img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSeleb – Setiap tanggal 1 Mei, kita memperingati Hari Buruh, atau yang dikenal juga dengan May Day. Hari ini bukan hanya hari libur biasa, tapi momen penting untuk mengenang perjuangan dan jasa para buruh di seluruh dunia.

Tanpa disadari, ada keringat dan dedikasi para buruh di berbagai bidang yang berpengaruh pada kemajuan serta pembangunan bangsa. Yuk, intip makna hari buruh!

Sejarah Singkat Hari Buruh

HARI BURUH
Source: freepik/freepik

Perjuangan para buruh tak lepas dari sejarah panjang. Hari Buruh berawal dari aksi demonstrasi besar-besaran di Amerika Serikat pada 1 Mei 1886. Para buruh menuntut jam kerja 8 jam per hari, upah yang layak, dan kondisi kerja yang aman.

Di Indonesia, Hari Buruh ditetapkan secara resmi pada 1 Mei 1981. Penetapan ini menjadi pengingat akan sejarah panjang perjuangan buruh di Indonesia, sejak era penjajahan Belanda yang penuh eksploitasi.

Makna Hari Buruh

hari buruh
SourcE: freepik/freepik

Hari Buruh Internasional, bukan sekadar tanggal merah di kalender. Di baliknya, terselip makna mendalam tentang perjuangan dan dedikasi para pahlawan tanpa tanda jasa, yaitu para buruh.

Lebih dari sekadar tenaga, buruh juga menyumbang dedikasi dan semangat gigih dalam setiap pekerjaan. Tak peduli bidang apa, jasa mereka tak ternilai. Layaknya roda penggerak, mereka terus berputar, mengantarkan bangsa menuju kemajuan.

Maka dari itu, makna peringatan Hari Buruh lekat dengan cara mengenang perjuangan para buruh. Penting untuk mengapresiasi setiap pekerjaan dan jasa para buruh di Hari Buruh ini.

Oleh karena itu, yuk Inselicious, jadikan Hari Buruh sebagai momen untuk merenungkan arti penting penghargaan. Penghargaan atas kerja keras, dedikasi, dan pengorbanan para buruh. Mari kita jaga semangat mereka, dan dukung perjuangan mereka untuk mendapatkan hak-hak yang layak.

Tanpa buruh, roda ekonomi nggak bakalan berputar sehingga pembangunan dan kemajuan bangsa terhambat. Selamat Hari Buruh!

Topik Terkait