img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Segala sesuatu yang berlebihan diterima oleh tubuh, tentunya juga tidak baik untuk tubuh, termasuk ketika mengkonsumsi kafein secara berlebih.

Kafein biasanya terkandung dalam berbagai minuman yang biasa ditemui sehari-hari, diantaranya kopi, teh, minuman bersoda, minuma berenergi, hingga cokelat.

Meski kafein juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, namun perlu dicatat bahwa zat satu ini bisa berakibat fatal jika dikonsumsi tidak sesuai aturan.

Berikut IntipSeleb rangkum informasi terkait bahaya mengkomsumsi kafein berlebihan yang wajib diketahui, scroll yuk!

Efek Samping Kafein

Ilustrasi - Pixabay
Foto : Ilustrasi - Pixabay

Tidak sedikit orang yang harus mengawali kegiatan di pagi hari dengan mengkonsumsi kafein terlebih dulu, agar lebih bersemangat serta dipercaya bisa menambah konsentrasi.

Namun perlu dicatat bahwa konsumsi maksimal kafein orang dewasa dalam kondisi sehat hanya 400 miligram per hari.

Kendati demikian, hal tersebut kembali lagi dengan kondisi setiap orang, dan disarankan untuk melakukan cek kesehatan ke dokter untuk mengetahui toleransi tubuh terhadap kafein.

Mengutip dari YouTube Kata Dokter, dr. Gammarida Magfirah menjelaskan berbagai efek samping jika kafein terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, diantaranya:

  • Cemas
  • Gelisah
  • Sulit tidur
  • Wajah memerah
  • Gemetar
  • Sering buang air kecil
  • Detak jantung meningkat
  • Gangguan pada lambung

Selain itu, yang paling fatal ketika tubuh berlebihan menerima kafein adalah bisa menyebabkan kematian.

Kafein Adalah Zat Adiktif

freepik
Foto : freepik

Kafein merupakan zat adiktif sehingga tidak heran jika banyak orang merasa ketergantungan dan sulit lepas, terlebih jika sudah terbiasa mengkonsumsinya.

“Kandungan kafein dalam kopi merupakan zat adiktif yang bisa menyebabkan ketergantungan fisik dan psikologis pada seseorang yang mengkonsumsinya terlalu sering,” ungkap dr. Gammarida Magfirah, melansir dari YouTube Kata Dokter, 25 April 2024.

Dijelaskan bahwa kafein bekerja dengan merangsang sistem saraf, lalu memberikan efek sementara yaitu meningkatkan konsentrasi, menstabilkan mood, dan mengurangi rasa lelah.

Dengan itu, jangan lupa perhatian asupan kafein harianmu ya agar tidak menimbulkan efek samping negatif untuk tubuh.

Topik Terkait