img_title
Foto : Instagram/1aurabd

IntipSeleb – Kasus yang dialami anak Nikita Mirzani, Laura Meizani atau Loly, yang diduga belum melunasi utang pelanggaran kerja sama endorse dengan judi online, hingga kini masih terus bergulir. Bahkan, akun Instagram @balikinuang90jt diduga merilis skandal Loly dan Vadel Badjideh.

Diduga, skandal Loly dan Vadel Badjijeh yang direkam secara diam-diam. Dengan judul ‘KAGAK FULL BODY INI’, diduga konten tersebut berisi skandal Loly dan sang kekasih. Selain itu, ada pula konten berjudul ‘INI GAK FULL VID’.

Marissa, orang yang bermasalah dengan Loly soal uang endorse pun mengklaim bahwa pemilik nama asli Laura Meizani sering difitnah oleh pemilik apartemen tempatnya tinggal.

Akun Instagram @balikinuang90jt yang berganti username menjadi @maarissa.1, menyatakan jika Loly sering difitnah oleh agen apartemen tempatnya tinggal. Sang agen juga dikatakan pernah menyebarkan fitnah ke kakak Vadel Badjideh, jika Loly pernah bugil dan berlarian keluar apartemen.

Kata Marissa tersebut, dugaan skandal Loly yang diunggah oleh anonim tersebut berasal dari CCTV di apartemen Loly. Maka dari itu, Marissa menyimpulkan jika privasi Loly sangat dirugikan.

Saat ini, Loly telah membicarakan kekhawatirannya karena privasinya diusik. Ditemani oleh Cindy sang teman, Loly sudah komplain ke pihak apartemen atas privasinya yang diganggu ini.

Kasus semacam ini banyak terjadi, baik di kalangan artis maupun orang biasa, maka dari itu perlu kewaspadaan yang lebih ketika berada di tempat baru, seperti apartemen, kamar hotel, hingga ruang ganti.

Cara Memastikan Kamar Hotel Aman dari Kamera Tersembunyi

deccanchronicle.com
Foto : deccanchronicle.com

Kamar hotel menjadi salah satu tempat yang kerap menjadi sasaran kamera tersembunyi. Pastikan, ketika kamu menginap di kamar hotel tidak ada kamera tersembunyi yang akan mengusik privasimu. Langsung saja, yuk intip cara memastikan kamar hotel aman dari kamera tersembunyi.

1. Periksa setiap sudut ruangan

Sebelum menggunakan ruangan di kamar hotel, ada baiknya kamu memeriksa terlebih dahulu setiap sudut ruangan. Periksa setiap sisi dan benda-benda yang ada di kamar. Sebab, tidak menutup kemungkinan bisa digunakan sebagai tempat meletakkan kamera tersembunyi.

Pastikan memeriksa tempat-tempat yang memungkinkan untuk tempat penyimpanan kamera pengintai tersebut. Beberapa tempat dan benda-benda yang harus kamu curigai, antara lain sela-sela ventilasi, pajangan, sudut langit-langit kamar, jam dinding dan cermin.

2. Cek adakah gadget yang terlihat asing

Cara memastikan kamar hotel aman dari kamera tersembunyi selanjutnya adalah memeriksa apakah ada gadget yang terlihat asing. Jika kamu melihat sesuatu yang aneh dengan perangkat teknologi di kamar, periksalah sesegera mungkin dan jika perlu bongkar di bagian baterainya.

Jika kamu melihat ada gadget dengan pengisi daya yang berbeda, lubang kamera, jenis baterai serta lampu yang bukan dari perangkat tersebut, maka hal itu patut dicurigai.

3. Cek lemari dan laci meja

Dalam beberapa kasus perekaman diam-diam, pelaku kadang menyimpan alat perekam atau kamera tersembunyi di ruang penyimpanan, seperti lemari dan laci. Tak hanya itu, beberapa tempat lain yang bisa menjadi tempat kamera tersembunyi antara lain rak buku dan meja rias.

Selain itu, tempat kamera tersembunyi lainnya adalah ventilasi dan AC. Maka dari itu, jika kamu menginap di tempat-tempat baru, tak ada salahnya untuk memeriksa terlebih dahulu tempat-tempat tersebut ya.

4. Deteksi dengan kamera HP

Sebagian besar kamera tersembunyi bisa merekam ruangan yang gelap karena bantuan dari sinar inframerah. Sinar inframerah sendiri umumnya tidak bisa terlihat oleh mata telanjang.

Untuk itu, cara memastikan kamar hotel aman dari kamera tersembunyi selanjutnya adalah dengan menggunakan perangkat canggih, seperti kamera depan ponsel. Perlu diketahui, beberapa HP memiliki filter untuk menghalangi cahaya inframerah pada kamera.

Tips mengecek kamera tersembunyi di kamar hotel yang satu ini bisa dilakukan dengan cara mematikan lampu ruangan dan gunakan senter untuk mencari pantulan. Apabila ditemukan pantulan yang tidak wajar pada benda tertentu, kemungkinan menjadi pertanda adanya kamera tersembunyi.

5. Gunakan lampu flash pada smartphone

Selain menggunakan kamera depan, kamu juga bisa memanfaatkan lampu flash pada HP. Caranya pun cukup mudah, pertama matikan lampu dan tutup sumber cahaya, pastikan ruangan benar-benar dalam keadaan gelap.

Jika sudah, nyalakan lampu flash pada HP dan arahkan ke setiap sudut kamar. Ketika terlihat pantulan cahaya, segera cek arah pantulannya.

Jika kamu mendapati ada pantulan cahaya ketika melakukan cara ini, ada kemungkinan pantulan tersebut berasal dari lensa kamera tersembunyi.

6. Tutupi perangkat mencurigakan

Kadang, ada beberapa kamera tersembunyi yang diletakkan dalam posisi yang sulit ditebak atau dijangkau. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah segera menutupinya dengan kain atau benda apapun.

7. Menggunakan detektor frekuensi radio

Salah satu cara memastikan kamar hotel aman dari kamera tersembunyi selanjutnya adalah dengan menggunakan detektor frekuensi radio. Alat ini berfungsi mencari sinyal Bluetooth atau Wi-Fi yang digunakan oleh kamera pengintai untuk mentransmisikan gambar.

Cara kerja detektor frekuensi radio ini juga cenderung mudah, yakni jika alat sudah berbunyi, maka tandanya ada sinyal kamera pengintai yang tertangkap. Tapi, alat ini terbilang cukup mahal.

8. Menggunakan aplikasi pendeteksi kamera pengintai

Cara memastikan kamar hotel aman dari kamera pengintai selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi hidden camera detector. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Fing.

Fing sendiri merupakan aplikasi Ios DAN Aandroid yang memungkinkan untuk masuk ke lebih banyak fitur terkait pendeteksi jaringan. Selain mudah, aplikasi pendeteksi kamera tersembunyi juga bisa didapatkan secara gratis di Play Store.

9. Periksa cermin

Ketika berada di kamar atau ruang ganti, cermin menjadi salah satu benda yang patut diwaspadai. Sebab, dalam banyak kasus kamera pengintai disembunyikan di cermin dua arah.

Cermin dua arah merupakan jenis cermin yang memiiki dua sisi, di mana satu sisinya berfungsi sebagai cermin dan sisi lainnya tembus pandang. Untuk memastikan apakah cermin di ruangan yang kamu masuki bukan cermin dua arah, cukup tempelkan ujung jari di permukaan cermin.

Jika terdapat jarak antara jari dan pantulan, maka cermin ini bukan termasuk jenis cermin dua arah. Namun, jika sebaliknya, maka cermin kemungkinan adalah cermin dua arah.

Nah, itulah sederet cara memastikan kamar hotel aman dari kamera tersembunyi untuk menjaga privasi diri sendiri di tengah gempuran era digital dan teknologi yang semakin maju. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait