img_title
Foto : Google Maps/Zaffire El

IntipSelebMakanan khas Solo memang selalu menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Kota Budaya ini. Tak hanya menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikulik, Solo juga menjadi surganya para pecinta kuliner yang sayang banget kalau dilewatkan.

Jika berkunjung ke Solo, kamu bisa menemukan berbagai macam makanan khas Solo dengan cita rasa yang beraneka ragam, mulai dari yang manis, legit hingga gurih yang bikin nagih.

Soal harga kamu nggak perlu khawatir, pasalnya Solo dikenal sebagai kota yang cenderung murah jika bicara soal makanan dan biaya hidup. Dengan ongkos yang murah, nggak heran kalau banyak wisatawan yang gemar berkunjung ke Solo.

Berbicara soal makanan khas Solo, ada berbagai macam kuliner yang wajib dikunjungi karena dijamin bakal menggoyang lidah. Bahkan, kuliner khas Solo ini juga menjadi favorit para wisatawan, lho.

Nah, kalau kamu hendak berkunjung ke Solo dan berniat untuk wisata kuliner di Kota Budaya tersebut, yuk langsung saja simak daftar rekomendasi makanan khas Solo favorit wisatawan yang cita rasanya bakal bikin ketagihan!

1. Selat Solo

Pinterest/Widya
Foto : Pinterest/Widya

Rekomendasi makanan khas Solo favorit wisatawan yang pertama adalah Selat Solo. Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan yang tercipta karena pengaruh dari bangsa Eropa atau Belanda saat masa penjajahan dan disebut sebagai steak-nya orang Solo. Pasalnya, jika diperhatikan lebih detail pelengkap makanan ini memang mirip seperti steak.

Seperti namanya, makanan ini dibuat pertama kali di kota Solo atau Surakarta. Hidangan ini biasa dikenal dengan sebutan steak Jawa atau bistik Jawa. Walaupun, banyak orang yang mengira bahwa hidangan ini akan menyerupai salad seperti pada umumnya.

Selat Solo sendiri lebih cenderung mirip dengan steak karena terbuat dari daging sapi dengan tambahan sayuran serta kuah manis yang encer berwarna kecoklatan. Dapat disimpulkan, Selat Solo merupakan percampuran antara bistik, salad, dan sup.

Kuah bumbu di Selat Solo yang encer dan manis disesuaikan dengan selera masyarakat Solo atau Jawa pada umumnya yang memiliki sentuhan manis di berbagai hidangan.

2. Serabi Notosuman

Instagram @solonyaman
Foto : Instagram @solonyaman

Makanan khas Solo selanjutnya yang paling banyak dicari wisatawan adalah Serabi Notosuman. Walaupun serabi adalah makanan tradisional, namun makanan ringan bercita rasa manis dan gurih ini masih bertahan dan digemari oleh para pelancong.

Terbuat dari adonan tepung beras dan santan yang diberi aneka toppung, serabi memiliki tekstur yang lembut dan legit. Salah satu hal yang membuat serabi Solo mempunyai cita rasa yang khas adalah cara pengolahannya yang masih tradisional, yaitu dengan tungku kecil. Tak heran bila serabi menghasilkan aroma yang nikmat.

3. Nasi Liwet

Berbagai Sumber
Foto : Berbagai Sumber

Nasi Liwet merupakan salah satu makanan khas Solo yang paling banyak dicari oleh wisatawan. Nasi liwet dari kota Surakarta ini berbeda lho dengan cita rasa nasi liwet dari tanah Sunda.

Jika kamu mencari nasi liwet Solo yang cita rasanya otentik, salah satu rekomendasi warung nasi liwet legendaris di Solo yang bisa kamu kunjungi adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Berdiri sejak tahun 1950, warung ini tidak pernah sepi pengunjung, lho.

Dalam satu porsi nasi liwet Solo, kamu akan menemukan nasi gurih, telur rebus, ayam suwir, sayur labu/ pepaya dan kumut. Kamu juga bisa memilih aneka topping seperti daging ayam, jeroan, dan lainnya.

4. Lenjongan

Indonesia Kaya
Foto : Indonesia Kaya

Berkunjung ke Solo nggak lengkap rasanya kalau nggak mencicipi jajanan pasarnya, salah satunya adalah lenjongan. Lenjongan sendiri merupakan jajanan pasar yang sebagian besar terbuat dari singkong.

Lenjongan merujuk ke beberapa jenis olahan, mulai dari grontol jagung, jongkong, sawut, puli, klepon, tiwul, ketan ireng, cenil, ketan putih yang ditaburi kelapa dan juruh, dan masih banyak lagi.

Sebagai kudapan jadul di era 80-an, lenjongan masih menjadi favorit masyarakat Solo sebagai cemilan di pagi hari. Jika kamu penasaran seperti apa rasanya, kamu bisa berkunjung ke lapak Bu Sum Pasar Gede, Solo.

5. Bubur Gudeg Solo

Horego Guide
Foto : Horego Guide

Bubur gudeg Solo merupakan salah satu kuliner khas Solo yang wajib dicoba ketika berkunjung ke sana. Kalau biasanya gudeg dan aneka pelengkapnya dinikmati dengan nasi putih, di Solo kamu bisa menikmati gudeg dengan bubur.

Dalam seporsi bubur gudeg, kamu bisa menemukan seporsi bubur lemu, gudeg khas Solo, telur, ayam, uritan, ati ampela hingga ceker ayam. Cita rasa lembut, gurih dan manis berpadu dan dijamin bakal bikin lidahmu bergoyang.

6. Sate Kere

Infobudaya.net
Foto : Infobudaya.net

Sate kere merupakan salah satu kuliner khas Solo yang unik dan wajib dicoba. Kata ‘kere’ dalam bahasa Jawa artinya miskin, maksudnya sate yang satu ini terbuat dari bahan yang terjangkau agar bisa dinikmati oleh orang-orang miskin yang tidak bisa makan daging.

Bahan utama sate kere berupa tempe gembus menjadikan harga sate kere sangat murah. Tapi jangan salah, meski murah rasa yang ditawarkan cukup lezat lho. Cita rasa gurih dan pedas berpadu dan bakal bikin ketagihan.

7. Timlo Sastro

YouTube Tastemade Indonesia
Foto : YouTube Tastemade Indonesia

Timlo merupakan salah satu rekomendasi makanan khas Solo yang digemari wisatawan. Makanan yang satu ini disajikan dengan kuah bening dengan cita rasa yang gurih. Dengan topping daging ayam suwir, ampela, ati ayam, potongan telur pindang dan sosis solo menjadikan cita rasa timlo semakin kompleks.

Kamu juga bisa menikmati timlo dengan nasi jika dirasa kurang mengenyangkan. Kamu tinggal meraciknya dengan sambal dan perasan jeruk nipis seperti halnya saat menikmati soto.

8. Sate Buntel

Pinterest
Foto : Pinterest

Berbeda dengan sate pada umumnya yang merupakan irisan daging yang ditusuk, sate buntel terbuat dari daging kambing cincang yang dibuntel atau dibungkus dengan lemak kambing, lalu dibakar di atas arang.

Lemak kambing akan memberikan cita rasa yang gurih dan wangi. Sate buntel cocok sekali dinikmati oleh orang yang gemar makan sate tapi tidak mau ada daging yang menyelip di sela-sela gigi.

9. Es Gempol Pleret

Setelah mencicipi aneka makanan yang manis dan gurih, nggak ada salahnya kalau kita menikmati yang segar-segar, seperti es gempol pleret misalnya. Minuman khas Solo yang menyegarkan ini terbuat dari adonan tepung beras yang dipadatkan lalu dibentuk pipih atau disebut sebagai gempol. Sementara pleret terbuat dari campuran gula jawa dan tepung beras halus.

Gempol dan pleret lantas dicampur dengan santan cair dan gula Jawa yang dicairkan. Kesegaran es gempol pleret khas Solo ini dijamin bakal nikmat banget disantap di tengah cuaca yang terik.

10. Tahok Pak Citro

Rekomendasi makanan khas Solo selanjutnya yang wajib dicoba adalah tahok. Tahok paling pas dinikmati untuk sarapan karena cita rasanya yang manis dan menghangatkan. Jika penasaran dengan rasanya, kamu bisa menjajal Tahok Pak Citro, salah satu yang terkenal di Solo.

Tahok sendiri adalah kembang tahu berwarna putih bersih dengan teksturnya yang lembut dan kenyal. Tahok disajikan dengan kuah yang terbuat dari gula jawa, jahe, dan rempah lainnya.

Nah, itulah sederet rekomendasi makanan khas Solo yang jadi favorit para wisatawan dan wajib banget dicoba kalau kamu berkunjung ke kota budaya ini. Semoga bermanfaat, ya!

Topik Terkait