img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSeleb – Inselicious, penggunaan narkoba bukan hanya masalah hukum, tetapi juga dapat menimbulkan dampak serius pada kesehatan mental seseorang. Salah satu risiko yang sering terabaikan adalah kemungkinan munculnya gejala gangguan psikotik.

Bersama dr. Lahargo Kembaren dari Kata Dokter, Intip Seleb akan membahas gejala gangguan psikotik yang mungkin muncul akibat penggunaan narkoba. Simak dan jangan lupa di-scroll ya.

Apa Itu Gangguan Psikotik?

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Gangguan psikotik merupakan gangguan jiwa yang ditandai dengan ketidakmampuan seseorang membedakan antara hal yang nyata dan tidak nyata. Ada beberapa gejala dari gangguan psikotik ini, seperti halusinasi dan waham atau delusi.

Halusinasi adalah gangguan persepsi pancaindra. Seseorang yang mengalami ini merasakan ada sensasi tertentu di panca inderanya tanpa ada stimulus apapun.

Halusinasi ini terdiri dari halusinasi auditorik (halusinasi pendengaran), alusinasi penglihatan (visual), halusinasi penciuman, halusinasi pengecapan yang terasa di mulut, lidah, atau bibir serta halusinasi perabaan, seperti saat penderita merasakan ada sesuatu yang menjalar di tubuhnya.

Topik Terkait