img_title
Foto : Pengen Liburan

IntipSelebSnorkeling merupakan aktifitas menyelam menggunakan bantuan alat (masker selam) snorkel dan kaki katak. Olahraga air jenis ini disukai banyak orang baik yang bisa berenang sampai yang sangat ahli berenang.

Snorkeling juga menjadi salah satu aktivitas untuk menikmati pemandangan bawah laut dari permukaan yang tidak terlalu dalam. Saat melakukan kegiatan ini, kamu sebaiknya melakukan penyelaman sedalam 1-3 meter. Jika kamu terus menyelam tanpa alat tabung oksigen, hal ini dapat memicu gangguan pada paru-paru.

Meski sangat terbatas, kamu tetap bisa menikmati pemandangan bawah laut. Bahkan kamu tetap bisa menikmati terumbu karang hingga ikan-ikan kecil yang berada di sekitar terumbu karang.

Kegiatan ini juga bisa dilakukan siapa saja, bahkan yang tidak bisa berenang sekalipun. Sebab, saat melakukannya, kamu akan memakai berbagai pelengkapan, seperti baju pelampung.

Selain baju pelampung, ketika melakukan aktivitas yang kerap disebut dengan selam permukaan ini, kamu juga membutuhkan peralatan lainnya. Contohnya seperti fin atau kaki katak, snorkel, kacamata menyelam, hingga pakaian renang.

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya. Namun, pastikan memilih produk yang ramah lingkungan. Tujuannya untuk mencegah paparan bahan kimia berbahaya yang bisa memicu kerusakan pada terumbu karang dan makhluk hidup lainnya.

Tak banyak yang tahu bila di Indonesia menyimpan sejuta keindahan bawah laut yang wajib dikunjungi para pecinta snorkeling. Berikut ini sederet rekomendasi tempat snorkeling terbaik di Indonesia yang wajib dicoba.

Gili Labak, Madura

tempatasik.com
Foto : tempatasik.com

Madura meski pulau kecil tapi menyimpan satu kekayaan yang tak ternilai harganya, yakni Gili Labak atau sering dikenal pada nama Pulau Tikus. Pulau yang memiliki luas tak lebih dari 5 hektare ini menyimpan keindahan laut yang memukau. Selain itu, ombak di sana cukup tenang sehingga dapat digunakan untuk snorkeling.

Pulau Menjangan, Bali

Ongis Travel
Foto : Ongis Travel

Indonesia di kenal dunia antara lain karena adanya Pulau Dewata Bali. Keindahan alam di Pulau Bali memang tidak bisa ditolak oleh para turis mancanegara, antara lain karena keindahan alam yang ada di Pulau Bali yang menawarkan pantai nan eksotik. Di sana kamu juga bisa melihat pemandangan terumbu karang dan ikan warna-warni yang bisa memanjakan mata.

Pantai Nglambor, DIY

Pinterest
Foto : Pinterest

Tempat snorkeling di Indonesia selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Pantai Nglambor, DIY. Pantai Nglambor sendiri merupakan pantai eksotik yang terletak di Tepus, Gunung Kidul, DIY.

Pantai Nglambor memang letaknya berdekatan dengan Pantai Siyng, dan Pantai Jogan. Tapi, Pantai Nglambor sangat cocok digunakan untuk aktivitas snorkeling karena memiliki ombak yang tenang dan terumbu karang yang masih natural.

Yang lebih menyenangkannya lagi, Pantai Nglambor bisa digunakan untuk para pemula yang ingiin mencoba snorkeling dan menyediakan pemandu yang andal.

Raja Ampat

Pinterest
Foto : Pinterest

Rekomendasi tempat snorkeling terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Raja Ampat. Raja Ampat merupakan tempat wisata yang menjadi tempat snorkeling terbaik nomor dua di dunia, lho. Hal tersebut tentu disebabkan karena pesona alamnya yang luar biasa.

Menurut laporan The Nature Conservancy and Conservation Internasional, ada sekitar 75 persen spesies biota laut dunia yang tinggal di sana. Terdapat banyak biota laut seperti terumbu karang dan ikan-ikan yang sangat cantik.

Pulau Karimunjawa

Pengen Liburan
Foto : Pengen Liburan

Selain Bali dan Papua, tempat wisata yang banyak dikenal oleh turis mancanegara adalah Kepulauan Karimunjawa. Di sana, kamu akan menemukan beberapa pulau kecil yang berpenghuni maupun tidak.

Selain itu, pantai di Karimunjawa juga sangat pas untuk dijadikan tempat snorkeling karena memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Pemandangan alam bawah laut yang akan bisa ditemui yaitu 90 jenis karang, 240 jenis ikan serta biota laut lainnya. Bahkan, di sana pengunjung juga bisa merasakan pengalaman snorkeling bersama ikan hiu.

Teluk Biru, Banyuwangi

Wisata Online
Foto : Wisata Online

Teluk biru merupakan salah satu surga tersembunyi bagi para pecinta snorkeling. Teluk Biru berada di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Tengah.

Seperti namanya, laut ini memiliki air yang berwarna biru bening, sehingga keindahan di bawah lautnya bisa tampak dari atas. Selain itu, terumbu karang di sini masih sangat alami dan terdapat banyak jenis ikan yang akan menemani kamu saat snorkeling.

Pulau Panjang, Jepara

Inspiranesia
Foto : Inspiranesia

Belum banyak yang tahu bahwa tidak sedikit destinasi wisata bahari yang bisa didapatkan saat berkunjung ke Jawa Tengah. Salah satunya yaitu, keindahan alam bawah laut yang ada di Pulau Panjang, Jepara, Jawa Tengah.

Ombak yang tenang, perairan laut yang cukup dangkal, serta terumbu karang, dan berbagai jenis ikan akan menjamu pengunjung Pulai Panjang. Selain itu juga banyak pepohonan rindang di sekitar pantai sehingga meneduhkan.

Nah, itulah sederet rekomendasi tempat snorkeling terbaik di Indonesia yang cocok banget dikunjungi oleh orang-orang yang menyukai aktivitas yang memicu adrenalin.

Topik Terkait