sehingga bahan makanan yang dihasilkan tentunya segar dan berkualitas baik.

Jika berkunjung ke Magelang, jangan lewatkan ya untuk mencoba deretan kuliner khasnya berikut ini. Apa saja ya? Intip sama-sama yuk!

1. Soto Lesah

Magelang juga memiliki hidangan soto khas yang bernama soto lesah, dengan ciri khas kuah santan kental nan gurihnya serta isian tahu bacamnya.

Soto lesah turut disajikan dengan sayuran tauge, bihun, dan taburan bawang goreng. Jika suka pedas, jangan lupa untuk menambahkansambal yang akan semakin menambah lezat cita rasanya.

2. Kupat Tahu

Berkunjung ke Magelang tentu tidak lengkap rasanya jika kelewatan mencicipi kupat tahu. Makanan khas Magelang ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia karena umum dijual di luar Kota Magelang.

Kupat tahu berisikan campuran potongan tahu goreng, ketupat, sayuran dan bumbu kacang. Menu ini biasa dihidangkan untuk sarapan di pagi hari.

3. Sego Godog

Dalam bahasa Jawa, sego berarti nasi dan godog adalah rebus, sehingga sego godog dapat diartikan sebagai nasi yang dimasak dengan cara direbus.

Sego godog mirip dengan nasi goreng, hanya yang membedakan adalah adanya kuah nyemek dan sangat cocok disantap ketika udara dingin. Biasanya, sego godog dimasak dengan arang sehingga semakin mengeluarkan aroma lezatnya, serta dicampur dengan ayam kampung.

4. Senerek

Senerek merupakan sup khas Magelang yang menggunakan kacang merah sebagai isian utamanya, lalu dicampur beberapa sayuran lainnya.

Memiliki cita rasa kuah yang segar, senerek adalah kuliner peninggalan masa Kolonial Belanda dulu, dan sudah dimodifikasi dengan cita rasa khas masyarakat Magelang.

5. Sate dan Tongseng

Tongseng umum ditemui di area Yogyakarta dan sekitarnya, termasuk Magelang. Menu ini biasanya menggunakan daging sapi atau kambing yang dimasak dengan kuah yang manis gurih, serta adanya campuran sayuran seperti kubis. Menikmati tongseng juga bisa didampingi dengan sate.

Itu tadi deretan kuliner khas Magelang yang wajib dicoba.

Topik Terkait