img_title
Foto : Premium Times Nigeria

IntipSeleb – Masyarakat Indonesia, khususnya para pecinta sepakbola tentu sudah mengetahui bahwa Irak akan menjadi lawan Timnas Indonesia untuk memperebutkan peringkat ke-3 di ajang Piala Asia U-23 tahun 2024. Jelang pertandingan Indonesia vs Irak, agaknya menarik untuk menyimak sederet fakta unik Irak.

Sebelumnya, apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar soal Irak? Gurun, panas, dan debu? Percaya atau tidak, ada lebih banyak hal yang patut diketahui tentang Irak.

Irak atau yang secara resmi dikenal sebagai Republik Irak, terletak di wilayah Timur Tengah atau Asia Barat Daya. Irak mempunyai sebagian kecil garis pantai di Teluk Persia di Umm Qashr.

Secara geografis, Irak berbatasan dengan Arab Saudi dan Kuwait di bagian selatan, Suriah di barat laut, Yordania di barat, Iran di sisi timur, dan Turki di bagian utara. Hal ini menyebabkan mayoritas penduduknya berasal dari etnis Arab.

Irak saat ini tengah menjadi perbincangan para penikmat sepakbola Indonesia. Pasalnya, akan menjadi lawan Timnas Indonesia dalam memperebutkan peringkat 3 Piala Asia U-23 2024 pada hari ini, Kamis, 2 Mei 2024.

Lantas, apa saja sih keunikan dari negara yang akan menjadi rival Timnas Indonesia malam ini? Yuk langsung saja simak sederet fakta unik Irak yang perlu kamu ketahui!

Fakta Unik Irak

The Digital Globetrotter
Foto : The Digital Globetrotter

Irak memiliki sederet fakta unik yang menarik untuk dikulik. Penasaran nggak sih apa saja fakta menarik Irak? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Dijuluki Negeri 1001 Malam

Irak dijuluki sebagai Negeri 1001 Malam. Negara ini dulunya dikenal sebagai wilayah Persia. Julukan ini berasal dari kisah Raja Syahiar, seorang sultan Persia.

Ketika menemukan bahwa Syahrazad, sang istri, telah berselingkuh, sang Raja sangat marah. Akibatnya, Syahrazad pun selalu bercerita kepada Raja setiap malam. Saat ini, berbagai cerita tersebut dikenal dengan dongeng khas Timur Tengah, misalnya, Aladdin, Alibaba, Sinbad Pelaut, Abu Nawas, dll. Raja pun mencabut hukuman yang telah dijatuhkan setelah mendengar cerita-cerita tersebut.

2. Peradaban tertua dunia

Irak disebut sebagai Mesopotamia, yang artinya ‘di antara dua sungai’ dalam bahasa Yunani. Negeri ini menjadi tempat munculnya peradaban pertama yang dikenal di dunia, bernama Sumeria. Peradaban berikutnya adalah Akkadia, Babilonia, dan Asyur.

Irak merupakan negara yang dikenal memiliki berbagai macam sejarah dan peninggalan berharga. Ini lantaran Irak merupakan salah satu negara yang mempunyai banyak peninggalan kuno yang membuatnya tampak bersejarah.

Peradaban ini telah ada di Irak sejak 4800 SM. Peradaban manusia paling awal pernah ada di Irak modern. Selain itu, wilayah ini mempunyai warisan budaya dari kerajaan, kota, dan kekaisaran.

3. Cadangan minyak yang sangat banyak

Berbicara soal cadangan minyak, Irak, seperti negara-negara lain di Timur Tengah, telah menjadi negara yang memiliki cadangan minyak yang menjanjikan.

Sebesar 145 miliar barel minyak mentah Irak mewakili 17% dari cadangan minyak mentah Timur Tengah dan 8% dari cadangan minyak mentah global. Sebagian besar ladang minyak utama Irak berada di darat dan saat ini sedang dalam proses produksi atau pengembangan.

4. Tempat ditemukannya tulisan

Kota Uruk di Irak terkenal lantaran memiliki raja legendaris Gilgamesh, Kota Uruk juga terkenal karena menjadi pusat beberapa perkembangan peradaban pertama. Uruk dianggap sebagai kota tertua di dunia yang menjadi tempat asal mula perkembangan sistem tulisan.

Salah satu contoh perkembangan tulisan di Uruk adalah melalui karya arsitektur pada batu dan pembangunan struktur batu besar, seperti Ziggurat, yang merupakan bangunan monumental.

Selain itu, Uruk juga menjadi tempat di mana segel silinder kuno pertama kali dikembangkan. Segel ini digunakan oleh orang Mesopotamia untuk menandai kepemilikan pribadi atau sebagai tanda tangan pada dokumen.

5. Negara asal para tokoh Islam

Irak menjadi tempat tinggal bagi banyak sejarawan dan tokoh-tokoh Muslim terkemuka, memperkuat perannya dalam perkembangan Islam. Mayoritas penduduk Irak, sekitar 97% menganut agama Islam, dengan sekitar 60%-65% dari mereka adalah penganut Syiah dan 32-37% merupakan Muslim Sunni.

Ada banyak tokoh Muslim terkenal berasal dari Irak dan memiliki dampak yang signifikan dalam sejarah dunia. Di antaranya adalah Ahmad bin Hanbal, Abu Hanifah, Musa al-Kadhim, Salahuddin Al-Ayyubi, al-Mu’tashim Billah, dan Sufyan ats-Tsauri.

6. Irak artinya ‘subur’

Bukan suatu kebetulan jika nama Irak saat ini juga dikaitkan dengan Bulan Sabit Subur. Dalam bahasa Arab, Irak berarti ‘berakar dalam, banyak air, subur’. Namun sayangnya, saat ini Irak sedang menghadapi kekeringan ekstrim dan kelangkaan air akibat perubahan iklim.

7. Negara asal mitos kucing hitam

Tidak banyak yang mengetahui, namun beberapa sumber mengklaim bahwa mitos kucing hitam pertama kali berasal dari Irak. Namun, di tempat lain, kamu dapat membaca bahwa mitos ini diperkenalkan oleh orang Jerman atau Yunani kuno.

Nah, demikianlah sederet fakta unik Irak, negara yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024 malam ini.

Topik Terkait