img_title
Foto : Instagram/najwashihab

IntipSeleb —Umat muslim diingatkan untuk menerapkan hablumminallah hablumminannas, yaitu menjalin hubungan baik dengan Allah SWT dan sesama manusia.

Konsep work life balance mirip dengan hablum minallah hablum minannas. Beberapa waktu lalu, ulama ahli tafisr Alqur’an Quraish Shihab sempat memberikan nasihat tentang urusan dunia dan amalan akhirat yang harus seimbang. Intip yuk selengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

Menerapkan Work Life Balance Sambil Menimba Pahala

Instagram/creativestudionarasi
Foto : Instagram/creativestudionarasi

Tokoh agama Indonesia Quraish Shihab pernah memberikan nasihat terkait work life balance, yang mana jika seseorang bekerja maka hal tersebut tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan duniawi saja, namun juga akan menjadi tabuhan di akhirat karena niat baiknya.

"Kita harus bekerja di dunia ini untuk meraih kenikmatan duniawi ukhrawi," ujar Quraish Shihab saat hadir di acara Narasi bertajuk Work Life Balance Dalam Islam: Seimbang Pekerjaan dan Kehidupan, melansir dari YouTube Rans Entertainment, 20 April 2024.

Perlu juga diterapkan keseimbangan dalam menjalani hidup, sehingga bisa membagi waktu antara bekerja dan quality time bersama orang terkasih.

"Ingat, harus seimbang. Jangan sampai hanya memperhatikan pekerjaan tapi melupakan keluarga," lanjut Quraish Shihab.

Nafkah yang Dicari Suami Akan Menjadi Amalan di Akhirat

Instagram/najwashihab
Foto : Instagram/najwashihab

Pentingnya komunikasi antara keluarga, termasuk suami dan istri juga mejadi faktor berjalannya work life balance.

“Karena apa? Semua itu bentuk dari keseimbangan. Kalau dalam keluarga, itu sebuah kerja sama antara suami-istri. Dan itu bisa jadi amalan duniawi dan ukhrawi,” tutur Quraish Shihab.

“Saya beri contoh, Nabi pun membersihkan rumah. Padahal orang berkata itu tugas seorang istri. Tidak, itu namanya kerja sama. Tapi dalam keseimbangan, tugas pokok suami itu memberikan nafkah lahir dan batin istri. Sedangkan istri, mendukung suami dalam setiap kegiatannya yang positif," lanjutnya.

Dengan itu, work life balance bisa dengan mudah dilakukan dan memiliki banyak manfaat, diantaranya kebaikan duniawi dan di akhirat kelak.

Topik Terkait