img_title
Foto : Www.freepik.com/stefamerpik

IntipSeleb – Mandi pada malam hari sering kali dikaitkan dengan penyakit rematik. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang masih beranggapan bahwa salah satu penyebab datangnya penyakit rematik karena sering kali mandi saat langit sudah gelap.

Kendati begitu, mandi malam ternyata bukan menyebab datangnya penyakit rematik. Ada hal-hal lain yang membuat seseorang terserang penyakit rematik. Intip yuk penjelasan selengkapnya.

Mandi Malam Gak Bikin Rematik

Pinterest/Stylecraze
Foto : Pinterest/Stylecraze

Rematik merupakan penyakit yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan di area otot atau sendi. Penyakit ini tidak mengenal usia alias bisa dialami oleh siapa saja.

Biasanya, penderita rematik akan mengalami gejala-gejala seperti bengkak di bagian sendi, gangguan fungsi sendi, kemerahan, kaku otot, sakit saat jalan, bahkan sampai menghambat kegiatan lainnya.

Mandi saat malam hari sering kali dikaitkan dengan penyakit rematik. Nyatanya, mandi malam tidak ada kaitannya dengan rematik loh.

"Enggak ada cerita mandi malam menyebabkan rematik, enggak ada masalah sama sekali dengan mandi malam," pungkas dr. Zicky Yombana, Sp.S, melansir dari YouTube Kata Dokter, 1 Mei 2024.

Rematik bisa disebabkan karena adanya gangguan autoimun yang mengganggu sistem kekebalan tubuh, serta menyerang sel-sel sehat.

"Suatu penyakit peradangan sendi yang diakibatkan karena gangguan autoimun. Autoimunnya karena apa? Itu masing-masing orang personal sekali dan sangat berbeda-beda," jelas dr. Zicky Yombana, Sp.S.

Cara Mencegah Rematik

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Autoimun berpengaruh menimbulkan penyakit rematik sehingga gangguan pada sendi ini banyak dialami oleh wanita.

Tidak perlu khawatir, pencegahan penyakit rematik bisa dilakukan mulai sekarang diawali dengan mengubah pola hidup seperti mengatur bobot tubuh, hingga mengatur asupan makanan yang mengandung tinggi purin, diantaranya sayuran hijau.

Berikut tips mencegah penyakit rematik:

  • Menjaga bobot badan karena bobot badan akan membenani sendi
  • Rajin bergerak atau olahraga
  • Makan makanan yang sehat
  • Kontrol konsumsi makanan hijau dan kacang-kacangan

Semoga informasi tentang penyakit rematik yang sering dikaitkan dengan mandi malam di atas bermanfaat ya.

Topik Terkait