img_title
Foto : Pinterest

IntipSelebKepulauan Seribu merupakan sekumpulan pulau yang berada di kawasan pantai utara Jakarta. Tempat wisata di kawasan Kepulauan Seribu ini mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir.

Berbagai fasilitas pendukung serta atraksi wisata dikembangkan, sehingga memudahkan wisatawan untuk menikmati keindahan di kepulauan tersebut. Pengunjung bisa berkunjung sekaligus membantu mengembangkan sektor pariwisata di sana.

Penasaran nggak sih mana saja tempat yang layak dikunjungi ketika berada di Kepulauan Seribu? Yuk intip deretan spot wisata terbaik di Kepulauan Seribu yang bisa jadi opsi liburan berikut ini!

Pulau Bidadari

Instagram/seribuislandsofficial
Foto : Instagram/seribuislandsofficial

Pulau Bidadari merupakan salah satu spot wisata terbaik di Kepulauan Seribu yang wajib dikunjungi. Dulunya, Pulau Bidadari bernama Pulau Purmered atau Pulau Sakit, sebab pulau ini digunakan sebagai tempat pengasingan orang sakit pada zaman penjajahan Belanda.

Di Pulau Bidadari, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas watersport menarik, seperti banana boat, jetski, dan kano. Kamu juga bisa menginap di eco-friendly resort yang didesain seperti perkampungan nelayan Minahasa di Sulawesi Utara yang mengapung di atas laut.

Pulau Ayer

Pulau-seribu.com
Foto : Pulau-seribu.com

Pulau Ayer terkenal dengan wisata resort yang bertemakan rumah adat Papua berupa Honai yang mengapung di atas laut. Dulunya, Presiden Soekarno hingga raja-raja Banten menjadikan pulau ini sebagai tempat peristirahatannya.

Fasilitas di Pulau Ayer ini tergolong lengkap, mulai dari penginapan murah hingga resort, variasi wisata air yang menarik, toko cinderamata serta pelabuhan kapal untuk menuju ke Pantai Marina Ancol.

Pulau Onrust

Pulau-Seribu.cpm
Foto : Pulau-Seribu.cpm

Spot wisata terbaik di Kepulauan Seribu selanjutnya adalah Pulau Onrust. Awalnya, Pulau Onrust merupakan kawasan asrama haji yang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda bagi jamaah haji Indonesia.

Nama pulau ini diambil dari bahasa Belanda ‘Onrust’ yang artinya ‘tidak pernah beristirahat’, sebab pada zaman penjajahan Belanda Pulau Onrust menjadi pusat pergudangan dan tempat hilir mudik kapal angkatan laut Belanda yang selalu ramai.

Tapi, sejak tahun 1972, Pulau Onrust diresmikan menjadi Cagar Budaya oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin, dan hingga kini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kepulauan Seribu.

Wisata misteri yang menjadi saksi bisu atas terjadinya berbagai peristiwa bersejarah di Pulau Onrust pun memiliki penggemar yang cukup banyak. Jika tertarik, kamu bisa menelusuri sisi lain dari sisa-sisa bangunan benteng pertahanan milik angkatan laut Belanda yang ada di pesisir Pulau Onrust.

Pulau Tidung

Pulau-tidung.com
Foto : Pulau-tidung.com

Pulau Tidung mempunyai 2 pulau, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang dihubungkan dengan Jembatan Cinta. Pulau Tidung Besar merupakan pulau berpenghuni sehingga tersedia fasilitas umum yang terbilang lengkap.

Sebaliknya, Pulau Tidung Kecil merupakan kawasan penelitian serta konservasi hutan bakau (mangrove) yang tidak berpenghuni. Di Pulau Tidung Kecil, pengunjung bisa melakukan snorkeling dan diving. Air laut yang jernih dan perairannya yang bebas polusi, akan membuat pengunjung betah.

Selain menikmati pemandangan pantai, wisatawan juga bisa berkeliling di sepanjang Jembatan Cinta dengan sepeda yang banyak disewakan oleh penduduk lokal.

Pulau Pari

pulau_pari_id/instagram
Foto : pulau_pari_id/instagram

Spot wisata terbaik di Kepulauan Seribu selanjutnya adalah Pulau Pari. Pulau Pari dikenal dengan wisata Pantai Pasir Perawan dan terumbu karangnya sangat indah. Selain itu, di sini wisatawa juga bisa menikmati pemandangan sunset dan sunrise yang memanjakan mata.

Aktivitas wisata lain yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke Pulau Pari di antaranya, watersports, menanam bakau, bersepeda keliling pulau, snorkeling, diving, dan berkunjung ke lembaga penelitian biota laut milik LIPI.

Pulau Pramuka

pulau_pramuka/instagram
Foto : pulau_pramuka/instagram

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang berpenghuni di Pulau Seribu, sehingga fasilitas yang tersedia di pulau ini terbilang lengkap. Wisatawan bisa melakukan snorkeling dan diving di pulau Pramuka dan pulau sekitarnya yang menyimpan keindahan bawah laut bak surga.

Selain itu, wisatawan juga bisa bersantai di tepian pantai dengan berjemur, berenang, bermain voli, atau menikmati wisata edukasi dengan mengunjungi penangkaran penyu sisik.

Pulau Sepa

Pulau Seribu Resort
Foto : Pulau Seribu Resort

Pulau Sepa merupakan salah satu spot wisata terbaik di Kepulauan Seribu. Pulau ini merupakan salah satu pulau privat di kawasan Kepulauan Seribu yang bisa dinikmati saat liburan. Dengan pemandangan pantai yang sangat indah, pasir putih, dan air sejernih kristal turquoise, pulau ini dilengkapi resort tepi pantai yang langsung menghadap ke laut.

Wisatawan juga bisa melakukan berbagai kegiatan watersport, seperti kano, snorkeling, jet ski, dan banana boat. Fasilitas di pulau ini juga sangat lengkap, lho, jadi pengunjung tidak perlu khawatir.

Pulau Pelangi

Wisata Pulau Seribu
Foto : Wisata Pulau Seribu

Pulau Pelangi berlokasi di ujung utara Kepulauan Seribu. Pulau ini memiliki air sejernih kristal dengan pantai pasir putih yang mempesona. Pulau Pelangi juga termasuk pulau yang ramah wisatawan dan anak, karena pantainya yang landai, terdapat pemecah ombak di beberapa bagian pulau, dan penanda aman kedalaman untuk menyelam.

Wisatawan yang membawa anak-anak juga akan senang berada di pulau ini karena hamparan pasir putih yang bersih dan luas bisa menjadi arena bermain yang menyenangkan. Ada pula restoran apung yang akan memberikan pengalaman dinner romantis bersama pasangan.

Pulau Macan

Traveloka
Foto : Traveloka

Spot wisata di Kepulauan Seribu yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah Pulau Macan. Pulau ini memiliki konsep berbeda dengan pulau lain di kawasan Kepulauan Seribu. Dengan mengusung konsep eco-resort, pulau ini memiliki banyak resort yang ramah lingkungan dengan fasilitas lengkap.

Hal terunik di Pulau Macan adalah terdapat Pulau Macan Kecil yang hanya akan terlihat saat air laut surut. Pada saat itu, wisatawan bisa menuju ke Pulau Macan Kecil hanya dengan berjalan kaki menyeberangi laut.

Pulau Putri

Pulau Seribu
Foto : Pulau Seribu

Tertarik untuk melihat keindahan bawah laut tanpa harus basah-basahan? Pulau Putri mungkin bisa jadi opsi yang sangat tepat. Pulau ini dikenal dengan akuarium bawah laut satu-satunya di kawasan Kepulauan Seribu yang dapat dikunjungi sepanjang hari.

Selain itu, pulau ini juga menyediakan aktivitas berupa keliling pulau menggunakan glass bottom boat berupa kapal yang lantai kabinnya terbuat dari kaca. Dengan keunikannya tersebut, pulau ini layak untuk dikunjungi saat liburan.

Topik Terkait