img_title
Foto : Pexels/Andrea Piacquadio

IntipSeleb – Siapa yang gemar begadang? Jika iya, ada baiknya kamu segera mengubah pola tidur sehari-hari. Sebab, lebih baik kita tidur dengan teratur setiap harinya, daripada harus menerapkan metode balas dendam alias tidur sepuasnya di waktu senggang atau akhir pekan.

Artikel ini penting untuk kalian yang merasa susah tidur. Dalam artikel ini, dr. Gammarida Maghfirah lewat kanal YouTube Kata Dokter juga akan membagikan kiat-kiat atau tips memperbaiki pola tidur atau rutinitas tidur dan manfaat pola tidur yang baik berikut ini!

Manfaat Pola Tidur yang Baik

Pinterest
Foto : Pinterest

Perlu diingat, semua tips memperbaiki pola tidur akan benar-benar berhasil jika kamu memang benar-benar niat untuk mengubah jam tidurmu. Selain itu, semuanya harus dilakukan secara rutin dan konsisten.

Kesehatan itu adalah komitmen. Jadi, tentu harus didasarkan pada niat dan usaha. Seperti halnya orang yang sedang diet dan berusaha mengubah pola makannya menjadi lebih baik, kamu juga bisa mengubah jadwal tidurmu untuk lebih teratur dan sehat.

Sesuaikan waktu tidur yang masuk akal dan realistis dengan kegiatanmu sehari-hari. Dan cobalah untuk teratur tidur dan bangun di jadwal yang telah kamu tetapkan sebelumnya. Jangan hanya dilakukan di hari biasa, weekend bukan penghalang untuk mengikuti jadwal tidur agar tubuh menjadi lebih terbiasa dan irama circadianmu menjadi lebih teratur.

Jangan lupa untuk menciptakan suasana tidur yang baik dan nyaman untukmu, seperti dengan meredupkan lampu kamar, dan usahakan untuk tidak mengakses perangkat elektronik minimal 30-60 menit sebelum tidur, buatlah area tidurmu senyaman dan serileks mungkin.

Ada manfaat besar yang bisa didapatkan jika kamarmu memiliki jendela, karena cahaya terang dari matahari di pagi hari dapat membantu tubuh memproduksi hormon kortisol sehingga kamu bisa terbangun dengan alami di pagi hari.

Selain itu, jangan lupa untuk menghindari kafein dan makanan berat sebelum tidur. Sebab, apa yang kamu konsumsi bisa mempengaruhi kualitas dan jam tidurmu.

Cobalah untuk mulai rajin berolahraga di pagi hari atau siang hari. Tapi, jangan olahraga sebelum tidur, ya. pastikan ada jarak waktu kira-kira 2-3 jam antara waktu berolahraga dan tidur.

Tidur yang cukup dan teratur dapat memaksimalkan fungsi imunitas tubuh. Jadi, tubuh tidak akan mudah sakit. Kamu juga lebih mudah untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dan bisa berfikir lebih kreatif.

Hormon-hormon yang dihasilkan oleh tubuh juga menjadi lebih sehat dan berkualitas. Intinya, jam tidur yang sehat, cukup dan teratur setiap harinya itu sangat penting untuk tubuhmu.

Tips Memperbaiki Pola Tidur

www.freepik.com/lifeforstock
Foto : www.freepik.com/lifeforstock

Kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda, sehingga penting untuk mengetahui kapan waktu tidur yang cocok untuk kegiatanmu sehari-hari. Pastikan untuk tidur dan istirahat dengan teratur agar tubuh tetap sehat dan dapat bekerja dengan maksimal.

Beberapa tips memperbaiki pola tidur yang dapat kamu terapkan untuk kualitas tidur yang lebih baik antara lain:

  1. Pertahankan jadwal tidur yang teratur
  2. Buat lingkungan tidurmu jadi lebih nyaman
  3. Hindari penggunaan gadget sebelum tidur
  4. Hindari konsumsi makanan dan minuman stimulan sebelum tidur
  5. Lakukan teknik relaksasi sebelum tidur
  6. Kelola stres dengan baik
  7. Rajin berolahraga setiap hari

Kalau kamu merasakan ada yang tidak beres dengan siklus tidurmu, jangan lupa untuk berkonsultasi pada dokter agar mendapatkan terapi supaya kualitas tidur kamu bisa lebih maksimal.

Nah, itulah sederet manfaat pola tidur yang baik dan tips memperbaiki pola tidur demi memenuhi kebutuhan istirahat tubuh. Semoga bermanfaat, ya!

Topik Terkait