img_title
Foto : Lifestyleasia

IntipSeleb – Jika kopi membuatmu gelisah, tidak bisa tidur tetapi atau mengalami gangguan lambung, namun kamu kesulitan untuk berhenti meminumnya, jangan takut, karena ada banyak alternatif minuman bebas kafein (yaitu bebas stimulan) di luar sana. Dan kabar baiknya adalah rasanya enak.

Kopi mungkin merupakan sarapan penting atau minuman favorit di pagi hari bagi banyak orang, tetapi menurut sebuah penelitian di Amerika, minum lebih dari empat cangkir sehari bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita dan meningkatkan risiko kardiovaskular. Hal ini juga dapat menyebabkan masalah tidur.

Jika kamu suka ngopi tapi nggak kuat dengan efek kafeinnya, mungkin ini saatnya untuk memeriksa beberapa alternatif minuman pengganti kopi yang bisa dicoba dilansir dari Lifestyleasia.

rawpixel.com/freepik.com
Foto : rawpixel.com/freepik.com

Teh Rooibos

Dengan warna oker dan rasa buahnya, minuman ini — juga dikenal sebagai teh redbush — merupakan teh herbal yang biasanya diolah dengan cara yang sama seperti teh hitam biasa. Selain mengandung antioksidan, rooibos tidak mengandung kafein maupun theine, menjadikannya pasangan yang sempurna bagi siapa pun yang ingin mengurangi konsumsi stimulan.

Kopi Chicory

Minuman yang sering dikaitkan dengan Prancis utara ini terbuat dari tanaman sawi putih atau lebih tepatnya akar cichorium intybus. Kemudian diolah seperti biji kopi. Setelah dikeringkan, dipanggang, kemudian digiling dan diberi rasa. Bubuk tersebut kemudian dicampur dengan air atau susu untuk diminum seperti kopi, namun tanpa kafein.

Barley Coffee

Inilah yang orang Italia sebut sebagai “caffè d'orzo” dan, seperti kopi sawi putih, minuman ini mulai dikenal selama Perang Dunia II sebagai pengganti kopi pada masa kekurangan dan penjatahan.

Rasanya yang sedikit pahit mengingatkan pada sepupunya yang mengandung kafein, dipadukan dengan sedikit kemiri atau roti panggang. Dapat diminum sebagai ramuan kopi instan dengan mencampurkan satu sendok teh dengan air. Jika tidak, bisa dibuat menggunakan pembuat kopi biasa.

Masala Chai

Minuman berbahan dasar teh ini memiliki rasa yang lembut dan pedas. Itu dibuat menggunakan teh hitam (sebaiknya Darjeeling), yang ditambahkan kapulaga, cengkeh dan kayu manis — dan terkadang bahkan jahe parut — sebelum diakhiri dengan sedikit susu.

Jangan lupa untuk menyaring ramuannya sebelum diminum. Minuman aromatik ini penuh dengan rasa, cukup membuatmu melupakan kopi lama yang membosankan.

Superlatte

Kamu pernah mendengar tentang latte dan smoothie, sekarang bersiaplah untuk mencicipi superlatte. Minuman campuran ini terbuat dari susu nabati (almond, kelapa, oat, beras) yang dicampur dengan buah, sayuran, dan rempah-rempah. Tambahkan sesendok madu atau sirup agave untuk mempermanis rasanya.

Nah, itulah sederet daftar alternatif minuman pengganti kopi yang bisa kamu coba untuk dinikmati di pagi dan malam hari dan tentunya bebas kafein. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait