img_title
Foto : Lab Cito

IntipSelebTremor adalah gerakan berirama yang tidak disengaja dan tidak terkendali pada satu bagian atau satu anggota tubuh. Gerakan dapat terjadi di bagian tubuh mana saja dan kapan saja. Kondisi ini biasanya merupakan hasil dari adanya masalah di bagian otak yang mengontrol gerakan otot.

Lalu, apakah kelelahan merupakan penyebab tremor yang utama? Apakah tremor merupakan salah satu gejala gangguan tiroid? Yuk simak selengkapnya tentang fakta dan mitos tentang tremor bersama dr. Nurullah Armantya Tasrif Sp. BS spesialis bedah syaraf di kanal YouTube Kata Dokter.

Fakta dan Mitos Tentang Tremor

RS Pusat Pertamina
Foto : RS Pusat Pertamina

Kelelahan adalah penyebab utama tremor?

Fakta. Karena kelelahan atau aktivitas otot yang berlebih akhirnya bisa menimbulkan suatu gerakan seperti tremor. Akibat keluarnya suatu komponen seperti laktat akibat sewaktu kelelahan otot memang bisa menjadi tremor. Walaupun tremornya di sini masih bisa dibilang adalah tremor halus karena itu terkait dengan aktivitas bukan adanya suatu masalah neurologis tertentu.

Tremor akan dialami oleh orang berusia 40 tahun ke atas?

Kalau berbicara secara medis memang kalau misalnya pada saat kita tua kan memang ada penyakit-penyakit yang sudah degeneratif, seperti parkinson atau gerakan itunya lain pada saat kita tua otomatis suatu kemampuan koordinasi seperti gerakan itu pada orang tertentu yang mengalami penuaan hal ini bisa terjadi.

Jadi kalau misalnya di atas 40 tahun tapi ya mungkin di atas banget dan terkait dengan penyakit tertentu yang tentunya harus diperiksakan yaitu adalah fakta.

Tremor adalah gejala stroke?

Sebetulnya sih kalau misalnya buat yang situ secara mitos kalau misalnya kita ngeliat mungkin mitos ya. Karena kan tremor bukan sesuatu yang kayak gejala khusus spesifik secara stroke yang kita sudah banyak dengar sekarang mungkin kan udah pada sering dengar yang tentang yang gejala umum yang segera ke rumah sakit itu kan tremor nggak termasuk secara khusus.

Tetapi apakah bisa itu menjadi suatu istilahnya warning signal ya itu bisa, karena kalau buat yang dari secara medisnya emang lokasi tertentu ya bisa mengakibatkan tremor juga kalau memang itu terserang suatu stroke.

Tapi tetap saja itu bukan suatu gejala yang umumnya paling disadari kalau misalnya kita tremor gitu kita itu ada kemungkinan stroke tanpa penyakit lain-lain penyertanya yaitu dia bukan ini secara khusus gitu. Jadi ya kalau mau dibilang apakah tremor semata tanpa yang lain-lain ya mitos.

Tremor adalah tanda gula darah rendah?

Bisa karena faktor pada saat gula darah rendah kita sering merasa lemas dengan adanya kekurangan supply tersebut salah satunya sering yang tremor itu memang bisa terjadi yaitu fakta.

Cedera pada otak ditandai dengan tremor?

Ya itu bisa fakta kembali kepada daerahnya tergantung terkena mana tapi cedera otak itu sendiri tidak hanya tremor saja itu saja sih yang pada harus yang digarisbawahi jadi dia ada penyerta lain.

Jadi bukan semerta kalau misalnya kita tremor otomatis kita harus berpikir bahwa ada suatu cedera kepala tentunya hal ini harus diperiksakan lebih lanjut.

Tremor adalah penurunan fungsi saraf?

Fakta. Kalau misalnya memang dia pada usianya masuk dan sudah memang dia ada penyakit lain seperti degeneratif seperti parkinson pada umumnya.

Tremor merupakan salah satu gejala gangguan tiroid?

Bisa. Pada orang-orang dengan tiroid yang sangat aktif itu adalah fakta tentunya disertai juga dengan seringnya adanya valvitasi atau irama jantung yang meningkat terus yang pasiennya juga yang sering berkeringat dan berat badan sulit untuk naik.

Konsumsi kafein jadi penyebab tremor?

Fakta. Karena pada saat itu terjadi suatu hipereksitabilitas yang mengakibatkan kita bekerja secara aktif dan mengakibatkan tremor tersebut.

Sedikit tips untuk penderita tremor, walau pada saat penderita tremor otomatis pastikan bahwa tidak ada suatu penyakit penyerta yang berbahaya. Tentunya bila air itu berdiri sendiri dengan faktor risiko misalnya sudah disingkirkan misalnya kafein terlalu tinggi, gula darah yang suka rendah, faktor-faktor risiko itu sudah dihilangkan dan tremor itu masih ada maka periksakan lebih lanjut untuk mencegah deteksi yang terlambat.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai fakta dan mitos tentang tremor yang perlu kamu ketahui. Ingat, bahwa kesehatan adalah harta yang paling berharga dan harus selalu dijaga. Semoga bermanfaat, ya!

Topik Terkait