img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSeleb – Pernah kepikiran nggak, tanggal 3 Mei itu ada acara apa sih? Ternyata, tanggal 3 Mei itu bisa dibilang hari yang sibuk lho!

Ada beberapa peringatan internasional yang dirayakan di tanggal 3 Mei ini. Mari kita simak yuk!

1. Hari Surya Sedunia

matahari
Source: freepik/jannoon028

Pertama, ada Hari Surya Sedunia atau World Sun Day.

Pernah kepikiran nggak, matahari yang selalu menyinari kita ternyata punya hari perayaan sendiri? Hari Surya Sedunia awalnya dicetusin sama Denis Hayes, seorang pegiat lingkungan hidup asal Amerika Serikat. Beliau ini terkenal sebagai koordinator Hari Bumi yang pertama kali diadakan pada 22 April 1970.

Idenya sih simpel, Hari Surya Sedunia ini kayak adiknya Hari Bumi gitu. Tahun 1978, mantan Presiden Amerika Serikat, Jimmy Carter, akhirnya resmi mendeklarasikan tanggal 3 Mei sebagai Hari Surya. Dari Amerika, perayaan ini menyebar ke seluruh dunia. Baru di tahun 1994, Hari Surya Sedunia resmi jadi perayaan internasional yang diikuti 22 negara.

Kenapa sih matahari sampai dibuatin hari perayaan? Tujuannya sih mulia, yaitu untuk ngingetin kita semua tentang pentingnya energi matahari sebagai sumber energi yang ramah lingkungan dan nggak bakal habis. Bayangin aja, selama ini kita nerima cahaya dan panas matahari secara cuma-cuma, padahal potensinya sebagai sumber energi masih banyak banget yang belum dimanfaatin maksimal!

2. Hari Kebebasan Pers Sedunia

pers
Source: freepik

Selain matahari, tanggal 3 Mei juga identik dengan Hari Kebebasan Pers Sedunia atau World Press Freedom Day.

Pernah denger istilah pers bebas? Pers bebas itu penting banget lho buat nyebarin informasi yang akurat dan terpercaya ke masyarakat. Hari Kebebasan Pers Sedunia ditetapkan oleh PBB di bulan Desember 1993 atas rekomendasi UNESCO. Idenya sih berawal dari Deklarasi Windhoek di tahun 1991 yang disusun oleh para jurnalis Afrika.

Mereka memperjuangkan kebebasan pers dan kemandirian media. Hari Kebebasan Pers Sedunia ini jadi momen buat ngomongin masalah-masalah yang dihadapi media di seluruh dunia, termasuk soal kebebasan pers dan akses masyarakat terhadap informasi. Nggak lupa, di hari ini kita juga mengenang jasa para jurnalis pemberani yang gugur saat menjalankan tugas mulia mereka.

3. Hari Koala Liar Sedunia

koala
Source: freepik/frimufilms

Terakhir, tanggal 3 Mei juga bisa disebut sebagai Hari Koala Liar Sedunia atau International Wild Koala Day.

Lucu banget ya, ada hari khusus buat koala? Memang, koala ini hewan yang menggemaskan, tapi sayangnya mereka lagi terancam punah. Banyak faktor yang menyebabkan populasi koala menurun, salah satunya perubahan iklim.

Hari Koala Liar Sedunia ini dibentuk supaya kita semua jadi lebih aware sama kondisi koala dan habitat mereka. Para pecinta lingkungan, aktivis hewan, dan pejuang konservasi bersatu di hari ini buat ngelindungin dan melestarikan tempat tinggal para koala.

Jadi, sekarang udah pada tau kan kalau tanggal 3 Mei itu bisa dibilang tanggal yang super sibuk? Ada perayaan buat matahari, kebebasan pers, dan bahkan koala kesayangan kita!

Topik Terkait