img_title
Foto : Freepik.com

IntipSeleb – Sebagian orang tentu pernah merasakan kondisi ketika perut terasa mulas seperti ingin buang air besar atau bahkan melilit setelah mengkonsumsi minuman berkafein, diantaranya kopi, teh, serta minuman bersoda.

Ternyata, rasa sakit tersebut bukan hanya sugesti atau mitos, namun ada penjelasannya secara medis loh.

Simak yuk penjelasan selengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

Mitos Atau Fakta Kopi Bikin Mulas?

rawpixel.com/freepik.com
Foto : rawpixel.com/freepik.com

Minum kopi atau teh di pagi hari sebelum memulai kegiatan menjadi kebiasaan dari mayoritas masyarakat Indonesia, karena dipercaya bisa menambah energi dan meningkatkan konsentrasi.

Namun tidak sedikit juga orang yang merasakan mulas usai mengkonsumsi minuman berkafein. Ternyata, hal tersebut disebabkan karena kafein bisa mendatangkan kontraksi otot di saluran pencernaan.

"Konsumsi kopi dapat merangsang pencernaan di sistem saraf pusat dengan merangsang kontraksi otot di saluran pencernaan, termasuk otot-otot dalam usus," jelas dr. Gammarida Magfirah, mengutip dari YouTube Kata Dokter, 27 April 2024.

Selain itu minuman berkafein juga berpotensi menambah produksi asam lambung. Itu juga yang menjadi alasan penderita maag hingga gerd disarankan untuk tidak banyak mengkonsumsinya.

"Kopi juga memiliki efek meningkatkan produksi asam lambung sehingga sebagian orang biasanya merasa ingin buang air besar sebagai respons terhadap rangsangan," lanjut dr. Gammarida Magfirah.

Batasan Konsumsi Kafein Per Hari Untuk Orang Dewasa

Pinterest
Foto : Pinterest

Untuk orang dewasa dalam kondisi sehat, konsumsi maksimal kafein ada di angka 400 miligram per hari. Meski begitu, hal tersebut kembali lagi dengan kondisi setiap orang, dan disarankan untuk melakukan cek kesehatan ke dokter untuk mengetahui toleransi tubuh terhadap kafein.

Jika terlalu berlebihan mengkonsumsinya, ada efek samping yang bisa ditimbulan seperti yang dijelaskan Dokter Gammarida Magfirah, yaitu:

  • Cemas
  • Gelisah
  • Sulit tidur
  • Wajah memerah
  • Gemetar
  • Sering buang air kecil
  • Detak jantung meningkat
  • Gangguan pada lambung

Selain itu, yang paling fatal ketika tubuh berlebihan menerima kafein adalah bisa menyebabkan kematian.

Topik Terkait