img_title
Foto : Freepik/stockking

IntipSelebAsam urat merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dibicarakan di Indonesia. Bagi mereka yang memiliki kadar asam urat tinggi, pemilihan makanan menjadi hal yang sangat penting untuk diatur.

Bersama dr. Gammarida Maghfirah di Kata Dokter, Intip Seleb akan membahas makanan-makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat agar dapat mengelola kondisi kesehatan mereka dengan lebih baik. Simak informasi di bawah ini dan jangan lupa di-scroll ya!

Apa Itu Asam Urat?

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Inselicious, asam urat adalah senyawa yang dihasilkan dari hasil metabolisme purin. Purin tersebut didapatkan dari metabolisme yang berasal dari makanan atau tubuh kita sendiri. Saat purin dipecah, akan dihasilkan asam urat atau goat.

Asam urat ini dihasilkan dari beberapa makanan yang mengandung asam urat tinggi, seperti daging merah, jeroan, makanan berlemak, makanan yang mengandung pemanis buatan, dan minuman beralkohol. Makanan siap saji juga mengandung purin tinggi yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Meskipun begitu, sebenarnya asam urat memiliki manfaat bagi tubuh sebagai antioksidan, tapi kadarnya yang berlebihan dapat menyebabkan kondisi ini.

Topik Terkait