img_title
Foto : Instagram @mahaliniraharja

IntipSeleb – Perjalanan cinta Mahalini Raharja dan Rizky Febian akan segera tiba pada muaranya. Pasalnya, keduanya akan mengucap janji setia di upacara pernkahan yang segera digelar.

Serangkaian upacara pernikahan itu dimulai dengan acara adat pada hari ini, Minggu, 5 Mei di Bali dan berlanjut pada acara ijab kabul di Jakarta pada 8 Mei nanti.

Berbicara soal pernikahan di Bali, Pulau Dewata memang terkenal dengan budayanya yang kuat. Tak heran bila terdapat berbagai ritual yang dilakukan sebelum melaksanakan pernikahan, termasuk ritual kecantikan untuk pengantin wanita.

Ritual kecantikan calon pengantin Bali ini dilakukan tentunya untuk mempersiapkan sang pengantin perempuan agar tampil memukau di hari pernikahannya.

Tapi, bukan hanya itu saja lho tujuannya, melainkan hal tersebut juga punya makna tersendiri bagi masyarakat Bali. Penasaran, apa saja sih ritual kecantikan calon pengantin Bali? Yuk simak artikel selengkapnya berikut ini!

Ritual Kecantikan Calon Pengantin Bali

Ritual kecantikan calon pengantin Bali, selain untuk menjaga adat-istiadat yang telah dilakukan secara turun-temurun juga diharapkan dapat membuat mempelai wanita tampil cantik memesona di hari pernikahannya nanti.

1. Ngekeb

Ritual kecantikan calon pengantin Bali yang pertama, adalah upacara ngekeb. Upacara ini dilakukan oleh mempelai perempuan dengan menggunakan lulur khusus untuk memandikan seluruh tubuhnya.

Lulur ini juga bukan lulur biasa, karena terbuat dari campuran daun merak, bunga kenanga, kunyit, dan beras yang dihaluskan. Biasanya, ritual ini dilakukan saat sore hari hari dan mempelai perempuan tidak boleh keluar dari kamar pengantin sampai dijemput oleh mempelai laki-laki.

Selain itu, upacara ngekeb ini juga punya makna yaitu mempelai perempuan akan mengubur masa lalunya dan siap membuka lembaran baru dengan mempelai laki-laki. Ternyata, maknanya sedalam itu, iya kan?

2. Shirodhara

Selain ngekeb, ada juga ritual kecantikan pengantin Bali bernama shirodara. Ritual kecantikan ini dilakukan dengan cara menuangkan minyak yang sudah dipanaskan ke pada chakra keenam, atau yang disebut juga ‘mata ketiga’ yang berada di tengah dahi.

Nah, tujuan dari ritual kecantikan ini apa sih? Yes, ritual ini bertujuan untuk membuat otot-otot wajah menjadi rileks. Plus, masyarakat Bali juga memercayai kalau ritual ini bisa bantu menyamarkan kerutan di wajah.

3. Boreh

Meski tidak hanya dilakukan oleh seseorang yang akan menikah, tetapi boreh tetap menjadi ritual kecantikan yang diterapkan sebelum menikah. Boreh sendiri merupakan lulur dengan ramuan khas Bali yang sudah digunakan secara turun-temurun.

Ramuan tersebut punya sederet manfaat untuk penggunanya, mulai dari memberikan efek rileks pada tubuh, menghangatkan kulit, serta bisa mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk.

Boreh ini terbuat dari beberapa campuran bahan berupa rempah-rempah, seperti minyak kelapa, kunyit, jahe, kumis kucing, dan mineral lempung yang baik untuk kesehatan.

Nah, itulah beberapa ritual kecantikan yang dilakukan oleh para pengantin Bali sebelum menikah. Tentunya, ritual tersebut juga mempunyai manfaat yang bagus untuk kulit sang mempelai perempuan agar tampil menawan di hari bahagianya. Menarik sekali, bukan?

Topik Terkait