img_title
Foto : Lifestyleasia

IntipSeleb – Pernah nggak sih kamu mendengar seseorang mengatakan bahwa sebuah zodiak sudah tentu memiliki sifat tertentu dan hal tersebut digeneralisasi? Bagi yang belum tahu, itu namanya stereotip zodiak.

Di kalangan masyarakat, beredar anggapan soal stereotip masing-masing zodiak yang didasarkan pada ilmu astrologi dan menjadikannya sebagai bahan obrolan dan humor di media sosial, bahkan tak sedikit yang menjadikan hal itu sebagai patokan dalam menilai seseorang.

Padahal, perilaku dan karakteristik manusia sangatlah beragam dan tidak bisa digeneralisasi. Jadi, yuk kita bahas stereotip masing-masing zodiak dan bagaimana sebaiknya kita menyikapi hal tersebut dilansir dari Lifestyleasia.

Aries (21 Maret – 19 April)

freepik.com
Foto : freepik.com

Stereotip: Kurang ajar dan agresif

Zodiak pertama memiliki reputasi memiliki kemarahan yang membara, ledakan impulsif, dan ketegasan yang tertanam dalam kepribadiannya. Tanda utama yang dilambangkan dengan domba jantan ini bernaung di planet Mars, yang diasosiasikan dengan semangat, kepemimpinan, dan dorongan. Kesabaran mereka sedikit berkurang, dan karenanya, mudah bergejolak.

Meski begitu, mereka segera kembali ke diri mereka yang normal dan sering kali senang berada di dekat mereka. Eksperimental dan penuh gairah, tidak pernah ada momen membosankan di sekitar 'bayi zodiak'. Oleh karena itu, daripada menyebut mereka pemarah atau agresif, lebih baik mendeskripsikan mereka sebagai orang yang penuh gairah dan suka bermain.

Taurus (20 April – 20 Mei)

freepik.com
Foto : freepik.com

Stereotip: Keras kepala dan malas

Tanda bumi tetap ini adalah salah satu tanda paling stabil yang berakar pada realitas dan dunia material. Mereka suka memanjakan diri dengan semua kenyamanan duniawi dan sangat menghargai waktu senggang mereka. Taurus dilambangkan dengan lambang banteng surgawi. Sesuai dengan kualitas hewan ini, mereka dikenal memiliki kekuatan mental dan stamina fisik yang hebat, itulah sebabnya mereka dikenal dapat diandalkan dan tabah.

Orang Taurea tetap setia pada keyakinan mereka sendiri yang dapat dianggap negatif sebagai keras kepala. Mereka juga menghargai keseimbangan kehidupan kerja dan meskipun merupakan pekerja yang efisien, mereka tidak akan memaksakan diri jika tidak perlu. Kualitas ini membuat mereka efisien, tidak malas.

Gemini (21 Mei – 20 Juni)

freepik.com
Foto : freepik.com

Stereotip: Munafik dan bermuka dua

Reputasi mereka mendahului mereka. Tanda udara yang bisa berubah ini dilambangkan dengan lambang Si Kembar dan sering dituduh bermuka dua. Mereka juga mempunyai banyak proyek yang dikerjakan sekaligus dan selalu sibuk dengan kegiatan sosial, yang mungkin berkontribusi pada kepribadian mereka yang dianggap eksentrik. Namun menarik untuk dicatat bahwa karena Gemini dikuasai oleh Merkurius – planet komunikasi – mereka hebat dalam menjaga hubungan dengan orang-orang pada umumnya. Zodiak udara yang cerdas ini pada dasarnya memiliki rasa ingin tahu dan suka memiliki pilihan. Mereka selalu terbuka terhadap ide-ide baru.

Oleh karena itu, alih-alih distereotipkan sebagai orang yang bermuka dua, mereka lebih suka disebut sebagai pemikir cepat yang mudah beradaptasi dan menerima perubahan dengan mudah.

Cancer (21 Juni – 22 Juli)

freepik.com
Foto : freepik.com

Stereotip: Sangat sensitif dan pemurung

Tanda air dengan kepiting sebagai lambangnya dikenal karena kedalaman emosi dan kemampuannya untuk merasakan sesuatu secara intens. Seperti kepiting, mereka juga diketahui akan mundur ke dalam cangkangnya jika situasi menjadi sangat sulit. Oleh karena itu, mereka dicap sebagai orang yang pemurung. Namun, dari sudut pandang mereka, ini adalah tindakan untuk mempertahankan diri. Selain itu, kerentanan mereka membuat mereka berempati dan baik terhadap orang lain. Meskipun dianggap sebagai 'orang yang suka menangis', mereka menunjukkan kekuatan mental dan perhatian yang besar terhadap orang lain.

Leo (23 Juli – 22 Agustus)

freepik.com
Foto : freepik.com

Stereotip: Caper dan egois

Leo, dilambangkan dengan singa, bernaung di bawah Matahari dan merupakan tanda api tetap. Meskipun mereka dikenal sangat menawan dan memberi, seorang Leo juga dituduh sebagai ratu drama yang memanjakan diri sendiri. Karena memancarkan energi hangat, secara alami hal ini menarik orang ke arahnya, menjadikan mereka pusat perhatian di ruangan mana pun.

Mereka juga dikenal sangat setia dan akan berusaha lebih keras untuk orang yang mereka cintai. Pancaran cahayanya cukup membuat orang mengikutinya.

Virgo (23 Agustus – 22 September)

freepik.com
Foto : freepik.com

Stereotip: Rewel dan kritis

Zodiak bumi yang bisa berubah ini juga bernaung di planet Merkurius dan dikenal berorientasi pada detail. Standar hidup mereka yang ketat menjadikan mereka perfeksionis di antara semua zodiak. Atribut-atribut ini mungkin membuat mereka kritis bahkan terhadap orang yang mereka cintai dan tidak bisa memaafkannya. Namun aspek penting yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa mereka datang dari tempat yang baik dan hanya mencari perbaikan dan pertumbuhan untuk orang lain dan diri mereka sendiri.

Libra (23 September – 22 Oktober)

freepik.com
Foto : freepik.com

Stereotip: Ragu-ragu dan diplomatis

Tanda udara ini dilambangkan dengan timbangan dan dikenal selalu menyeimbangkan semua sisi dalam menjalani kehidupannya. Juga dikenal sebagai orang yang suka menyenangkan orang lain, mereka mendambakan keseimbangan. Oleh karena itu, mereka tidak mengambil keputusan cepat tanpa mempertimbangkan semua faktor dengan cermat. Karena mereka ingin membuat semua orang bahagia, mereka mungkin juga terlihat diplomatis.

Jika kita melihat secara positif kualitas-kualitas ini, Libra adalah orang-orang yang cukup menawan dan berkepala dingin.

Scorpio (23 Oktober – 21 November)

freepik.com
Foto : freepik.com

Stereotip: Pendendam dan intens

Scorpio adalah tanda air yang dikuasai oleh planet kehancuran dan kegelapan, Pluto. Sangat bersemangat, intens, dan ingin tahu, mereka dikenal menyimpan dendam dan membalas dendam. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena meskipun mereka mungkin merasa perlu untuk memasuki relung gelap pikiran mereka dari waktu ke waktu, mereka sering kali lebih memilih menghemat energi dan menggunakannya untuk memenuhi keinginan terdalam mereka. Mereka sangat baik dalam hal kecerdasan emosional dan bisa menjadi orang kepercayaan Anda yang paling setia jika Anda berhasil mendapatkan kepercayaan mereka.

Sagittarius (22 November – 21 Desember)

freepik.com
Foto : freepik.com

Stereotip: Tidak berkomitmen dan sulit ditebak

Zodiak api yang suka berpetualang ini bernaung di planet Jupiter, yang dilambangkan dengan kebijaksanaan, kemakmuran, dan, ya, perjalanan. Oleh karena itu, tanda ini dipicu oleh kebutuhan untuk tinggal landas dan menjelajahi tempat-tempat baru dan sering kali merasa sulit untuk terikat pada seseorang, tempat, atau situasi.

Namun, karena mereka mempunyai prestasi dan motivasi yang tinggi, mereka bukannya tidak berkomitmen seperti yang terlihat. Mereka diketahui memberikan persen persennya sampai saat mereka bahagia. Oleh karena itu, mereka tahu cara meninggalkan toksisitas dan mencari pertumbuhan daripada keakraban.

Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

freepik.comg
Foto : freepik.comg

Stereotip: Gila kerja dan membosankan

Capricorn adalah tanda utama bumi yang dipengaruhi oleh planet Saturnus, yang menuntut pemenuhan aturan dan regulasi. Terlalu ambisius dan sangat fokus, Capricorn sangat mematuhi etika mereka.

Karena mereka menyukai segala sesuatu yang sistematis dan sederhana, mereka sering dicap membosankan, tetapi ini adalah salah satu kualitas terbaik mereka. Mereka senang mengambil tanggung jawab baru dan berhasil dalam segala hal yang mereka putuskan. Dengan orang yang tepat, mereka terbuka dan membiarkan orang lain menyaksikan sisi menyenangkan mereka.

Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

freepik.com
Foto : freepik.com

Stereotip: Penyendiri dan berjarak

Ini adalah tanda udara terakhir dalam zodiak dan terkenal karena pendekatannya yang pragmatis dan progresif terhadap kehidupan. Ini adalah tanda tetap yang banyak berfokus pada refleksi diri, yang memberi mereka gambaran terputus dari orang-orang dalam situasi sosial.

Pada kenyataannya, mereka lebih mementingkan pemikiran rasional dan memiliki sifat ilmiah dibandingkan emosi sehingga membuat mereka tampak menjauh. Diperintah oleh planet Uranus, mereka cenderung melihat situasi kehidupan dari sudut pandang orang ketiga, yang juga merupakan kualitas terbaik mereka.

Pisces (19 Februari – 20 Maret)

freepik.com
Foto : freepik.com

Stereotip: Delusional dan suka berimajinasi

Sudah menjadi pemahaman umum bagi setiap pecinta astro bahwa Pisces, yang dilambangkan dengan simbol ikan, hidup di dunianya sendiri. Mereka kesulitan menyesuaikan diri dengan kenyataan, atau begitulah yang diklaim. Tapi mereka hanya melamun, tidak delusional, mendalam dan tidak terlalu emosional sebagaimana stereotip yang ada.

Nah, itulah sederet penjelasan soal mitos stereotip masing-masing zodiak dalam ilmu astrologi yang perlu kamu ketahui biar nggak gampang menghakimi orang.

Topik Terkait