img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSeleb – Walaupun Jakarta disebut sebagai kota metropolitan yang hectic, masih ada banyak tempat piknik di Jakarta yang bisa dikunjungi untuk bersantai dan menjernihkan pikiran bersama dengan orang-orang tersayang.

Piknik di Jakarta bersama dengan keluarga dan teman-teman tersayang memang bisa menjadi salah satu alternatif healing di tengah kesibukan, namun hanya memerlukan budget yang terbatas.

Berbagai fasilitas umum dan taman kota di Jakarta menawarkan ruang terbuka yang nyaman untuk bersantai, bermain, olahraga dan piknik. Tentu tempat-tempat piknik ini bisa dimanfaatkan menjadi alternatif liburan yang murah dan menghibur.

Nah, buat kamu sobat ibukota yang bingung mau piknik di mana, jangan khawatir! Sebab ada banyak tempat piknik di Jakarta yang gratis dan bisa kamu kunjungi untuk bersantai dan melepas penat. Yuk langsung aja simak rekomendasinya berikut ini!

Monas

Pinterest
Foto : Pinterest

Salah satu rekomendasi tempat piknik di Jakarta yang cocok untuk melepas penat adalah Monumen Nasional atau Monas. Sebagai ikon kota Jakarta, Monas menawarkan berbagai aktivitas seru bagi masyarakat.

Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan di Monas adalah piknik sambil duduk di atas tikar. Monas bukan hanya sekadar tempat piknik populer, tapi juga salah satu open space terbesar di Jakarta.

Selain itu, pengunjung juga bisa menjelajahi museum yang terletak di dalam kompleks Monas atau naik ke puncak Monas untuk menikmati pemandangan indah kota Jakarta dari ketinggian.

Jadi, kalau kamu mencari tempat piknik di Jakarta yang nyaman untuk menikmati keindahan kota ini, Monas bisa banget jadi pilihan yang tepat.

Pantai Pasir Putih PIK 2

Gmaps/Faruq Erfianto
Foto : Gmaps/Faruq Erfianto

Kalau kamu mencari tempat piknik di Jakarta, Pantai Pasir Putih di Pantai Kapuk 2 atau PIK 2. Tempat yang satu ini menawarkan pengalaman yang menyenangkan, di mana pengunjung bisa bersantai sembari menikmati pemandangan pantai yang memanjakan mata.

Hamparan pasir putih di sekitar pantai akan menambah kenyamanan dan membuat pengunjung semakin betah. Pantai ini menjadi pilihan ideal untuk melepaskan diri sejenak dari rutinitas harian yang sibuk.

Kalau kamu menginginkan suasana yang lebih tenang, kamu mungkin bisa menikmati keindahan matahari terbenam yang memukau di sini yang nggak kalah cantik dari sunset di pantai Bali.

Tebet Eco Park

Instagram/ @manualjakarta
Foto : Instagram/ @manualjakarta

Tebet Eco Park merupakan salah satu rekomendasi tempat piknik di Jakarta yang ramah bagi semua kalangan, baik dewasa hingga anak-anak.

Taman yang luasnya sekitar 7 hektar tersebut terbagi menjadi dua bagian, yaitu isi utara dan selatan. Di dalamnya terdapat berbagai taman tematik dan playground yang sangat cocok untuk anak-anak.

Salah satu daya tarik dari Tebet Eco Park adalah jembatan oranye ikonik yang menghubungkan sisi utara dan selatan taman. Jembatan ini tak hanya fungsional, tetapi juga menjadi salah satu spot foto yang instagramable.

Taman Suropati

Instagram/@tamanhutandki
Foto : Instagram/@tamanhutandki

Taman Suropati merupakan salah satu taman di Jakarta yang cocok buat piknik. Berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, taman ini bisa memberikan suasana yang sejuk berkat pepohonan yang besar dan rindang.

Taman Suropati dilengkapi dengan air mancur dan gazebo yang mempercantik pemandangan. Suasananya yang sejuk dan nyaman juga menjadikan taman ini tempat yang cocok buat bersantai dan menikmati waktu luang.

Selain menjadi tempat piknik di Jakarta yang menyenangkan, Taman Suropati juga dikenal dengan banyaknya tempat jajan yang menawarkan makanan khas Betawi tradisional.

Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng menyediakan tempat piknik di Jakarta yang terdapat banyak pohon rindang yang dapat menciptakan suasana yang nyaman dan asri. Anak-anak pasti akan senang bermain di area terbuka yang luas.

Lapangan Banteng juga dilengkapi dengan taman bunga yang instagramable dan tugu dengan kutipan tulisan dari tokoh-tokoh nasional. Keberadaan elemen-elemen ini menambah daya tarik visual dan kesan sejarah di tempat ini.

Udara di sekitar Lapangan Banteng juga sejuk sehingga nyaman untuk bersantai. Dengan suasana yang menyenangkan dan beragam fasilitas yang tersedia, Lapangan Banteng menjadi pilihan yang bagus untuk menghabiskan waktu.

Taman Menteng Jakarta

gmaps/Senoyadi Hanif
Foto : gmaps/Senoyadi Hanif

Kalau kamu mencari taman di Jakarta yang banyak terdapat spot foto instagramable dan cocok buat piknik, Taman Menteng adalah pilihan yang tepat. Taman ini dikenal memiliki penataan yang rapi dan cantik. Ada jalur setapak yang diperuntukkan bagi pejalan kaki saat menikmati pemandangan.

Salah satu spot foto yang populer di Taman Menteng adalah rumah kaca. Area sekitar rumah kaca ini juga bisa dijadikan sebagai tempat atau menjadi tempat yang tepat untuk mengambil foto yang menarik.

Taman ini juga sangat sejuk karena terdapat banyak tumbuhan, menciptakan suasana yang cocok untuk santai dan melepas penat. Taman Menteng menjadi tempat piknik yang menarik untuk dikunjungi.

Taman Piknik Satria Mandala

berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

Jika kamu ingin piknik tapi nggak mau repot membawa tikar dan makanan sendiri, maka kamu bisa mengunjungi Taman Piknik Satria Mandala. Taman ini terletak di halaman Museum Satria Mandala, sebuah museum yang menampilkan alat tempur TNI Indonesia.

Salah satu keunggulan dari taman ini adalah terdapat layanan sewa tikar, sehingga kamu bisa piknik tanpa harus repot membawa tikar sendiri. Desain taman ini memang dikhususkan untuk tempat piknik dan area untuk wisata kuliner lokal.

Di sekitaran taman, terdapat banyak UMKM yang menawarkan makanan lokal yang bisa dinikmati. Selain itu, ada banyak produk lokal seperti batik dan tas yang bisa menjadi oleh-oleh menarik setelah piknik di sana.

Taman Tabebuya

Instagram/alfiah nur alkahfi
Foto : Instagram/alfiah nur alkahfi

Taman Tabebuya merupakan salah satu tempat piknik di Jakarta yang berlokasi di Jalan Muhamad Kafi No. 1, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Taman ini dikenal karena terdapat banyak bunga terompet emas atau tabebuya yang mempercantik suasana taman.

Pepohonan rindang di sekitar taman juga menambah kenyamanan dan memberikan tempat yang ideal untuk piknik sembari menikmati udara segar di tengah hiruk pikuk Jakarta. Di sini juga tersedia gazebo dan perpustakaan mini yang bisa dimanfaatkan.

Hutan Kota GBK

Google Maps/Hutan Kota by Plataran
Foto : Google Maps/Hutan Kota by Plataran

Hutan Kota GBK merupakan salah satu tempat piknik di Jakarta yang terjaga keasriannya yang berada di kawasan Gelora Bung Karno. Taman ini sangat cocok untuk piknik bersama anak-anak, karena areanya yang luas memberikan kebebasan untuk bermain.

Terdapat banyak kios makanan dan minuman yang menyajikan berbagai pilihan. Dengan suasana yang hijau dan fasilitas yang lengkap, hutan kota GBK menjadi tempat piknik di Jakarta yang direkomendasikan.

Topik Terkait