img_title
Foto : Pexels/Hải Nguyễn

IntipSelebDemam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang perlu diperhatikan karena seringkali menyerang tanpa disadari. Untuk itu, kita harus melakukan pencegahan yang tepat sebelum terjangkit penyakit satu ini.

Bersama dr. Gammarida Magfirah di Kata Dokter, Intip Seleb akan mengajakmu untuk belajar memahami gejala DBD dan cara pengobatannya agar dapat lebih siap dan waspada dalam menghadapi penyakit ini. Simak dan jangan lupa di-scroll ya!

Gejala DBD

Ilustrasi - Pixabay
Foto : Ilustrasi - Pixabay

Inselicious, demam berdarah dengue (DBD) adalah suatu kondisi di mana seseorang terinfeksi virus dengue. Virus ini berasal dari nyamuk Aedes aegypti, yang sebelum menggigit seseorang yang terjangkit demam berdarah kemudian menggigit orang lain sehingga virus itu menular.

Pada saat seseorang digigit oleh nyamuk Aedes aegypti, virus dengue tersebut masuk ke dalam peredaran darah, mengganggu sistem imun, dan menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga cairan bisa keluar.

Setiap orang sebenarnya bisa terkena demam berdarah, tidak hanya anak-anak, remaja, dewasa, atau lansia. Namun, ada beberapa hal yang bisa membuat seseorang lebih rentan terkena, seperti faktor geografis daerah tinggalnya.

Topik Terkait